Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Akuntansi, Serta Ruang Lingkupnya Lengkap

Pengertian Akuntansi - Sebuah perusahaan ataupun lembaga tidak bisa terlepas dari kegiatan akuntasi. Karena kegiatan akuntasi bertujuan untuk memberikan laporan keuangan yang digunakan oleh pemilik atau orang yang bersangkutan demi kepentingan perusahaan atau lembaga. Akuntansi memiliki dasar-dasar yang harus diketahui oleh orang-orang yang berkaitan langsung dengan kegiatan akuntansi. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan tentang pengertian akuntansi dan ruang lingkupnya.
Pengertian Akuntansi, Serta Ruang Lingkupnya Lengkap

Pengertian akuntansi adalah  proses mencatat, mengikhtisarkan, melaporkan dan menginterprestasikan data ekonomi untuk digunakan oleh pengguna informasi. Sedangkan dari sudut pandangnya, pengertian akuntansi di bagi menjadi 2.

• Fungsi dan kegunaan
Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, pengertian akuntasi ialah kegiatan jasa untuk memberikan sebuah informasi kuantitatif mengenai kesatuan ekonomi yang bersifat kesatuan.

• Proses kegiatan
Akuntansi dalam proses kegiatan yaitu seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksittransaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagaian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya.

Pemakai Informasi Akuntansi

1. Investor
Investor mengunakan akuntansi untuk mengetahui keuangan dan prospek perusahaan untuk waktu yang akan datang.

2. Bank dan Pemasok
Untuk menilai sehat tidaknya keuangan suatu perusahaan dan menaksir besarnya resiko, sebelum bank memberikan pinjaman atau memberikan kredit barang.

3. Lembaga pemerintah
Digunakan untuk kepentingan perpajakan

4. Karyawan dan serikat pekerja
Untuk mengetahui stabilitas dan profitabilitas perusahaan tempat mereka bekerja

5. Manajemen
Membantu dalam mengevaluasi operasi yang sedang berjalan dan merencanakan operasi mendatang. Untuk mengetahui lebih dalam lihat Pengertian Manajemen, Tujuan, Unsur, dan Fungsinya pada laman kami tersebut.

Cabang Akuntansi

1. Akuntansi Keuangan
Akutansi keuangan menghasilkan laporan keuangan untuk pihak ekstern, contohnya investor dan kreditor.

2. Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen menghasilkan laporan untuk pikah intern organisasi atau manajemen.

3. Akuntansi Pemerintah
Akuntansi pemerintah memproses traksaksi keuangan pemerintah untuk menghasilkan sebuah laporan keuangan dalam bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat saat menggunakan APBN/APBD.

Setelah mengetahui pengertian akuntansi dan pemakai informasi akuntansi serta cabang akuntansi, maka harus mengetahui siklus akuntansi juga, seperti penjelsan dibawah ini.

a. Siklus akuntansi pertama yaitu mencatat data ke dalam dokumen transaksi atau bukti transaksi. Pencatatan ini haruslah serinci mungkin sehingga menampung semua informasi yang diperlukan. Dalam bukti transaksi harus mencantumkan setidaknya tanggal terjadinya transaksi, jumlah nilai uang serta pihak yang terlibat dalam transaksi.

b. Siklus akuntansi kedua yaitu menganalisis dan mencatat transaksi ke dalam buku jurnal atau buku harian. Buku jurnal berfungsi sebagai analisis, pencatatan dan histori.

c. Siklus akuntansi ketiga yaitu memposting transaksi ke dalam buku besar, dengan cara memindahkan debet serta kredit dari jurnal ke dalam buku besar. Memposting data transaksi haruslah secara berkala dan teratur.

d. Siklus akuntansi keempat yaitu mencocokkan keseimbangan buku besar dengan menyiapkan neraca saldo. Neraca saldo berfungsi menyamakan saldo debet serta saldo kredit.

e. Siklus akuntansi kelima yaitu membuat jurnal penyesuaian dan memasukkan jumlahnya ke dalam neraca saldo. Jurnal penyesuaian berfungsi untuk memisahkan antara pendapatan dan beban dari periode satu ke periode lainya.

f. Siklus akuntansi keenam yaitu menjurnal serta memindahkan ke neraca lajur. Neraca lajur berfungsi untuk memudahkan dalam membuat penyesuaian serta membuat laporan keuangan dengan cara memindahkan data yang ada dari neraca saldo dan jurnal penyesuaian.

g. Siklus akuntansi terkahir yaitu menyusun laporan keuangan berupa laporan laba rugi, perubahan modal dan neraca. Laporan keuangan berfungsi untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan pemilik perusahaan.

