Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Cuaca dan Iklim, Unsur dan Pengaruhnya

Cuaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kehidupan manusia, cuaca dan iklim juga memiliki peran penting bagi keseimbangan alam, pada kesempatan ini mari kita mempelajari lebih lanjut mengenai pengertiaan cuaca dan iklim.
Pengertian Cuaca dan Iklim, Unsur dan Pengaruhnya


Pengertian cuaca dan iklim

Cuaca dan iklim memiliki keterkaitan sehingga pengertiannya tidak jauh berbeda, cuaca sendiri adalah kondisi alam disuatu daerah tertentu tidak meliputi wilayah yang luas, terjadi dalam jangka waktu yang pendek dan dapat berubah-ubah, berubahan ini sering dipengaruhi oleh angin, suhu, dan curah hujan. Atau dapat juga diartikan sebagai perubahan kondisi alam yang terjadi setiap hari bahkan memungkinkan berubah pada waktu-waktu tertentu dalam jarak yang pendek dan meliputi wilayah yang sempit.

Contohnya pada saat ini cuaca di jember pagi hari sangat cerah tidak ada sedikitpun awan hitam yang menyelimuti langit, namun tiba-tiba pada pukul 17.00 wib cuaca merubah menjadi mendung dan hujan turun secara tiba-tiba disertai angin yang kencang.

Iklim memiliki pengertian sebagai berikut: iklim terjadi karena adanya proses perubahan cuaca, intensitas pemanasan udara pada suatu wilayah berbeda-beda dikarenakan panas matahari juga memiliki kurun waktu yang berbeda pula. Matahari sering menyalurkan panas ketempat-tempat lain sehingga timbul gerakan udara, gerakan udara yang dihasilkan berupa turbulensi atau adveksi dan konveksi. Sinar matahari yang sampai kepermukaan bumi tidak dapat secara langsung, prosesnya sinar matahari yang sampai kepermukaan bumi melalui lapisan atmosfer terlebih dahulu. Keadaan atmosfer sendiri dipengaruhi oleh luasnya daerah dan lamanya waktu penyaluran panas tersebut. Keadaan cuaca pada periode yang lama dan meliputi wilayah yang luas inilah yang kita sebut dengan iklim.

Ungsur cuaca dan iklim

Agar kita lebih paham lagi mengenai pengertian cuaca dan iklim maka kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang menyebabkan terjadinya cuaca dan iklim.

1. Tekanan udara
Suatu tekanan udara yang memiliki volume yang besar, atau masa udara yang sangat rapat pada suatu wilayah, tekanan udara sendiri diukur oleh alat yang dinamakan barometer.

2. Temperatur dan suhu udara
Dalam suatu wilayah suhu dan temperatur suatu wilayah berbeda-beda, perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
a. Keadaan awan, jika langit tertutup oleh awan maka sinar matahari yang dipancarkan sangat sedikit, ini disebabkan oleh penyerapan sinar matahari yang dilakukan oleh awan.
b. Sinar matahari yang tidak dapat langsung mengarah ke bumi, intensitas penyinaran pada suatu wilayah memiliki perbedaan dimana intensitas penyinaran dipengaruhi oleh letak lintang. Juga letak suatu wilayah yang berada didataran tinggi akan semakin besar sinar dari matahari yang diterimanya, sedangkan yang berada di daratan rendah instensitas cahaya yang diterima semakin sedikit.

3. Kelembapan udara
Kelembapan udara dipengaruhi oleh uap air yang terkandung di dalam udara pada saat tertentu, hygrometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kelembapan udara yang berada di suatu wilayah.

4. Angin
Angin merupakan udara yang mengalir dari daerah yang memiliki tekanan tinggi menuju udara yang memiliki tekanan rendah, anemometer digunakan untuk mengukur kecepatan arah angin dengan menggunakan skala beaufort.

