Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Kompenen dan Manfaat

Pengertian Kebugaran Jasmani - Istilah kebugaran jasmani selalu dihubungankan dengan dunia kesehatan dan olahraga sehingga menjadi tidak asing ditelinga. Namun sayanganya banyak dari kita yang kurang memahami pengertian kebugaran jasmani beserta dengan unsur yang terkandung didalamnya, secara lebih kompleks.
Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Kompenen dan Manfaat

Karena itu, untuk membantu yang belum memahami mengenai pengertian kebugaran jasmani, konsep, kompenen dan manfaatnya. Berikut kami telah merangkumnya untuk Anda.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Sudarno (1992) memberikan pengertian kebugaran jasmani sebagai kemampuan yang dimiliki oleh tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas tanpa mengalami kelelahan. Tidak hanya itu, menurut Sudarno tubuh manusia memiliki cadangan energy yang bisa digunakan pada saat tubuh mengalami kelelahan.

Sementara itu, Sutarman memberikan pengertian kebugaran jasmani sebagai sebuah aspek fisik dan kebugaran yang bersifat menyeluruh sehingga membuat manusia dapat menjalani kehidupannya secara produktif dan memiliki kemampuan dalam menanggung beban fisik yang layak.

Sedangkan pengertian kebugaran jasmani menurut Prof. Soedjatmo Soemowardoyo adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan serta memiliki kemampuan untuk melakukan perkerjaan fisik dengan efisien tanpa merasa lelah.

Berdasarkan ketiga definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan yang dimiliki oleh tubuh dalam melakukan berbagai macam akttifitas tanpa mengalami kelelahan dan tubuh memiliki cadangan energi yang bisa digunakan untuk menjalani aktifitas lainnya.

Konsep Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tidak hanya berbicara mengenai kesehatan saja namun lebih dari itu, kebugaran jasmani juga digunakan sebagai alat ukur bagi individu dalam melakukan aktifitasnya setiap harinya. Dimana terdapat tiga hal penting dalam kebugaran jasmani.

1. Fisik
Yang termasuk dalam kategori fisik dalam kebugaran jasmani adalah otot, tulang dan lemak

2. Fungsi Organ
Fungsi organ dalam kebugaran jasmani adalah sistem jantung, paru-paru atau pernafasan serta pembuluh darah

3. Respon Otot
Respon otot berbicara mengenai kecepatan, kekuatan dan kelemahan.

Komponen Kebugaran Jasmani

Berikut adalah 10 komponen dalam kebuguran jasmani;

1.  Kekuatan (Strength)
Kekuatan adalah kemampuan yang dimiliki oleh otot dalam menanggung beban pada saat melakukan aktifitas dimana secara alami otot tubuh memiliki kekuatan. Meskipun demikian, untuk dapat menggunakan kemampuan otot secara maksimal  harus dilatih secara rutin dan bertahan. Contohnya adalah anak bayi yang pada awalnya adalah belajar untuk merangkak terlebih dahulu sebelum belajar untuk berjalan.

2. Daya Tahan (Endurance)
Daya tahan berhubungan dengan ginjal, jantung dan paru-paru yang bekerja secara efisien dan efektif. Untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan latihan ringan namun konsistem seperti olahraga lari, senam dan berenang.

3. Daya Otot (Muscular Power)
Daya otot adalah kemampuan tubuh dalam menghasilkan sebanyak mungkin kekuatan yang akan digunakan secara maksimum dalam waktu yang singkat. Contohnya adalah penggunaan otot pada saat petinju melayangkan pukulan keras. Bila kurang jelas silahkan baca Latihan dan Tes Kekuatan Otot untuk pemahaman lebih dalam mengenai bagaimana melatih daya otot.

4. Kecepatan (Speed)
Kecepatan adalah kemampuan dalam mengunakan waktu sesingkat mungkin untuk melakukan gerakan secara terus-menerus. Kemampuan ini menjadi sangat bergguna dalam berbagai macam jenis aktifitas terutama untuk aktifitas yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti berenang, olahraga balap sepeda serta sprint 100 m dan 200 m.

