Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Lengkap

Pengertian bisnis secara umum adalah suatu organisasi yang melakukan kegiatan penjualan barang maupun jasa kepada konsumen dengan tujuan memperoleh laba.  Secara historis bisnis berasal dari bahasa inggris (business).  Bisnis dalam Bahasa Inggris terdiri dari kata busy yang berarti sibuk.

Dalam konteks individu, kelompok maupun masyarakat, arti kata sibuk dapat dipahami sebagai keadaan dimana seseorang sibuk mengerjakan pekerjaan atau aktivitas yang mendatangkan keuntungan. Secara etimologi, bisnis dapat dimaknai sebagai suatu kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang sedang sibuk melakukan pekerjaan dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Lengkap

Kata binis sendiri mempunyai tiga cakupan penggunaan. Pertama, pada penggunaan singular,  kata bisnis merujuk pada suatu badan usaha yakni kesatuan yuridis, ekonomis dan teknis yang bertujuan memperoleh keuntungan atau laba.  Untuk penggunaan lebih luas yaitu pada cakupan sektor tertentu misalnya “bisnis travel agen”. Penggunaan yang paling luas akan merujuk pada keseluruhan aktivitas yang djalankan oleh suatu komunitas penyedia barang dan jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Ahli

Pengertian bisnis menurut Peterson seorang pakar ekonomi dari Rusia adalah suatu rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara konsisten dan terus berulang.    Menurut Peterson, proses penjualan barang maupun jasa yang hanya terjadi sekali saja bukan merupakan pengertian bisnis.

Oleh Prof.L.R.Dicksee pengertian bisnis tersebut dilengkapi  menjadi sebuah bentuk kegiatan yang berfokus pada tujuan untuk meraih keuntungan bagi pihak yang berkepentingan atau yang mengusahakan terjadinya kegiatan tersebut. 

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah sebuah bentuk aktivitas atau kegiatan yang memiliki tujuan untuk mencari dan memperoleh keuntungan  pihak-pihak yang melakukan kegiatan usaha tersebut. Kegiatan usaha dalam pengertian bisnis adalah sebuah kegiatan yang berlangsung secara terus-menerus dan senantiasa memberikan keuntungan.

Manfaat Bisnis

Memperoleh keuntungan dalam bentuk uang ialah salah satu manfaat yang diperoleh dari proses menjalankan bisnis. Masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan bisnis.  Berikut ini kami jabarkan terkait tentang  manfaat-manfaat bisnis:  Silahkan disimak.

1. Memperoleh Pengakuan / Penghargaan
Pengakuan atau penghargaan dapat kita peroleh dengan konsisten menjalan kegiatan bisnis. Bisnis yang berhasil tumbuh dan terus berkembang akan memberikan dampak positif bagi diri kita sendiri khususnya dan masyarakat pada umumnya.  Bisnis yang sukses dan berdampak positif tentunya akan mendorong orang memberikan pengakuan positif akan capain kesuksesan Anda bukan?

2. Berkesempatan Menjadi Bos Bagi Diri Sendiri
Dengan memiliki bisnis yang Anda kelola dan rintis sendiri, secara tidak langsung Anda sudah menjadi bos bagi diri sendiri. Kapan lagi dapat menjadi bos diri Anda sendiri jika bukan dari bisnis yang Anda  buat dan kelola sendiri? Dengan kegiatan bisnis, Anda menjadi kunci perjalanan bisnis Anda.

3. Dapat Menggaji Diri Sendiri
Selain menjadi bos bagi diri Anda sendiri, merintis dan menjalan bisnis juga akan membuka kesempatan Anda untuk bisa menggaji diri Anda sendiri. Itulah manfaat positif yang dapat Anda rasakan dengan membangun bisnis Anda. Tentunya jumlah penghasilan yang bersumber dari penghasilan Anda juga dapat Anda tentukan sendiri.

4. Berkesampatan Secara Mandiri Mengatur Waktu Anda Sendiri
Anda dapat melakukan pengaturan jam kerja sendiri. Berbeda dengan menjadi karyawan atau pegawai yang  harus bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditentukan atasan Anda, dengan berbisnis jam kerja Anda menjadi lebih fleksibel. Bahkan jika bisnis Anda sudah mulai mengalami peningkatan, Anda dapat melakukan perekrutan pegawai untuk mengurangi beban kerja Anda sehingga waktu bersama keluarga tercinta  dapat Anda nikmati.

