Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Atmosfer, Ciri, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Atmosfer - Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian atmosfer, dimana atmosfer ikut berperan dalam melindungi bumi dari serangan benda-benda angkasa, juga atmosfer memilik manfaat lain bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk kita mengetahui pengertian atmosfer serta apapun yang berhubungan dengan atmosfer, yuk kita mulai mempelajarinya.
Pengertian Atmosfer, Ciri, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara yang memiliki kandungan gas didalamnya, dimana gas tersebut di gunakan oleh grafitasi bumi sebagai pelindung bumi dari serangan luar angkasa.

Atmosfer juga memiliki pengertian lain yaitu gas yang menyelimuti seluruh planet termasuk planet  bumi, dengan lapisan yang tebal dengan jarak ribuan kilometer. Atmosfer memiliki beberapa unsur yaitu oksigen, karbon dioksida, nitrogen dan argon. Keempat unsur tersebut hampir 100% terkandung didalam lapisan atmosfer

Gas yang terkandung dalam atmosfer

Atmosfer merupakan sebuah gas, gas sendiri memiliki beberapa kandungan di dalamnya, berikut penjabaran mengenai kandungan dalam gas atmosfer. Dalam sebuah planet lapisan atmosfer memiliki ketebalan yang berbeda-beda, sedangkan pada bumi lapisan atmosfer memiliki ketebalan lebih dari seribu meter jaraknya dari bumi.

Gas yang terkadung didalamnya meliputi, oksigen dimana oksigen hanya 22%,  nitrogen yaitu 80%, argon 10%, neon, uap air, krypton, xinon, hydrogen, kalium dan ozon sebesar 0,06%. Dan yang terahir adalah karbondioksida 0,03%.

Ciri-ciri atmosfer

Atmosfer memiliki beberapa ciri, yaitu:
1. Atmosfer memiliki bentuk seperti selubung udara, dimana unsur ini terdapat debu, gas dan uap air.
2. Atmosfer bumi memiliki ketinggian nol kilometer diatas permukaan tanah dan juga 600km dari permukaan bumi
3. Atmosfer terdiri atas beberapa lapisan, dimana lapisan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Komposisi atmosfer

a. Oksigen
Oksigen yang berada dalam atmosfer adalah 20,96%, oksigen berfungsi sebagai perubah zat makanan yang kita makan mejadi energi, oksigen terdapat dalam tumbuhan seperti pohon, kehadiran pohon-pohan yang banyak akan membantu proses pemeliharaan lapisan ozon.

b. Karbon dioksida[co2]
Karbon dioksida dapat dihasilkan oleh proses pembakaran lahan, dampak yang ditimbulkan akibat karbon dioksida ini adalah efek dari rumah kaca terhadap radiasi gelombang elektromaknetik, semakin banyak karbon dioksida akan menyebabkan semakin panas pula bumi.

c. Nitrogen [N2]
Nitrogen adalah unsur yang paling banyak yaitu sekitar 78,10%, adanya nitrogen ini sangat dibutuhkan oleh senyawa organik meskipun nitrogen tidak dapat memproduksi senyawa lain dengan unsur yang berbeda.

Neon [Ne], xenon [Xe], argon [Ar], dan kripto [Kr] adalah merupakan senyawa mulia, keempat ungsur ini disebut sebagai senyawa mulia karena keempat unsur yang ada tidak mudah membaur dengan senyawa lainnya, sehingga menyebabkan sulitnya pembentukan senyawa baru. Sedangkan helium [He] dan hidrogen [H2] sangat jarang berada di udara, karena helium dan hidrogen hanya akan ada saat cuaca sangat panas. Gas helium dan hydrogen sangat sering digunakan untuk mengisi gas balon meteorology.

d. Ozon [O3]
Ozon merupakan bentuk yang serupa dengan oksigen, dimana ozon sangat baik bagi proses penyerapan radiasi sinar ultra violet. Radiasi ultra violet sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
Ozon memiliki ketinggian sekitar 20-30 km.

e. Uap air [H2O]
Atmosfer merupakan hasil dari adanya proses penguapan oleh air laut, air sungai, kolam, dan transpirasi tanaman. Uap air berguna bagi iklim karena bermanfaat sebagai perubah fase.