Prinsip Akuntansi

Prinsip Konsep Kesatuan Usaha
Konsep ini merujuka pada daya terap akuntasi pada ekonomi masyarakat, seperti:

• Unit pemerintah, Negara, kota dan sekolah negeri
• Unit ekonomi tidak mencari laba seperti rumah sakit, lembaga amal dan tempat ibadah
• Unit perorangan
• Unit keluarga
• Unit perusahaan dibentuk guna mendapatkan laba

Prinsip Harga Pokok (The Cost Principle)
Prinsip harga pokok merupakan  harta dan jasa yang di beli sebuah perusahaan harus di catat sesuai prinsip harga belinya, yang mengharuskan bahwa nilai moneter yang di catat untuk harta atau jasa tersebut didasarkan pada harga pokoknya.

Transaksi Perusahaan (Business Transaction)
Transaksi perusahaan adalah terjadinya peristiwa atau keadaan yang harus di catat pengeluarannya. Contohnya, pembayaran rekening telepon bulanan dan pembelian barang secara kredit.

Persamaan Dasar Akuntansi

AKTIVA = HUTANG + MODAL
• Aktiva yaitu harta yang dimiliki perusahaan yang merupakan sumber ekonomi. contohnya kas, piutang, gedung.
• Utang yaitu kewajiban yang menjadi beban perusahaan contohnya utang pembelian kredit.
• Modal yaitu hak atau klaim pemilik atas aktiva perusahaan. Contohnya setoran modal oleh pemilik.

Ruang Lingkup Akuntansi

1. Akuntansi keuangan
Akuntansi keuangan bertujuan mencatat segala traksaksi suatu perusahaan atau unit ekonomi serta menyusun segala laporan periodik berdasarkan catatannya.

2. Auditing
Auditing merupakan pemeriksaan semua catatan akuntansi secara independen.

3. Auntansi Biaya
Akuntansi biaya terfokus kepada masalah penetapan dan pengendalian biaya, berupa biaya saat proses produksi serta harga poko saat selesai produksi.

4. Akuntansi Manajerial
Akuntansi manajerial membantu manajemen dalam perencanaan operasi sehari-hari serta yang akan datang dengan menggunakan data historis ataupun estamasi.

5. Akuntansi Pajak
Akuntansi pajak melingkupi pemberitahuan surat menyurat berkaitan dengan pajak serta konsekuensi perpajakan.

6. Sistem Akuntansi
Aistem akuntansi merupakan bidang yang secara khusus menangani perencanaan serta penerapan semua prosedur dalam mengumpulkan dan melaporkan data keuangan.

7. Akuntansi Anggaran
Akuntansi anggaran memberikan rencana operasi keuangan dalam periode tertentu sesuai kebutuhan dengan data perbandingan operasi aktual sebagai data perbandingannya.

8. Akuntansi Internasional
Akuntansi internasional dikhususkan untuk menangani masalah yang ada kaitannya dengan organisasi perdagangan internasional serta perusahaan multinasional.

9. Akuntansi Lembaga Nirlaba
Akuntansi lembaga nirlaba dikhusukan pada pencatatan serta pelaporan dari transaksi unit-unit pemerintah dan juga lembaga nirlaba lainya.

10. Akuntansi Sosial
Akuntansi sosial memiliki tugas mengukur pola lalu lintas pada daerah padat penduduk menyangkut permasalahan penggunaan serta kesejahteraan sosial di dalam kota besar.

11. Pendidikan Akuntansi
Pendidikan akuntansi dikhusukan pada pengajar, professor akuntan yang bertugas dalam bidang riset serta audit untuk menangani berbagai bidang akuntansi.

Berdasarkan penjelasan dari pengertian akuntansi dan ruang lingkupnya diatas, dapat dikatakan bahwa akuntansi haruslah memiliki output yang dapat berguna bagi perusahaan ataupun sebuah lembaga sehingga dapat digunakan sebagai perkembangan perusahan ataupun lembaga yang bersangkutan untuk langkah selanjutnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Akuntansi, Serta Ruang Lingkupnya Lengkap