5. Peluang Memiliki Masa Depan yang Cerah
Dengan berbisnis, Anda dapat melakukan pengaturan secara mandiri akan rencana-rencana masa depan Anda. Semakin Anda giat, gigih dan kerja keras dalam membangun bisnis  maka masa depan cerah akan menanti Anda.

Tujuan Bisnis

Kegiatan bisnis dijalankan melalui tahap pengolahan bahan hingga diproduksi untuk menjawab kebutuhan konsumen. Produk tersebut dapat berupa barang maupun jasa. Proses pemasaran produk yang efektif nantinya akan mempengaruhi semakin meningkatnya keuntungan yang diperoleh pelaku bisnis tersebut.

Tujuan dibangunnya sebuah kegiatan bisnis  tidak hanya untuk menghasilkan keuntungan semata. Lalu, apa saja keseluruhan tujuan dari dibangunnya sebuah aktivitas bisnis?  Berikut ini tujuan-tujuan  dibangunnya sebuah bisnis:

• Profit
• Kesejahteraan masayarakat dan pemilik faktor produksi
• Pengadaan barang atau jasa
• Prestise dan prestasi
• Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
• SDM yang Berkualitas
• Pertumbuhan atau Kemajuan Bisnis

Selain  tujuan-tujuan di atas, para pelaku bisnis juga memiliki tujuan yang secara pribadi ingin mereka capai dalam menggeluti dunia bisnis. Meskipun keuntungan menempati posisi utama, para pebisnis juga memiliki tujuan-tujuan lain yang ingin dicapai diantaranya:

• Ingin mencapai kemakmuran.
• Ingin memenuhi kebutuhan keluarga.
• Ingin namanya  dikenal banyak orang karena bisnis yang dirintis.
• Ingin  meneruskan usaha keluarga yang telah dirintis generasi sebelumnya.
• Ingin mencoba tantangan dan  hal yang baru.
• Ingin memanfaatkan waktu luang agar  waktu tidak terbuang sia-sia.
• Ingin memiliki usaha sendiri dan tidak bergantung orang lain.
• Ingin mendapatkan pengakuan positif dari masyarakat akan kesuksesan bisnis yang diraih.

Fungsi Bisnis

Nah, jika diatas telah disinggung mengenai pengertian bisnis, selanjutnya pada bab ini kita akan kupas fungsi dari bisnis. Faktanya, aktivitas bisnis berfungsi dalam menciptakan nilai (kegunaan suatu produk) jika semula kurang bernilai, setelah diolah akan berubah menjadi dapat berfungsi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nilai Kegunaan yang dihasilkan dalam aktivitas bisnis hingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terangkung dalam fungsi utama  bisnis.  Berikut ini 4  fungsi utama bisnis menurut Peterson seorang pakar Ekonomi:

• Bisnis berfungsi untuk melakukan pengubahan bentuk bisnis(form utility). Fungsi ini kita kenal dengan sebutan fungsi produksi.
• Bisnis berfungsi untuk melakukan bentuk (place utility) yang sering kita kenal  sebagai fungsi distribusi
• Bisnis melakukan pengubahan kepemilikan (possessive utility) yang sering kita kenal sebagai fungsi penjualan
• Bisnis berfungsi melakukan penundaan waktu kegunaan. (time utility) yang sering kita kenal dengan fungsi pemasaran.

Selain itu Steinhoff juga mengungkapkan tiga fungsi utama dalam kegiatan bisnis yaitu:

• Bisnis berfungsi melakukan pencarian bahan mentah (acquiring raw material)
• Bisnis berfungsi melakukan pengolahan bahan mentah menjadi barang siap jadi(manufacturing raw materials into product).
• Bisnis berfungsi melakukan pengiriman barang yang sudah jadi agar sampai ke tangan konsumen (distributing product to consumers).


Semoga ulasan terkait pengertian bisnis serta seluk beluknya diatas, bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Bisnis, Fungsi, Manfaat dan Tujuan Lengkap