Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur dan Karakteristik

Pengertian Kebudayaan - Semua masyarakat di dunia ini pasti memiliki kebudayaan. Berbeda tempat pasti berbeda pula budaya yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Nah, walau hampir setiap hari mendengar kata “kebudayaan”, tapi sudahkah  Anda tau apa pengertian kebudayaan yang sebenarnya?
Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur dan Karakteristik

Pengertian Kebudayaan Menurut Beberapa Sudut Pandang

Kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekert “budh” yang berarti akal. Kata ini kemudian berkembang menjadi “budhi” yang bermakna tunggal dan “budhaya” yang bermakna majemuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebudayaan adalah hasil dari pemikiran atau akal manusia.

Terdapat pula pendapat lain yang menyebutkan bahwa kebudayaan berasal dari kata “budhi” dan “daya”. Budhi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalam kebudayaan. Sedangkan daya berarti perbuatan sebagai unsur jasmani. Oleh karena itu, kebudayaan dapat diartikan sebagai hasil dari akal dan perbuatan (ikhtiar) manusia.

Kebudayaan dalam bahasa Belanda dikenal sebagai “cultuur” atau dalam bahasa Inggris “culture” dan dalam bahasa Arab dikenal sebagai “tsaqafah”. Kata “cultuur” dan “culture” berasal dari bahasa latin “colere” yaang berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, dan mengembangkan. Kata ini cenderung mengarah kepada kegiatan pertanian atau megolah tanah. Berdasarkan kata tersebut, “culture” dapat pula diartikan sebagai daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Dalam ilmu antropologi, budaya dan kebudayaan memiliki arti yang sama. Namun, menurut Ilmu Budaya Dasar, du kata ini memiliki arti yang berbeda. Perbedaan pengertian kebudayaan dan budaya menurut Ilmu Budaya Dasar dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Kebudayaan dalam arti luas merupakan keseluruhan sistem, gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
2. Kebudayaan dalam arti sempit kemudian disebut sebagai budaya ataukultur. Pengertian budaya/kultur ini aladah keseluruhan sistem gagasan dan tindakan.

Pengertian Kebudayaan Sebagai Suatu Peradaban

Kebudayaan juga sering diidentikkan dalam suatu  lingku yang sangat luas yaitu peradaban. Banyak ahli yang berpendapat bahwa budaya sama dengan peradaban. Tentu saja pengertian kebudayaan sebagai suatu peradaban sangat luas. Kebudayaan/peradaban dapat diartikan sebagai pemahaman perasaan suatu bangsa yang kompleks, di dalamnya meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat-istiadat, nilai, dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.

Selain pengertian kebudayaan di atas, terdapat pula pengertian yang lain menurut para ahli yaitu :

1. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan merupakan buah budi manusia. Kebudayaan adalah hasil perjuangan manusia terhadap 2 pengaruh kuat yaitu alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran dalam idup dan penghidupannya.

2. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.

3. Malinowski
Kebudayaan pada prinsipnya berdasarkan atas berbagai sistem kebutuhan manusia. Tiap tingkatan kebutuhan manusia selalu menghadirkan corak kebudayaan yang berbeda.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Budaya/kebudayaan memiliki 7 unsur yang melekat dan tidak bisa dipisahkan darinya. Tujuh unsur tersebut adalah :

1. Bahasa

Bahasa adalah alat utama yang bisa digunakan untuk meneruskan atau mengadaptasi suatu budaya dalam masyarakat. Bahasa juga menjadi suatu alat komunikasi dan persebaran budaya yang sangat efektif. Bahasa sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu lisan dan tulisan.

2. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan ini melingkupi kondisi alam dan sifat-sifat peralatan yang digunakan. Sistem pengetahuan ini dibentuk dari beberapa komponenpengetahuan tentang flora dan fauna, ruang, alam sekitar, bilangan, sifat-sifat, serta tingkah laku.

