Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Budaya, Ciri-Ciri dan Unsurnya Lengkap

Pengertian Budaya - Sampai dengan saat ini, banyak orang yang masih menghubungkan budaya dengan segala sesuatu yang bersifat tradisional seperti tarian adat, baju adat. Namun apakah budaya hanya terbatas pada hal tersebut atau budaya memiliki ciri atau unsur lain yang tidak diketahui oleh masyarakat?
Pengertian Budaya, Ciri-Ciri dan Unsurnya

Untuk lebih dapat memahami budaya dari sisi pengertian budaya, ciri serta unsur yang terdapat dalam budaya berikut telah kami rangkum penjelasannya untuk Anda. 

Pengertian Budaya

Pengertian budaya adalah cara hidup yang berkembang dan menjadi milik bersama dalam sebuah kelompok masyarakat yang diwariskan secara turun-menurut dari generasi ke generasi. Budaya dibentuk dari banyak unsur yang rumit seperti adat istiadat, sistem agama dan politik, bahasa dan masih banyak lagi. Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa budaya berhubungan dengan akal atau pemikiran manusia yang selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Budaya dan Kebudayaan

Sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat yang menilai bahwa budaya dan kebudayaan memiliki arti yang sama, padahal meskipun saling berhubungan namun budaya dan kebudayaan memiliki pengertian yang berbeda.

Pengertian kebudayaan adalah hal dari sebuah pemikiran, cara, sistem, aturan yang mengatur cara individu berinteraksi dengan lingkungannya. Sementra kebudayaan adalah hasil dari budaya itu sendiri.

Contohnya, setiap agama atau kepercayaan mewajibkan secara rutin bagi para pengikutnya harus membaca kitab suci secara rutin. Dulu masyarakat harus membawa kitab suci dalam bentuk buku pada saat menghadiri acara rohani Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat kini untuk dapat membaca kitab suci masyarakat tidak lagi harus membawa kitab suci dalam bentuk buku karena sekarang kitab suci tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dibuka lewat handphone. 

Contoh ini menjelaskan bahwa kewajiban untuk membaca kitab suci secara rutin adalah bagian dari budaya sedangkan kebudayaannya adalah perubahan bentuk atau fisik dari kitab suci yang pada awalnya masih dalam bentuk buku namun dalam rangka menyesuaikan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat maka kitab suci dirubah menjadi sebuah aplikasi sehingga dapat dibuka melalui handphone dan jauh lebih praktis.

Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang kebudayaan anda bisa melihat Pengertian Kebudayaan, Unsur-Unsur dan Karakteristik yang sudah kami bahas sebelumnya.

Ciri-Ciri Budaya

Sesuatu disebut sebagai budaya apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut;

1. Disampaikan Melalui Simbol

Budaya hanya bisa disampaikan apabila masyarakat atau individu mengerti simbol – simbol yang terdapat dalam masyarakat tempatnya berada. Simbol – simbol bisa dalam bentuk bahasa, tarian atau lukisan yang ditemukan dan sering disebut sebagai peninggalan masa lalu.

Bahasa tidak hanya terbatas apa yang dikatakan melalui mulut saja, namun bahasa juga bisa dalam bentuk gerakan, mimik atau benda berupa lukisan-lukisan yang biasa ditemukan dan disebut sebagai peniggalan masa lalu.

Apabila seseorang tidak memahami simbol – simbol tersebut maka budaya tidak bisa disampaikan atau tersampaikan dengan baik karena bisa terjadi pemahaman yang berbeda antara pihak yang menyampaikan pesan dengan pihak yang menerima pesan.

2. Diwariskan Secara Turun-Menurun

Disebut sebagai budaya apabila di wariskan secara turun – menerun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Selain diwariskan budaya juga harus tetap dilakukan untuk mempertahankan kelestariannya.

3. Budaya adalah Hasil Belajar

Untuk memperkenalkan dan mewariskan suatu budaya tidak hanya dilakukan dengan cara memberitahukannya secara lisan namun generasi penerus harus mempelajarinya secara langsung serta mempraktekannya dalam kehidupan sehari-harinya.

