Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Energi, Jenis, Manfaat, Sumber dan Contohnya

Pengertian Energi - Untuk menjalani kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti membutuhkan energi, dan energi ini bisa Anda dapatkan dari makanan. Tanpa energi, tubuh akan terasa lemah dan lemas serta terasa enggan untuk melakukan aktifitas. Lantas, apa sih sebenarnya energi itu? Dan kenapa energi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?
Pengertian Energi, Jenis-Jenis serta Manfaat Energi

Nah, jika saat ini benak Anda dipenuhi oleh pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda meneruskan membaca artikel kami kali ini, karena dalam ulasan ini, kami akan menjabarkan secara mendetail terkait pengertian energi, jenis-jenis energi serta manfaat energi.

A. Pengertian Energi

Jika kita membahas soal pengertian energi, pasti Anda teringat dengan pelajaran fisika di sekolah bukan? Ya, energi ini memang menjadi salah satu bab dalam pelajaran fisika, dimana pengertiannya adalah kemampuan untuk melakukan suatu usaha. Nah, kemampuan untuk melakukan suatu usaha itu sendiri diukur melalui variabel waktu serta besaran usaha yang telah dilakukan.

Pengertian energi ini bisa Anda tinjau dari segi asal bahasanya juga, Jadi, energi berasal dari kata ergon yang dalam bahasa Yunani berarti kerja. Dan seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa di dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita membutuhkan energi, tetapi perlu dipahami bahwa energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai kegiatan tersebut tidaklah sama baik jumlahnya maupun bentuknya.

B. Jenis-Jenis Energi

Energi memang tidak bisa kita lihat, tetapi pengaruh energi sangat bisa kita rasakan. Energi itu sendiri terdiri dari beberapa jenis yang bisa diklasifikan dari segi fungsinya dan dari segi sumbernya. Jika dilihat dari segi fungsinya, jenis-jenis energi antara lain:

1. Energi Nuklir
Sesuai dengan namanya, energi nuklir ini bisa diartikan sebagai energi yang dihasilkan oleh reaksi ini dari bahan radioaktif. Jadi, energi jenis yang pertama ini dihasilkan oleh inti atom yang kemudian membelah atau menyatunya dua buah inti atom.

Pembelahan dan penyatuan inti atom ini menghasilkan energi dalam jumlah yang besar sebagai dampak dari perubahan yang terjadi pada inti atom tersebut. Energi atom ini sebenarnya adalah energi kimia pula, tetapi sifatnya lebih spesifik dibandingkan energi kimia dan dibutuhkan usaha yang lebih banyak dalam menggunakannya.

2. Energi Kimia
Energi kimia ini adalah energi yang dihasilkan dari interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang sudah terjadi. Energi kimia merupakan energi yang banyak dibutuhkan oleh makhluk hidup. Mengapa? Karena energi jenis ini bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama dan muncul karena terjadinya proses pemecahan ikatan kimia di dalam susunannya sehingga kemudian menghasilkan energi.

Nah, contoh paling mudah untuk energi kimia ini adalah bahan bakar yang biasa kita gunakan pada kendaraan, misalnya bensin, solar atau yang lainnya.

3. Energi Mekanik
Energi mekanik merupakan energi yang ada atau dimiliki oleh suatu benda karena sifat gerak dari benda itu sendiri, dan energi ini dibagi menjadi dua macam, antara lain:

  • Energi kinetik yakni energi yang dimiliki oleh benda karena pergerakan, jadi energi kinetik ini bisa juga diartikan dengan kemampuan melakukan usaha supaya bisa menggerakkan suatu benda dengan massa tertentu sehingga bisa mencapai kecepatan tertentu. Antara kecepatan dengan energi kinetik ini berbanding lurus, artinya semakin tinggi kecepatan benda maka semakin tinggi pula energi kinetiknya
  • Energi potensial yakni energi yang dimiliki oleh benda karena kedudukannya atau posisinya. Ada banyak jenis energi yang sebenarnya bisa dikategorikan sebagai energi potensial, mengapa? Karena semua energi potensial ini dihubungkan dengan jenis gaya yang bekerja terhadap keadaan benda tersebut. Misalnya saat kita meregangkan karet, otomatis akan terjadi perubahan secara fisik pada karet tersebut karena adanya gaya elastik