5. Daya lentur (Flexibility)
Daya lentus adalah kemampuan tubuh manusia untuk beradaptasi dengan berbagai macam gerakan tubuh yang membutuhkan kelenturan. Untuk membuat tubuh memiliki daya lentur yang baik maka olahraga seperti balet, senam, yoga dan renang adalah pilihan terbaik.

Daya lentur menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh semua orang untuk melindungi tubuh dari resiko cidera yang mungkin terjadi pada saat tubuh melakukan gerakan yang sulit.

6. Kelincahan (Agility)
Kelincahan berhubungan dengan respon tubuh pada saat harus melakukan gerakan cepat dengan posisi yang berbeda. Seperti kecepatan dalam melakukan perpindahan dari depan ke belakang atau dari kanan ke kiri. Contohnya silahkan lihat Bentuk Latihan dan Tes Kelincahan yang sudah kami berikan.

Pencak silat, kungfu, karate, bulu tangkis, tenis meja, sepak bola dan sepak bola adalah beberapa jenis olahraga yang membutuhkan kelicahan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Pengertian Pencak Silat dan Tekniknya. Salah satu cara untuk meningkatkan kelincahan tubuh adalah dengan cara lari zig zag dan turun naik tangga serta gerakan untuk menghindar dan menyerang dalam olahraga beladiri.

7. Koordinasi (Coordination)
Kordinasi berhubungan dengan kemampuan tubuh dala mengintegrasi setiap gerakan tubuh yang berbeda ke dalam satu gerakan yang cepat dan efektif. Seperti juggling yang hanya bisa dilakukan apabila Anda memiliki kordinasi yang baik dalam mengerakan kaki, kepada, bahu dan seluruh anggota tubuh. Selain jungling, para pemain sirkus dan olahraga hula hop juga membutuhkan kordinasi yang baik.

Pada intinya adalah kemampuan untuk melakukan koordinasi tubuh membutuhkan tingkat konsentara tinggi, insting yang kuat serta latihan yang rutin.

8. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan berhubungan dengan kemampuan tubuh dalam mengatur seluruh organ tubuh serta syaraf otot sehingga tubuh memiliki kemampuan untuk mengendalikan aktifitas dengan baik.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih keseimbagan adalah berdiri di atas satu kaki, berjalan diatas satu balok atau berdiri dengan menggunakan  tangan dalam posisi tubuh terbalik.

9. Ketepatan (Accuracy)
Ketepatan berbicara mengenai kemampuan tubuh dalam mengendalikan setiap gerak dan membidik sasaran dengan tepat dan akurat. Ketepatan memerlukan konsentara yang baik dan bisa dilatih dengan melempar bola untuk dimasukan ke dalam keranjang. Bowling, golf, basket, memanah dan menembah adalah jenis olahraga uang memerlukan ketepatan atau akurasi.

10.  Reaksi (Reaction)
Reaksi adalah kemampuan tubuh dalam memberikan respon terhadap gerakan atau rangsangan yang berasal dari orang lain atau objek lain. Hampir semua jenis olahraga beladiri seperti gerakan menghindar, menangkis dan menyerang membuat reaksi gerak tubuh yang cepat dan tepat.

Sedangkan catur adalah jenis permainan yang membutuhkan reaksi cepat namun tidak secepat pada saat melakukan olahraga beladiri, karena permainan catur lebih menitikberatkan pada pemikiran, strategi serta pertimbangan yang matang sebelum mengambil keputusan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki manfaat sebagai berikut

1. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
2. Meningkatkan stamina sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga
3. Membantu proses pemulihan organ-organ tubuh secara cepat setelah melakukan latihan
4. Meningkatkan respon tubuh
5. Mengurangi resiko mengalami obesitas serta penyakit tubuh
6. Menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi depresi

Nah, itu dia ulasan mengenai pengertian kebugaran jasmani dan seluk beluknya. Intinya, kebugaran jasmani sangatlah penting bagi tiap individu, karena sangat  berpengaruh terhadap kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Kompenen dan Manfaat