Misalnya negara Indonesia dikenal karena memiliki budaya sopan-santunnya maka cara agar budaya tersebut tetap terjaga adalah tidak cukup dengan menceritakan kepada generasi penerus namun juga harus membiasakan mereka dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Anda sejak kecil selalu diajarkan oleh orang tua untuk memanggil orang yang usianya lebih tua dari Anda dengan sebutan kakak, paman, tante. Tidak hanya, orang tua akan selalu membiasakan anaknya dalam menerima segala sesuatu dan makan dengan menggunakan tangan kanan. Ini menjadi bentuk yang paling sederhana bagaimana sebuah budaya diwariskan secara turun-menurun.

Unsur-Unsur Budaya

Budaya memiliki beberapa unsur didalamnya yaitu ;

1. Berhubungan dengan Perilaku Tertentu

Budaya berhubungan dengan perilaku tertentu yang terdapat dalam sebuah kelompok dalam masyarakat. Perilaku bisa berupa sikap, contohnya adalah cara ketika berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang yang lebih tua yang tentunya Anda harus menambahkan kata  kak, paman, tante didepannya. Selain itu Anda juga tidak diperbolehkan untuk berkata-kata kasar kepada siapapun termasuk kepada teman-teman Anda.

2. Berhubugan dengan Kebiasaan

Budaya yang berada ditengah masyarakat dan sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan kebiasaan sehingga seringkali Anda menjadi tidak sadar bahwa apa yang dilakukan adalah bagian dari budaya. Misalnya memberikan sesuatu kepada orang lain dengan menggunakan tangan kanan, menjaga sopan – santun pada saat berbicara dengan orang yang lebih tua dan menggunakan kemeja, batik atau kebaya pada saat menghadiri acara yang bersifat resmi seperti acara wisuda.

3. Berhubungan dengan Kepercayaan

Kepercayaan tidak hanya terbatas pada agama saja namun kepercayaan juga bisa berhubungan dengan mitos-mitos yang sampai dengan saat ini masih dipercayai oleh masyarakat. Seperti Anda para wanita harus menghabiskan makanan sampai bersih karena apabila masih ada yang tertinggal dipercaya nantinya akan mendapatkan suami yang memiliki brewok.

Selain itu masyarakat Tionghoa yang percaya bahwa kalau membersihkan rumah alias menyapu harus dari luar rumah ke dalam rumah karena apabila menyapu dari dalam ke luar akan membuang rezeki yang ada didalam rumah. Sebaliknya menyapu dari luar ke dalam rumah akan membawa masuk rezeki yang ada diluar ke dalam rumah.

4. Berhubugan dengan Adat Istiadat

Adat istiadat berhubungan erat dengan norma atau aturan yang berlaku dalam masyarakat, berfungsi untuk mengatur cara berperilaku individu saat bermasyarakat. Contohnya adalah adat istiadat yang ada di Aceh, dimana bagi mereka yang ketahuan berselingkuh atau melakukan tindakan asusila maka akan diberikan hukuman cambuk baik untuk pria maupun wanita didepan masyarakat umum.

Hukuman tersebut adalah jenis hukum sosial yang tujuannya adalah untuk membuat pelaku menjadi jera sehingga tidak melakukannya lagi serta menjadi peringatan bagi semua masyarakat bahwa hukuman tersebut berlaku bagi siapa saja yang melanggarnya.

5. Berhubungan dengan Tradisi

Tradisi berhubungan erat dengan upacara yang dilakukan untuk memperingati suatu kejadian atau peristiwa. Seperti upacara Ngaben di Bali yaitu prosesi pembakaran jenaza oleh pihak keluarga yang tujuannya agar kerabat yang meninggal jiwanya menjadi tenang.

Budaya bisa saja dilupakan bahkan menghilangkan apabila tidak adanya keinginan atau minat dari generasi penerus untuk menjaga dan kembali mewariskannya kepada keturunan selanjuntya. Nah, semoga ulasan tentang pengertian budaya dan seluk beluknya diatas bisa bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Budaya, Ciri-Ciri dan Unsurnya Lengkap