Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Sepak Bola, Sejarah, Peraturan dan Organisasinya

Pengertian Sepak Bola - Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Olahraga ini, bisa dibilang yang paling populer di seluruh belahan dunia. hampir di setiap negara, masyarakatnya pasti menggemari olahraga ini. selain mudah dimainkan, tak butuh modal untuk memainkannya. yang penting tersedia tanah yang lapang, dan satu buah bola, maka permainan pun bisa dimainkan dengan riang gembira.
Pengertian Sepak Bola, Sejarah, Peraturan dan Organisasinya

Pengertian Sepak Bola

Ada beberapa ahli yang telah merumuskan pengertian sepak bola, dan berikut beberapa diantaranya.

1. Muhyi Faruq
Sepak bola adalah bentuk olahraga fisik yang bisa menyehatka tubuh, menguatkan mental, memperluas kehidupan sosial, dan mencetak prestasi. Olahraga sepakbola memerlukan aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur.

2. Hasan Alwi (KBBI 2003)
Sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari 2 kelompok berlawanan dengan masing-masing tim terdiri atas sebelas pemain dan memiliki tujuan untuk mencetak gol ke gawang musuh.

3. Muhajir
Sepak bola adalah suatu permainan bola yang dilakukan dengan jalan menyepak dan memiliki tujuan untuk menendang bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

4. Luxbacher
Pertandingan sepakbola dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing anggotanya berjumlah 11 orang. Tujuan dari pertandingan ini adalah mempertahankan gawang tim dan berusaha menjebol gawang musuh.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang sudah sangat tua. sejarah mencatat bahwa sepak bola sudah ada dan berasal dari Tiongkok sejak abad ke-2 sebelum masehi. Pada masa Dinasti Han, masyarakat Cina sudah banyak yang memainkan permainan menggiring bola kulit kemudian menendangnya ke jaring kecil. Permainan bola kulit ini kemudian menyebar sampai ke Jepang dan diberi nama Kemari.

Pada abad ke-16 permainan menggiring bola ini sampai di Italia dan menjadi sangat digemari di sana. Selain itu, permainan ini juga terkenal di Inggris dan berkembang menjadi lebih modern. Permainan menggiring bola menjadi sebuah kompetisi dan sekaligus pertunjukan yang menghibur. Tak jarang pula kompetisi ini menimbulkan kericuhan dan perselisihan, sehingga pada tahun 1365 Raja Edward III mengeluarkan larangan permainan sepak bola.

Pada tahun 1815 merupakan awal kebangkitan kembali permainan sepak bola. Olahraga ini banyak dimainkan di lingkungan sekolah atau universitas. Permainan sepak bola modern sendiri lahir pada tahun 1863 di Freemasons Tavern. Pada waktu itu, puluhan sekolah dan klub sepak bola merumuskan aturan permainan ini secara resmi. Berikutnya, pada tahun 1869, aturan dilarang menyentuh bola dengan tangan pada permainan sepak bola mulai diberlakukan.

Sejak saat itu, permainan sepak bola mulai diperkenalkan di seluruh dunia oleh para pelaut, tentara, atau pedagang yang berkelana ke berbagai penjuru dunia. Hingga pada tahun 1904, dibentuklah sebuah badan resmi yang mengatur klub-klub sepak bola di seluruh dunia dengan nama FIFA.
   

Peraturan Dasar Permainan Sepak Bola

Sebagai suatu olahraga modern, sepak bola memiliki aturan-aturan resmi yang harus diikuti oleh pemain atau penyelenggara olahraga ini. Berikut ini adalah aturan resmi sepak bola yang telah dikeluarkan oleh FIFA :

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Pertandingan sepak bola yang resmi harus dilakukan di sebuah lapangan rumput hijau yang memiliki ukuran panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter.

2. Ukuran Bola

Bola yang digunakan dalam sebuah permainan resmi sepak bola harus memiliki ukuran diameter antara 27-28 inchi atau sekitar 68-70 cm. Ukuran bola ini tidak boleh melebihi atau kurang dari ukuran yang telah ditetapkan tersebut.