3. Sistem Kemasyarakatan atau Organisasi Sosial

Organisasi sosial terdiri dari sekelompok masyarakat yang merasa satu dengan sesamanya. Mereka merasa memiliki ikatan yang kuat satu sama lain. Sistem kemasyarakatan ini meliputi kekerabatan, asosiasi, sistem bernegara, kesatuan hidup, dan perkumpulan sosial.

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Teknologi mencakup sekumpulan cara yang dimiliki oleh masyarakat untuk bertindak dan berbuat dalam mengelola atau mengumpulkan bahan-bahan mentah. Kemudian bahan-bahan mentah ini dijadikan sebagai alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi, serta kebutuhan hidup lainnya.

5. Sistem Mata Pencaharian

Segala upaya manusia untuk mendapatkan baarang dan jasa yang dibutuhkan disebut sebagai mata pencaharian. Kegiatan ini kian berkembang mulai dari mengumpulkan makanan, bercocok tanam, perikanan, peternakan, dan perdagangan. semakin maju suatu kebudayaan, maka akan semakin beragam pula kegiatan mata pencaharian masyarakatnya.

6. Sistem Religi

Sistem religi mrupakan perpaduan antara keyakinan dan praktek keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat.

7. Kesenian

Kesenian adalah hasrat manusia terhadap keindahan atau estetika. Kesenian mampu menimbulkan kepuasan batin bagi manusia. Ada 3 jenis kesenian yaitu seni rupa, seni suara, dan seni tari.

Karakteristik Kebudayaan

Walaupun berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya, tapi kebudayaan memiliki karakteristik khusus yaitu:

1. Kebudayaan Adalah Milik Bersama

Tidak ada satupun kebudayaan di dunia ini yang hanya dimiliki oleh seseorang secara personal. Kebudayaan adalah sejumlah cita-cita, nilai, dan standar perilaku yang didukung oleh mayoritas masyarakat. Kebudayaan adalah common denominator yang menyebabkan perbuatan suatu individu bisa dipahami dan diterima oleh individu lain.

2. Kebudayaan Adalah Hasil Belajar

Kebudayaan bukanlah warisan biologis yang telah menempel pada diri individu sejak ia dilahirkan. Tapi kebudayaan adalah hasil belajar, oleh karena itu kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat bisa berkembang. Karena pembelajaran sendiri berlangsung sepanjang hayat.

Hampir seluruh tindakan manusia adalah kebudayaan. Karena hampir semua tindakan yang manusia lakukan berasal dari proses belajar, kecuali beberapa tindakan fisik dan kelakuan yang membabi buta tak terkontrol.

3. Kebudayaan Berdasarkan Simbol

Semua perilaku manusia diawali oleh penggunaan lambang atau simbol. Manusia berkomunikasi dengan manusia lainnya melalui simbol-simbol yang telah dipahami dan disepakati bersama.

4. Kebudayaan Bersifat Terintegrasi

Semua aspek dan unsur kebudayaan bergungsi sebagai suatu kesatuan yang saling berhubungan. Unsur-unsur kebudayaan saling berkaitan satu sama lain dan terintegrasi hingga membentuk suatu sistem kebudayaan dalam masyarakat.

5. Kebudayaan Bersifat Superorganik

Kebudayaan diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya, sehingga kebudayaan tetap hidup terus menerus. Namun, sekarang arus modernisasi juga bisa menyebabkan hilangnya budaya tertentu dan berganti menjadi suatu budaya yang baru.

Tentunya perubahan ini tidak terjadi dalam waktu yang singkat. Karena suatu kebudayaan baru akan diterima dalam suatu lingkungan masyarakat melalui proses yang sangat panjang. Kebudayaan baru yang diterima oleh masyarakat ini kemudian akan bertahan melewati berbagai generasi sebelum berevolusi menjadi bentuk budaya yang baru.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur dan Karakteristik