Fungsi atmosfer

Atmosfer merupan susunan lapisan, dimana lapisan-lapisan tersebut memiliki beberapa fungsi, fungsi atmosfer antara lain adalah:

1. Sebagai penyalur air ke seluruh permukaan bumi, atau dengan nama lain siklus hidrologi, dalam hal ini atmosfer memiliki peran sebagai penampung uap air, sehingga uap air akan berkumpul menjadi satu di tempat yang tinggi.

2. Atmosfer mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh matahari ke bumi pada saat siang hari, pada malam hari atmosfer menguragi rasa panas yang berlebihan. Adanya atmosfer ini sangat bermanfaat bagi manusia dimana berkurangnya radiasi sinar matahari menyebabkan manusia dapat bertahan hidup lebih lama, bila tidak ada pengurangan radiasi matahari kemungkinan besar manusia sulit untuk hidup lebih lama. Selain pemaparan sinar matahari atmosfer juga menghalangi sinar ultra violet agar tidak secara langsung menenbus ke dalam bumi, bila terjadi sinar ultra violet yang secara langsung masuk ke bumi tanpa sedikit halangan, maka akan dipastikan banyak orang yang mengalami penyakit kulit dan penyakit mata.

3. Sebagai pelindung bumi, dari jatuhnya benda-benda langit yang berbahaya seperti meteor. Atmosfer akan secara langsung mengurangi dan mengikis meteor yang akan jatuh ke dalam bumi. Sehingga meteor yang jatuh tidak akan berbahaya bagi keselamatan bumi dan manusia.

4. Atmosfer sebagai wadah dari oksigen dan karbon dioksida, seperti yang kita ketahui bahwa oksigen bermanfaat bagi manusia untuk pernafasan, sedangkan karbon dioksida bermanfaat bagi tumbuhan.

Susunan kimia dalam atmosfer

Selain memiliki beberapa unsur, atmosfer juga memiliki susunan kimia, berikut susunan kimia pada atmosfer:

a. Susunan kimia cair [hidrosfer], dimana susunan cair ini terdiri atas danau, sungai dan laut. Dimana ini merupakan ungsur perairan.
b. Susunan kimia bagian padat [litosfer], lithosfer terdiri atas tanah dan batuan
c. Susunan kimia bagian udara [atmosfer], dimana ini terdiri dari lapisan paling atas yaitu: toprosfer, stratosfer dan mesosfer.

Manfaat menyelidiki atmosfer
Saat kita mengetahui dan menyelidiki apa saja yang ada pada lapisan atmosfer, pasti akan ada manfaat yang kita dapatkan, berikut penjabarannya:

Manfaat pertamanya adalah untuk membuat perkiraan jangka panjang pendeknya cuaca yang akan terjadi. Membantu mengetahui apakah akan diadakan hujan buatan atau tidak, menyelidiki atmosfer juga membantu dalam hal elektronik, dimana kita akan mengetaui bagai mana bisa terjadi kerusakan pada televisi dan radio. Dan mengetahui syarat hidup bagian atas.

Manfaat atmosfer

Selain manfaat dari menyelidiki lapisan atmosfer, kita juga perlu mengetahui apa saja manfaat atmosfer itu dalam kehidupan.

a. Atmosfer mengandung bermacam-macam gas yang berguna bagi proses bernafas manusia, hewan dan tumbuhan.
b. Atmosfer juga dimanfaatkan sebagai media cuaca yang ikut mempengaruhi awan, angin, salju, hujan, badai dan topan.
c. Sebagai pelindung manusia dari dampak sinar ultra violet yang berbahaya.
d. Sebagai pelindung manusia dari radiasi sinar matahari.

Sekian penjabaran yang dapat kami sampaikan, semoga anda sekarang lebih paham lagi mengenai atmosfer.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Atmosfer, Ciri, Fungsi dan Manfaatnya