3. Jumlah Pemain Sepak Bola

Sepakbola dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Satu tim terdiri dari 10 pemain dan 1 penjaga gawang. Dalam satu tim tidak boleh lebih dari 7 orang. Dalam sebuah permainan resmi, 1 tim hanya boleh mengganti pemainnya sebanyak 3 kali. Tapi dalam sebuah permainan persahabatan, 1 tim boleh mengajukan pergantian pemain hingga sebanyak 7 kali.

4. Atribut Pemain

Para pemain sepak bola wajib mengenakan setelan jersey, sepatu olahraga, kaos kaki, serta tambahan sarung tangan dan penutup kepala untuk penjaga gawang.

5. Durasi Permainan

Pertandingan sepak bola resmi terdiri dari 2 babak dengan masing-masing berdurasi 45 menit. Terdapat jeda 15 menit diantara 2 babak. Jika dalam waktu 90 menit belum ada tim yang menang, maka pertandingan akan ditambah selama 2x15 menit.

Anda juga bisa melihat Teknik Dasar dan Strategi Sepak Bola yang juga sudah kami bahas pada artikel sebelumnya supaya menambah wawasan lebih mengenai seluk beluk olahraga sepak bola.

Organisasi Sepak Bola di Dunia

Organisasi sepak bola ada dalam berbagai tingkatan. Mulai dari organisasi di tiap negara, benua, hingga dunia. Berikut ini berbagai macam organisasi sepak bola mulai dari yang terbesar hingga di tingkat negara :

1. FIFA
FIFA adalah singkatan dari Federation International Football Association. FIFA ini menjadi organisasi tertinggi yang menaungi olahraga sepakbola di dunia. FIFA juga menjadi induk bagi organisasi-organisasi persepakbolaan di semua benua dan negara. FIFA didirikan pada tanggal 21 Mei 1904.

Tugas umum dari FIFA adalah mempromosikan dan emmajukan sepak bola ke seulurh dunia. Selain itu, FIFA juga mengatur berbagai peraturan dalam permainan sepak bola, menyelenggarakan event pertandingan, serta mengawasi transfer pemain antar klub. FIFA juga berhak memberikan predikat pemain terbaik serta menyusun peringkat FIFA tiap bulannya.


2. UEFA
UEFA adalah singkatan dari Union of European Football Associations dan merupakan badan administratif yang mengatur persepakbolaan di Benua Eropa. UEFA menjadi badan persepakbolaan yang terbesar di dunia jika dilihat dari segi keuangan dan pengaruhnya terhadap dunia sepakbola.

UEFA sendiri didirikan pada tanggal 15 Juni 1954 di Basel Swiss. Sejak tahun 1995, pusat administrasi UEFA berada di Nyon Swiss dan organisasi ini juga memiliki 53 asosiasi sepak bola nasional di bawah naungannya.

3. AFC
AFC adalah singkatan dari Asian Football Confederation dan merupakan badan yang bertugas mengatur perssepakbolaan di Asia (tidak termasuk Siprus dan Israel). AFC hingga saat ini memiliki 46 negara anggota yang mayoritas ada di wilayah Asia. Bagi negara-negara yang memiliki wilayah di Asia dan juga Eropa seperti Turki, Kazakhstan, dan Rusia tidak masuk dalam AFC tapi masuk UEFA.

AFC berdiri pada tanggal 8 Mei 1954 dan secara resmi mendapatkan pengakuan dari FIFA pada tanggal 21 Juni 1954. Saat ini AFC memiliki kantor di Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia.

Selain 3 organisasi besar sepakbola di dunia tersebut, ada juga beberapa organisasi lain yaitu CONMEBOL (Amerika Selatan), CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), dan OFC (Oseania).

Itulah pembahasan mengenai pengertian sepak bola serta berbagai macam hal-hal penting tentang olahraga sepakbola yang sebaiknya Anda pahami, khususnya buat penggemar bola.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Sepak Bola, Sejarah, Peraturan dan Organisasinya