Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Pasar, Macam-Macam Pasar dan Fungsinya

Pengertian Pasar - Berbicara mengenai pasar, pasti beberapa dari anda langsung membayangkan suasana yang ramai, bertemunya para penjual dan pembeli, baik yang memiliki bentuk nyata (barang), tak nyata (jasa) ataupun sumber daya ekonomi dan faktor-faktor produksi lainnya. Walaupun begitu, dalam era globalisasi ini pengertian pasar tidak merujuk kepada suatu tempat atau lokasi saja. Dengan semakin majunya alat komunikasi, kini hampir semua transaksi bisa dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung (online).
Pengertian Pasar, Macam-Macam Pasar dan Fungsinya

Walaupun anggapan mengenai pengertian pasar diatas tidaklah salah, namun pasar yang akan kami kupas dalam ulasan ini lebih merujuk kepada arti pasar dalam pandangan ilmu ekonomi. Pasar dalam ilmu ekonomi tidaklah sesederhana kelihatannya. Untuk itu kami telah merangkum terkait pengertian pasar dan seluk beluknya secara lengkap dan jelas. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui informasi tersebut, silahkan disimak dibawah ini.

Pengertian Pasar, Macam Pasar dan Fungsinya

1. Pengertian pasar

Pada dasarnya, pasar adalah bagian dari perekonomian yaitu sebuah sistem, institusi, hubungan sosial dan insfraktuktur ataupun hubungan sosial dimana terdapat usaha menjual barang, jasa, ataupun tenaga kerja dengan uang yang dibayarkan menggunakan alat pembayaran yang diangap sah.

Walaupun sekilas terlihat mirip dengan perdagangan. Pasar dan perdagangan merupakan dua buah hal yang berbeda. Perbedaan utamanya ada pada persaingan. Untuk dapat disebut pasar, minimal harus terdapat tiga orang yakni satu orang konsumen dan dua orang penjual sehingga akan terdapat persaingan.

Sedangkan jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian pasar adalah suatu tempat yang menjadi ajang berkumpulnya orang untuk melalukan transaksi jual beli.

Untuk lebih mengetahui mengenai pengertian pasar dengan jelas, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa pendapat para ahli terkait pengertian dari pasar berikut ini:

a. William J.Stanton
William J. Stanton berpendapat bahwa pengertian pasar adalah sekumpulan orang yang mempunyai keinginan untuk dapat merasa puas, memiliki banyak uang, dan dapat membelanjakan uang yang dimilikinya tersebut.

b. Kotler dan Armstrong
Kotler dan Armstrong berpendapat bahwa pengertian pasar adalah suatu perangkat pembelian yang potensial dan juga actual dari suatu jenis barang ataupun jasa. Silahkan simak Pengertian Jasa, Karakteristik, Jenis dan Contohnya.

2. Macam-macam pasar

Dalam istilah ekonomi, pasar memiliki berbagai macam jenis yang pada umumnya dibagi menurut bentuk kegiatannya, sifat dan waktunya, bentuknya, dan juga luas jangkauannya. Berikut adalah penjelasannya:

A. Menurut bentuk kegiatannya
Jenis-jenis pasar menurut bentuk kegiatannya dibagi menjadi dua bentuk, yaitu:

1. Pasar nyata
Pasar nyata adalah sebuah pasar dengan ciri utama yaitu terdapat berbagai jenis barang yang diperdagangkan atau diperjualbelikan dan dapat dibeli oleh calon pembeli. Contoh dari pasar nyata ini adalah pasar tradisional dan pasar swalayan.
2. Pasar abstrak
Dalam hal ini pasar abstak adalah suatu pasar dimana antara pembeli dan penjual terdapat kontak nyata atau bertemu tetapi barang yang dijual belikan tidak secara langsung dapat dijual belikan. Pada umumnya di pasar abstak hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang akan dijual.

B. Menurut sifat dan waktunya
Jenis-jenis pasar menurut sifat dan waktunya dibagi menjadi empat bentuk, yaitu:
1. Pasar harian : Merupakan pasar yang kegiatannya dilakukan setiap hari dan tanpa putus. Contoh : Pasar Tanah Abang
2. Pasar mingguan : Merupakan pasar yang kegiatanna hanya dilakukan setiap satu hari dalam seminggu. Contoh : Pasar Minggu
3. Pasar tahunan :  Merupakan pasar yang kegiatannya dilakukan setiap satu tahun sekali. Contoh: Pasar Raya Jakarta
4. Pasar temporer : Merupakan pasar yang kegiatannya dilakukan secara tidak menentu dan tidak pasti. Contoh : bazar, pasar murah

C. Menurut bentuknya
Dilihat dari bentuknya, pasar dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

1. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) : Merupakan suatu pasar yang mana antara penjual dan juga pembeli tidak dapat saling mempengaruhi sebuah harga, jadi harga yang terdapat di pasar benar-benar berasal dari kesepakatan-kesepakatan dan juga interaksi dari penawaran yang menunjukan keinginan produsen.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Inperfect Competition Market) : Merupakan suatu pasar dimana dalam kegiatannya terdapat satu atau lebih penjual yang menguasai pasar tersebut.

D. Menurut luas jangkauannya
Menurut luas jangkauannya, pasar dapat dibedakan ke dalam tiga jenis yakni:

1. Pasar lokal : Merupakan sebuah pasar yang kegiatan yang dilakukannya hanya dalam jangkauan sempit yaitu suatu daerah tertentu
2. Pasar Nasional : Merupakan sebuah pasar yang digunakan sebagai tempat pertemuan antara penjual dan juga pembeli dari berbagai macam wilayah dalam suatu negara. Contoh : Pasar cengkih manado
3. Pasar Internasional : Merupakan suatu pasar yang digunakan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual dari berbagai macam negara di dunia. Contoh: Pasar Karet di Malaysia dan Pasar Kopi di Amerika Serikat

3. Fungsi Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang perekonomian, pasar memiliki fungsi yang cukup vital. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari pasar:

1. Sebagai sarana pembentukan harga
Pasar sebagai pembentuk harga memiliki arti yaitu pasar sebagai suatu tempat yang dapat digunakan untuk menentukan harga (barang) baik jual maumpun beli. Hal ini dikarenakan pasar adalah tempat bertemunya seorang penjual dan seorang pembeli yang dalam prosesnya melakukan tawar-menawar sehingga mencapai sebuah kesepakatan harga.

2. Sebagai sarana distribusi
Fungsi pasar sebagai sarana distribusi berarti pasar memiliki peran dalam memudahkan produsen dalam mendistribusikan barang kepada konsumen-konsumennya. Dalam hal ini di sebut juga dengan penjualan, untuk itu anda perlu mengetahui Pengertian Pemasaran, Fungsi, Strategi, Teknik Menjual.

3. Fungsi Promosi
Fungsi pasar sebagai sarana promosi berarti pasar memiliki peran penting dalam mepromosikan sekalius memperkenalkan suatu barang kepada calon konsumen.

4.  Sebagai sarana penyerapan tenaga kerja
Tak hanya sekedar pembeli dan penjual saja, kegiatan ekonomi dalam sebuah pasar juga melibatkan banyak hal lain yang tentunya dapat menghasilkan peluang kerja. Contohnya adalah tukang parkir, tukang kuli angkut, ataupun tukang sapu yang kerap kali ada di setiap pasar.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian pasar secara lengkap beserta jenis dan juga fungsinya. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Pasar, Macam-Macam Pasar dan Fungsinya