4. Energi Listrik
Tanpa perlu dijabarkan lagi, Anda pun pasti tahu bahwa energi listrik ini seolah menjadi energi mutlak yang banyak dibutuhkan oleh penduduk dunia karena bisa dikonversikan menjadi bentuk energi yang lainnya. Nah, energi listrik ini ada karena perbedaan muatan diantara dua buah titik penghantar.

5. Energi Bunyi
Bunyi juga merupakan energi, lebih tepatnya energi yang dihasilkan dari getaran partikel udara yang ada di sekitar sumber bunyi. Pada dasarnya setiap kali ada getaran pada suatu benda, bisa dipastikan ada energi bunyi di sana, hanya saja tidak semua bunyi bisa ditangkap oleh indera pendengaran kita.

6. Energi Panas atau Energi Kalor
Energi panas atau energi kalor ini bisa terjadi karena adanya pergerakan internal pada partikel penyusun di dalam suatu benda. Nah, energi panas atau energi kalor ini berpindah dari partikel yang suhunya tinggi menuju ke partikel yang suhunya lebih rendah.

C. Sumber Energi

Nah, itulah jenis-jenis energi jika ditinjau dari segi fungsinya, sedangkan jika dilihat dari segi sumbernya, energi hanya terdiri dari dua macam antara lain:

1. Energi yang Tak Terbarukan
Energi yang tak terbarukan ini bisa diartikan sebagai energi yang terbatas atau jumlahnya sangat sedikit yang jika dipakai secara kontinyu akan habis suatu saat nanti. Energi yang tak terbarukan ini juga tidak bisa diolah dalam waktu yang singkat, contohnya: bauksit, batu bara, nikel, timah, emas dan lain-lain.

2. Energi yang Terbarukan
Energi yang terbarukan ini bisa diartikan sebagai energi alternatif yang sifatnya tidak terbatas dan bisa menggantikan fungsi dari energi yang tak terbarukan serta bisa diolah dalam waktu yang cukup singkat, contohnya: uranium, angin, air serta sinar matahari.

D. Manfaat Energi bagi Kehidupan

Oke, setelah Anda memahami berbagai bentuk energi diatas, sekarang kami akan mengulas tentang manfaat energi, dimana manfaat energi ini disesuaikan dengan bentuk-bentuk energi di atas, antara lain:

1. Energi nuklir bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif, yang bahkan di beberapa negara maju baik di Amerika, Asia maupun Eropa sudah digunakan dan berkembang dengan pesat. Keberadaan energi nuklir ini mampu menggantikan fungsi dari energi yang sudah diandalkan selama ini seperti batu bara.

2. Energi kimia selain tersimpan dalam bahan bakar untuk kendaraan juga tersimpan dalam bahan makanan yang biasa kita makan. Makanya energi ini bermanfaat untuk menunjang aktifitas kita sehari-hari.

3. Energi listrik juga banyak memberikan keringanan terhadap pekerjaan kita, misalnya saat hendak membuat kue, paling tidak kita membutuhkan mixer untuk mencampurkan adonan bukan? Nah, agar mixer bisa bekerja dengan baik otomatis membutuhkan listri. Contoh yang lainnya, energi listrik ini bisa memberikan kita hiburan, memungkinkan kita menonton tv, mendengarkan radio, menggerakkan kipas angin-angin, isi ulang baterai hp dan lain-lain .

4. Energi panas atau energi kalor, jika kita merujuk pada sumber panas utama bumi, pasti jawabannya adalah matahari. Nah, panas dari matahari ini akan mempercepat proses pengeringan baju yang kita jemur.

Nah, itulah uraian kami mengenai pengertian energi, bentuk-bentuk energi serta manfaat energi. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Energi, Jenis, Manfaat, Sumber dan Contohnya