Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

5 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasannya

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja - Dalam dunia pekerjaan, sangatlah wajar jika Anda tidak bisa lagi melanjutkan kontrak untuk bekerja lalu memutuskan mengundurkan diri. Walaupun demikian, proses pengunduran diri dari tempat Anda bekerja tidak bisa semena-mena. Setiap perusahaan atau kantor memiliki aturannya sendiri mengenai pengunduran diri karyawannya.
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasannya

Salah satu aturan yang harus dilaksanakan ketika mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri yang sah dan diberi tanda tangan. Selain itu, ada beberapa poin penting yang harus Anda ingat ketika akan menulis surat pengunduran diri seperti:

• Tulislah dengan bahasa yang jelas dan sopan.
• Tulislah ucapan terimakasih dan permohonan maaf.
• Tulislah sebuah alasan kenapa Anda akan mengundurkan diri.
• Jangan pernah menulis tentang kejelekan atau kekurangan perusahaan dalam surat pengunduran diri.

Supaya lebih jelas, silahkan Anda melihat contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan di bawah ini.

1. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan pindah kota

Jakarta, 18 Mei 2017
Kepada Yth:
Kepala HRD PT. Indo Rajawali, Tbk.
Jalan MH. Thamrin No.55
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Melalui  surat ini, saya sebagai Staf Ekspor Impor PT. Indo Rajawali Tbk., berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan Undang-Undang Tenaga Kerja, maka dari itu saya yang yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Denias Alika
Departemen      : PT. Indo Rajawali, Tbk.
Jabatan             : Staf Ekspor Impor
No. Karyawan : 2015-12-117-02

Bermaksud mengajukan surat pengunduran diri kerja dari PT. Indo Rajawali Tbk., dikarenakan mulai bulan depan suami saya dipindah tugaskan ke Makassar sehingga saya harus ikut menemani. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat. Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan serta dukungan yang diberikan selama saya bergabung dengan perusahaan ini. Selain itu, saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan yang di sengaja maupun tidak sengaja saya lakukan selama berada di sini.

Hormat saya,


(Denias Alika)

2. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan sakit

Surabaya, 18 Mei 2017
Kepada Yth:
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM)
Pusat Bimbingan Belajar Mentari
Jalan Kusuma Bangsa No.17
Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Meutia Ahmad bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai pengajar dari Pusat Bimbingan Belajar Mentari (PBBM) terhitung mulai tanggal 18 Juni 2017 dikarenakan saya harus mulai menjalani terapi untuk penyembuhan penyakit yang saya derita.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang diberikan selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh pegawai dan manajemen Pusat Bimbingan Belajar Mentari (PBBM) atas kesalahan yang saya perbuat selama bekerja.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat. Saya berharap Pusat Bimbingan Belajar Mentari (PBBM) dapat terus berkembang menjadi salah satu tempat belajar terbaik di Indonesia khususnya di Surabaya.


Hormat saya,


(Meutia Ahmad)

3. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan studi

Surabaya, 18 Mei 2018

Kepada Yth.   : Manajemen PT. Makmur Abadi
Dari                : Putri Farida
Jabatan           : Staf Administrasi Pemasaran
Departemen    : Marketing PT. Makmur Abadi

Dengan hormat,

Bersama ini saya sampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Staf Administrasi Pemasaran di PT. Makmur Abadi karena saya akan melanjutkan studi pasca sarjana di Bandung pada Bulan Juli 2017.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas segala ilmu, pengalaman, dan relasi yang saya terima selama bekerja di PT. Makmur Abadi. Selain itu, saya juga mengucapkan terimakasih atas bimbingan yang sudah diberikan baik dari rekan-rekan staf maupun manajemen dari PT. Makmur Abadi itu sendiri.

Banyak sekali hal positif yang saya terima dari bekerja di PT. Makmur Abadi. Selain belajar tentang administrasi perkantoran, saya juga dapat mengasah kemampuan dalam bidang pemasaran dan komunikasi. Hal tersebut tentunya akan bermanfaat untuk perkembangan diri saya ke depannya.

Untuk itu, sudikah kiranya manajemen PT. Makmur Abadi mengabulkan permohonan pengunduran diri saya ini.
Terimakasih.

Hormat saya,


(Putri Farida)

4. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan menikah

Surabaya, 18 Mei 2017
Kepada Yth:
Kepala HRD Surat Kabar Surabayaku
Jalan Ngagel Jaya No.23A
Surabaya

Salam hormat,

Bersama surat ini, saya Pelangi Fera bermaksud untuk menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai Sekretaris Redaksi di surat kabar Surabayaku mulai 1 Juni 2017. Hal ini dikarenakan saya akan menikah.

Berat sekali ketika harus melepas jabatan dan tempat kerja yang selama ini telah banyak memberikan saya pembelajaran berharga. Saya sangat berterimakasih kepada seluruh staf beserta jajaran direksi dari surat kabar Surabayaku atas segala bimbingan dan dukungannya. Saya juga menghaturkan permohonan maaf atas kesalahan yang pernah saya lakukan selama menjabat sebagai Sekretaris Direksi di surat kabar Surabayaku.

Semoga surat kabar Surabayaku semakin maju dengan terus memberikan informasi-informasi aktual dan terbaik.

Sekian surat pengunduran kerja ini saya buat. Sudikah kiranya bapak/ibu dapat mengabulkan permohonan ini.

Salam,


(Pelangi Fera)

5. Contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan keluarga

Surakarta, 18 Mei 2017
Kepada Yth:
Manager HRD PT. Batik Indonesia
Jalan Tata Surya IV No.12
Surakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, Saya Rina Pangestu bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Batik Indonesia sebagai operator produksi terhitung mulai tanggal 2 Juni 2017. Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan selama saya bekerja di PT. Batik Indonesia ini.

Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena kelurga meminta saya untuk memiliki waktu lebih banyak di rumah dan mengasuh anak-anak. Saya juga turut mengucapkan permohonan maaf sedalam-dalamnya atas kekurangan dan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak selama saya bergabung dengan PT. Batik Indonesia ini.

Semoga PT. Batik Indonesia semakin berkembang dengan terus memproduksi batik-batik berkualitas untuk dalam negeri maupun macanegara.

Sekian surat pengunduran kerja ini saya buat, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,


(Rina Pangestu)

Demikian beberapa contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan rasional yang bisa Anda jadikan referesi. Ingat, ketika Anda diterima dengan baik di perusahaan, maka ketika mengundurkan diri Anda pun harus menggunakan cara baik-baik dan sopan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasannya