Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, Sejarah, dan Macamnya

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, Sejarah, dan Macamnya - Komputer sudah menjadi barang canggih yang banyak mendominasi tugas dan kehidupan kita sehari-hari. Teknologi komputer pun kian canggih dari masa ke masa. Selain itu, muncul pula teknologi jaringan komputer yang sangat membantu kehidupan manusia di era modern ini. Nah, berbicara mengenai jaringan komputer, berikut kami akan bahas mengenai istilah tersebut secara lebih mendetail. Buat anda yang tertarik dengan informasi ini silahkan disimak.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer secara sederhana bisa digambarkan sebagai sebuah sistem dimana dua atau lebih komputer saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau komunikasi. Melalui teknologi jaringan komputer tersebut, Anda bisa saling berbagi data, aplikasi, ataupun perangkat keras komputer.

Istilah jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi (terdiri dari 2 komputer atau lebih) yang salin terhubung. Tujuan diciptakannya teknologi jaringan komputer agar data bisa dikirimkan dari satu komputer (transmitter) ke komputer lainnya (receiver) secara tepat dan cepat.

Selain berfungsi untuk saling berkirim data, teknologi jaringan komputer juga memungkinkan penggunanya untuk bisa berkomunikasi satu sama lain dengan cepat dan mudah. Jaringan komputer juga bisa digunakan untuk mengintegrasikan data antar komputer, sehingga Anda bisa memperoleh sekumpulan data yang relevan satu dengan yang lainnya.

Manfaat Teknologi Jaringan Komputer

Setelah diatas kita telah kupas mengenai pengertian jaringan komputer, berikutnya kita akan ulas tentang manfaatnya. Sebagai suatu teknologi terkini, jaringan komputer pasti memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia. Di antara manfaat-manfaat tersebut adalah :

1. Memungkinkan sesama pengguna komputer saling bertukar dan mengakses file satu sama lain melalui jaringan internet.
2. Proses pengiriman data yang lebih cepat dan tepat dibandingkan dengan teknologi terdahulu (misalnya persuratan).
3. Membantu manusia berhubungan dan berkomunikasi dengan manusia lain secara mudah dan cepat tanpa adanya batas wilayah dan waktu.
4. Pengguna bisa mengirimkan file berupa gambar, video, dokumen, audio, dan lain sebagainya secara real time dengan bantuan teknologi jaringan komputer.
5. Membantu mempermudah manusia mengakses berbagai berita dan informasi penting dengan lebih mudah dan cepat, misalnya dengan menggunakan jaringan internet.
6. Jaringan komputer memungkinkan banyak pengguna menggunakan salah satu hardware (perangkat keras) secara bersama-sama. Misalnya saja, 1 printer bisa digunakan untuk beberapa komputer, begitu juga dengan CPU.

Sejarah Terciptanya Teknologi Jaringan Komputer

Cikal bakal lahirnya teknologi ini berawal pada tahun 1940an dimana konsep jaringan komputer mulai dikenalkan di Amerika. Ada sebuah proyek pengembangan komputer MODEL 1 yang dikembangkan oleh sebuah grup riset di Harvard University dan dipimpin oleh Profesor Howard Aiken.

Pada mulanya proyek riset ini hanya bertujuan sederhana yaitu memecahkan masalah bagaimana 1 komputer bisa dipakai bersama. Kemudian pda tahun 1950 mulailah tercipta super komputer yang bisa melayani beberapa tempat (terminal) dengan konsep distribusi berdasarkan waktu atau time sharing system (TSS). Inilah kali pertama jaringan komputer diaplikasikan.

Pada masa proses pengembangan TSS inilah mulai adanya perpaduan teknologi komputer dengan komunikasi yang sebelumnya berkembang jauh terpisah satu sama lain. Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika (DARPA) mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer, sehingga memungkinkan terbentuknya jaringan organik. Program riset ini kemudian dikenal sebagai ARPANET.

Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan surat elektronik untuk program ARPANET. Pada tahun inipula ikon “@” mulai diperkenalkan sebagai lambang penting dalam persuratan elektronik.

Pada tahun 1973, dua orang ahli komputer bernama Vintn Cherf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah ide dasar yang menjadi cikal bakal lahirnya international network atau internet.

Pada pertengahan tahun1990 merupakan tonggak yang paling bersejarah dalam dunia jaringan komputer. Pada tahun ini Tim Benners Lee berhasil merancang sebuah program penyunting dan penjelajah komputer satu dengan lainnnya melalui sebuah jaringan. Program inilah yang kemudian disebut sebagai World Wide Web” atau www.

Pada tahun 1992 sudah ada sekitar satu juta komputer yang terhubung dengan jaringan. Kemudian pada tahun 1994 mulailah muncul sekitar 3000 alamat halaman situs internet. paada taahun ini pula mulai muncul virtual-shopping. Paada tahun 1994 pula lahirlah Yahoo! sebagai sebuah mesin pencari.

Berbagai Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer biasanya dibedakan menjadi 5 macam yakni menurut jangkauan geografis, distribusi sumber data, media transmisi data, peran dan hubungan tiap komputer dalam pemrosesan data, dan jenis topologi yang digunakan. Berikut ini akan dijelaskan macam-macam jaringan komputer secara lengkap :

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jangkauan geografis berarti adalah jangkauan nyata yang ada di muka bumi. Suatu jaringan didesain khusus untuk bisa mencakup suatu luasan wilayah tertentu. Berdasarkan hal tersebut, ada 3 macam jaringan komputer menurut jangkauan geografisnya yaitu :

a. LAN
LAN adalah singkatan dari Local Area Network. LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil saja, misalnya seperti kantor, warnet, atau sekolah. Luas area LAN umumnya tidak lebih dari 1 km2.

Jaringan komputer LAN biasanya menggunakan teknologi IEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan transfer mencapai 10, 100, atau bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan Ethernet, jaringan  komputer LAN juga bisa menggunakan teknologi Wifi.

b. MAN
MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network. MAN adalah jaringan komputer yang bisa mencakup satu wilayah kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan MAN biasanya merupakan gabungan dari beberapa LAN. MAN memiliki jangkauan luas mencapai 10 – 50 km persegi.

c. WAN
WAN adalah singkatan dari Wide Area Network. Seperti namanya, jaringan komputer ini memiliki cakupan wilayah yang sangat luas dan bahkan bisa meliputi 1 negara atau benua. WAN memiliki fungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan lokal agar pengguna bisa saling bekomunikasi walaupun terhalang jarak yang jauh.

2. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

a. Jaringan Terpusat
Jaringan komputer terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan server. Komputer client bertugas sebagai alat untuk mengakses sumber informasi. Komputer server bertugas sebagai pusat informasi.

b. Jaringan Terdistribusi
Jaringan terdistribusi adalah perpaduan dari beberapa jaringan terpusat, sehingga komputer server dan client saling terhubung dan bisa membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

3. Berdasarkan Media Transmisi Data

a. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Jaringan ini memungkinkan antara satu pengguna dan pengguna lainnya bisa terhubung dengan jaringan internet dengan media transmisi berupa kabel UTP. Lebih lengkapnya lihat Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Perkembangannya.

b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Media transmisi data jaringan nirkabel adalah gelombang elektromagnetik. Jaringan ini semakin berkembang luas saat ini dan biasa dikenal sebagai Wifi.

Itulah informasi mengenai pengertian jaringan komputer beserta sejarah, manfaat, serta jenis-jenis jaringan komputer yang penting untuk Anda pahami. Jangan lupa lihat juga Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya jika anda masih belum mengetahuinya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, Sejarah, dan Macamnya