Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Olahraga, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Pengertian Olahraga - Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang selalu fit dan sehat. Dan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh tersebut adalah dengan rutin berolahraga. Hampir semua orang pasti pernah melakukan olahraga, baik yang ringan atau yang berat. Membiasakan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga tentu sangat baik.

A. Pengertian Olahraga

Sebenarnya istilah olahraga sudah tidak asing lagi di masyarakat. Hampir setiap orang memahami artinya. Sebab rata-rata mereka pernah melakukannya, bahkan menjadi rutinitas harian. Orang-orang menganggap bahwa segala aktivitas menggerakan sebagian atau seluruh tubuh, baik itu berjalan, berlari, jongkok dan melompat itu termasuk olahraga. Benarkah demikian?
Pengertian Olahraga, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Nah, secara definisi yang dimaksud olahraga segala bentuk aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan serta menjaga kesehatan jasmani dan ruhani. Jadi dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan, baik yang sifatnya jasmani maupun ruhani.

Kenapa dengan berolahraga dapat menjaga kesehatan jasmani? Sebab pada dasarnya olahraga adalah kegiatan menggerakan tubuh secara teratur. Maka secara langsung akan mengolah otot dan fisik tubuh kita. Dengan demikian berolahraga merupakan upaya pengelolaan raga tubuh, yang merupakan sifat jasmani manusia.

Sedangkan yang dimaksud mengolah ruhani adalah dengan berolahraga, kita akan merasakan kenyamanan pada tubuh kita. Tidak hanya nyaman secara fisik, namun juga secara batin. Kenyamanan batin contohnya terhindar dari sifat gelisah, kurang percaya diri dan stress. Maka dengan melakukan olahraga yang menyenangkan, semua penyakit batin tersebut dapat dihilangkan.

Masih bicara masalah pengertian olahraga, secara detail telah termuat pada regulasi kita, yaitu Undang-undang RI No. 3 Tahun 2005, yang membahas tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Menurut undang-undang ini, yang dimaksud olahraga adalah kegiatan dengan pola yang sistematis, yang berguna untuk mendorong, membina dan mengembangkan segala bentuk potensi jasmani, rohani dan sosial di masyarakat.

Jadi menurut definisi ini, pengertian olahraga sudah mengalami perluasan makna. Tidak hanya terbatas sembarang pergerakan tubuh saja, namun harus terpola secara sistematis. Selain itu ada bentuk upaya pembinaan potensi jasmani, rohani dan sosial. Memang saat ini olahraga tidak hanya terbatas pada lingkup individu saja, namun telah ada pembinaan kepada masyarakat umum. Maka tidak heran jika bidang olahraga memiliki tempat pembinaan tersendiri, berupa organisasi, sekolah dan komunitas.

B. Ruang Lingkup Olahraga

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini bidang olahraga memiliki tempat pembinaan tersendiri, yang dikelola langsung oleh perseorangan, kelompok ataupun pemerintah. Nah, dalam mengelolanya olahraga dibedakan menjadi beberapa bentuk umum. Nah, berikut ini adalah klasifikasinya:

1. Olahraga Pendidikan
Nah, pada kelompok pertama dikenal istilah olahraga pendidikan. Seperti namanya, olahraga ini dilakukan sebagai bagian dari proses pendidikan, yang dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan. Tujuan dari olahraga ini adalah mendapatkan pengetahuan dan wawasan terkait kesehatan jasmani.

2. Olahraga Prestasi
Yang dimaksud dengan olahraga prestasi adalah jenis olahraga yang didesain khusus untuk membina dan mengembangkan para atletnya, melalui tahapan yang berjenjang dan berkelanjutan dalam sebuah kompetisi olahraga. Tujuan dari olahraga jenis ini adalah mengukir prestasi.

3. Olahraga Rekreasi
Selain itu juga dikenal istilah olahraga rekreasi. Apa itu olahraga rekreasi? Nah, maksud dari olahraga ini adalah olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat, yang berlatar belakang hobi, kegemaran dan kebiasaan yang telah membudaya pada masyarakat tersebut.

Tujuan dari olahraga ini tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun olahraga ini juga sering digunakaan pada kegiatan kemasyarakatan tertentu, untuk meramaikannya.

4. Olahraga Amatir
Untuk olahraga jenis ini biasanya dilakukan dengan gerakan yang sederhana dan dengan pola yang tidak ditentukan. Orang-orang yang sering melakukannya, sebenarnya dilandasi atas dasar kecintaannya pada kegemaran berolahraga.

5. Olahraga Profesional
Berbeda dengan olahraga amatir yang tidak terikat dengan pola dan aturan, untuk olahraga profesional sangat terikat dengan aturan. Sebab olahraga jenis ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperoleh uang.

6. Olahraga Penyandang Cacat
Bentuk olahraga yang terakhir adalah dikhususkan bagi para penyandang cacat. Bentuk olahraganya pun tentu berbeda dengan orang yang normal. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan para penyandang cacat tersebut.

C. Manfaat Berolahraga

Selain menjadi aktifitas yang menyenangkan, ternyata olahraga memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan, ketika rajin melakukan olahraga:

1. Menjaga daya tahan tubuh
Bagi orang yang membiasakan diri berolahraga tentu akan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Sebab dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar, sehingga jarang terserang penyakit. Penyakit yang ada pada tubuh biasanya diakibatkan oleh virus yang melemahkan daya tahan tubuh. Maka dengan rutin berolahraga, daya tahan tubuh akan meningkat. Hal ini dikarenakan hormon-hormon anti bodi tubuh bekerja dengan baik.

2. Mengurangi Stress
Dengan menikmati kegiatan olahraga, tentu dapat menghilangkan segala penat dan beban yang ada di pikiran, yang dapat memicu stress. Orang-orang sering melakukan olahraga sebagai bentuk pelampiasan terhadap kebosanan yang melanda dirinya. Dengan berolahraga tentu akan membuat pikiran kita kembali jernih, sebab stress akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat Anda.

3. Memperlancar Peredaran Darah
Dalam berolahraga tentu kita akan menggerakan sebagian atau seluruh tubuh kita. Dengan melakukan hal tersebut, Anda telah membantu memperlancar peredaran darah. Sebab darah manusia itu bersifat mobile, dan terus bergerak ke seluruh tubuh. Maka harus diimbangi dengan pergerakan anggota tubuh kita. Dengan memperlancar aliran darah, maka Anda telah mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh peredaran darah yang kurang lancar.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dengan berolahraga adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sebab dalam berolahraga kita belajar tentang cara berinteraksi dengan orang lain dan menjadi seorang pemimpin. Maka tidak heran jika orang yang sering berolahraga lebih ceria dan tidak minder, sebab memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Nah, demikianlah diatas ulasan terkait pengertian olahraga yang mencangkup  ruang lingkup dan manfaatnya bagi kehidupan kita. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Olahraga, Ruang Lingkup dan Manfaatnya