5. Curah hujan
Yaitu jumlah air yang turun pada suatu wilayah tertentu dengan kurun waktu yang singkat bahkan lama.

Pengaruh perubahan iklim

Iklim memiliki beberapa dampak atau pengaruh yang terkadang menimbulkan kerugian bagi manusia, berikut beberapa dampak yang disebabkan oleh perubahan iklim:

a. Berkembangnya jentik-jentik nyamuk baru bahkan yang menyebabkan demam berdarah, perkembangan nyamuk sendiri dipengaruhi oleh cuaca yang sangat panas.
b. Jumlah penderita asma dan alergi akan mengalami kenaikan, faktor penyebabnya adalah karbon dioksida yang berada di udara mengalami peningkatan.
c. Dampak iklim yang sedang kita alami saat berupa perubahan iklim dimana suhu udara naik bahkan bisa terjadi suhu udara mengalami penurunan. Perubahan iklim ini dipengaruhi oleh manusia itu sendiri atau bahkan oleh alam.
d. Pemanasan global yang menyebabkan kepunahan hewan-hewan satwa dan tumbuhan
e. Mempengaruhi perubahan ekosistem dan ekologi bumi
f. Berubahan iklim sangat mempengaruhi manusia
g. Kondisi perubahan iklim juga mulai merambat ke daerah lokal
h. Perubahan iklim menyebabkan rusaknya daya dukung lingkungan.

Sebagian dari dampak-dampak yang terjadi ditakutkan akan semakin memburuk dimana pencemaran udara yang dilakukan oleh manusia menyebabkan kualitas udara semakin kotor, pemanasan global yang tinggi akan membuat masyarakat semakin sulit menemukan sumber air karena sumber air semakin mengering. Juga menimbulkan pencemaran bakteri yang terdapat dalam makanan, penyakit akan mudah menular. Begitu buruknya dampak perubahan iklim ini bagi kelangsungan hidup manusia.

Perubahan iklim pada masyarakat

Setelah mengetahui dampak dari perubahan iklim pada semua bidang, maka  kami akan menjelaskan lebih detail lagi dampak dari perubahan iklim ini bagi masyarakat dalam bidang tertentu, agar lebih jelas lagi, berikut penjelasannya:

1. Dalam bidang telekomunikasi
Dalam bidang komunikasi cuaca akan sangat mempengaruhi alat-alat yang digunakan untuk berkomunikasi dimana pada saat terjadi kondisi alam yang buruk seperti hujan deras maka sinyal-sinyal handphone akan melemah.

2. Dalam bidang pertanian
Dalam bidang pertanian iklim memiliki manfaat sebagai penentu kapan musim tanam dan tumbuhan jenis apa yang akan ditanam. Namun bila cuaca mengalami perubahan secara tiba-tiba, seperti saat musim tanam padi tiba-tiba hujan turun dengan deras dan disertai angin kencang dalam beberapa jam maka padi akan ambruk dan membuat petani yang padinya masih belum siap dipanen akan gagal panen.

3. Dalam bidang transportasi
Dalam bidang transportasi iklim dan cuaca sangat mempengaruhi kelancara transportasi, paling sering terpengaruh oleh perubahan ini adalah transportasi laut dan udara, dimana kabut, awan, angin, cuaca dan suhu sangat diperhatikan saat akan melakukan penerbangan. Sedangkan di lautan gelombang, arah angin dan badai juga akan mempengaruhi laju transportasi laut.

4. Dalam bidang pariwisata
Dalam bidang pariwisata cuaca yang cerah, keadaan yang sejuk, pemanasan global, juga mempengaruhi bidang ini, banyak sedikitnya pengunjung yang datang. Dan juga jadi tidaknya seseorang melakukan perjalanan pari wisata itu sendiri.

Itulah penjelasan lebih detail lagi pengaruh yang ditimbulkan oleh iklim dan cuaca di bumi ini. Sekian penjelasan yang kami dapat berikan kepada sahabat semuanya, semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Cuaca dan Iklim, Unsur dan Pengaruhnya