Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Database, Sejarah, Fungsi, Manfaat dan Kelebihannya

Pengertian Database - Penggunaan teknologi dalam sebuah perusahaan sangatlah vital perannya, dan dituntut untuk selalu mempunyai teknologi terbaik dan terkini. Suatu perusahaan dituntut untuk bekerja secepat dan se-efisien mungkin saat melayani pelanggan atau konsumen  supaya bisa bertahan dalam kerasnya persaingan bisnis. Karena kwalitas pelayanan menjadi salah satu pertimbangan konsumen.
Pengertian Database, Sejarah, Fungsi, Manfaat dan Kelebihannya

Dan dari sekian banyak teknologi yang dituntut ada dalam setiap perusahaan atau organisasi, salah satunya teknologi untuk menyimpan dan memproses suatu data, atau yang dikenal dengan istilah database.

Pengertian Database

Bisa dibilang, database adalah struktur data yang menyimpan informasi secara terorganisir. Sebagian besar database berisi banyak tabel, yang masing-masing dapat mencakup beberapa bidang yang berbeda. Misalnya saja untuk database perusahaan, yang ada dalam database tersebut meliputi tabel untuk produk, data karyawan, catatan keuangan, dan lainnya.

Data kemudian akan disusun dalam barisan, kolom, tabel, serta diindeks agar lebih mudah menemukan informasi yang relevan. Data akan diperbarui, diperluas dan dihapus saat informasi baru ditambahkan. Database memproses beban kerja untuk membuat dan memperbarui diri mereka sendiri.

Singkatnya, database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berkorelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi yang sedang di cari. Selain itu adapula yang mendefinisikan database sebagai sekumpulan file, atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam media elektronik.

Sejarah Database

Database telah berkembang sejak awal tahun 1960an, dimulai dengan database hierarkis dan jaringan, sampai tahun 1980an dengan database berorientasi objek, dan hari ini dengan database SQL dan NoSQL serta database awan.

Dalam satu tampilan, database dapat diklasifikasikan menurut jenis konten: bibliografi, teks lengkap, angka dan gambar. Dalam komputasi, database terkadang dikelompokkan menurut pendekatan organisasinya. Ada banyak jenis database, mulai dari pendekatan yang paling umum, database relasional, database terdistribusi, database awan ataupun database NoSQL.

Fungsi Database

Penggunaan database yang maksimal pada perusahaan mampu membantu seorang kasir bekerja lebih cepat ketika mencari jumlah barang atau harga barang yang akan dijual. Begitupula dengan admin yang bertugas, database akan mempercepat pekerjaan admin ketika mencari sisa stok persediaan, barang paling laku dan beberapa tugas lainnya. Masing-masing tabel ini memiliki bidang yang berbeda yang relevan dengan informasi yang tersimpan dalam tabel.

Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data yang dihasilkan, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan nantinya. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut.

Basis data menjadi sangat penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Secara sistematis database dapat mengorganisir atau menstruktur repositori informasi yang diindeks (biasanya sebagai sekelompok file data terkait) yang memungkinkan pencarian, pembaruan, analisis, dan keluaran data yang mudah. Dan seringkali data ini bisa dalam bentuk grafik, laporan, skrip, tabel, teks, atau jenis banyak jenis lagi lainnya.

Selain itu, nyaris semua perusahaan di Indonesia kini butuh aplikasi dengan landasan database seperti contohnya dalam:
1. Transaksi Bank.
2. Absensi Perusahaan.
3. Pembelian Pada Perusahaan Dagang.
4. Serta Sistem Penggajian Karyawan.

Manfaat Menggunakan Database

a. Menghemat Pada Biaya Perangkat
Dengan memiliki database secara terpusat maka masing-masing divisi tidak memerlukan perangkat untuk menyimpan database dikarenakan yang dibutuhkan hanyalah satu yaitu yang disimpan di server pusat, ini tentunya memangkas biaya pembelian perangkat.

b. Memudahkan Saat  Pembuatan Aplikasi baru
Dalam poin ini database dirancang dengan sangat baik, sehingga perusahaan tidak memerlukan aplikasi baru untuk membuat database yang baru pula atau tidak perlu mengubah kembali struktur keseluruhan database yang sudah ada. Sehingga Si programmer hanya cukup mensetting aplikasinya dalam keadaan darurat atau dalam waktu tertentu saja.

c. Keamanan Data
Hampir semua Aplikasi manajemen database sekarang memiliki fasilitas yang disebut dengan manajemen pengguna. Manajemen pengguna mampu membuat hak akses yang berbeda-beda disesuaikan dengan kepentingan maupun posisi pengguna. Selain itu data yang tersimpan pada database membutuhkan sebuah password untuk mengaksesnya. Dengan begini data jadi lebih aman dan lebih mudah di akses.

Keren, bukan? Dengan menggunakan database kita dapat melakukan banyak hal dalam sekali klik dan memangkas waktu yang dibutuhkan.

d. Menjaga Sejarah Klien dan Menghemat Waktu Anda
Mungkin alasan paling logis kenapa menggunakan database untuk klien Anda adalah memungkinkan Anda menjadi lebih produktif. Ketika perusahaan Anda berkembang, dan Anda merasa kekurangan waktu, salah satu hal pertama yang tergelincir adalah pencatatan Anda.

Dengan database, semua informasinya ada tepat di depan Anda. Anda benar-benar bisa menarik file klien itu di PC Anda saat Anda menukar basa-basi telepon awal. Pada saat mereka memberi tahu Anda tujuan panggilan mereka, Anda telah mempelajari sejarah dari panggilan terakhir Anda dan siap untuk berbicara dengan mereka.

Kelebihan umum database

• Database dapat menyimpan sejumlah besar catatan secara efisien.
• Sangat cepat dan mudah untuk mencari informasi.
• Mudah untuk menambahkan data baru dan untuk mengedit atau menghapus data lama.
• Data bisa dicari dengan mudah, misal 'temukan semua jenis motor Yamaha'.
• Data dapat diurutkan dengan mudah, misalnya berdasarkan alfabet
• Data dapat diimpor ke aplikasi lain, misalnya surat penggabungan email ke pelanggan yang mengatakan bahwa tes MOT akan jatuh tempo.
• Lebih dari satu orang dapat mengakses database yang sama sekaligus atau multi akses.
• Keamanan lebih bagus dan biaya lebih terjangkau daripada di file kertas.

Banyak pemilik usaha kecil bekerja dengan anggaran ketat untuk beberapa tahun pertama, sehingga mereka harus berpikir keras bagaimana mengalokasikan anggaranya seefisien mungkin. Dan terkait database, jangan hawatir, karena saat  ini ada banyak paket perangkat lunak database yang harganya terjangkau dan jenisnya pun juga beranekaragam.

Nah itulah di atas ulasan yang bisa kami sampaikan terkait pengertian database dan hal-hak yang terkait dengannya. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah ilmu yang bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Database, Sejarah, Fungsi, Manfaat dan Kelebihannya