Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya

Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya - Teknologi canggih sangat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga lebih efektif dan efisien dalam penggunaan waktu serta kualitas mutu pekerjaan yang dihasilkan. Salah satu penemuan tercanggih di era globalisasi yaitu adanya komputer.
Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya

Komputer merupakan suatu perangkat keras yang di dalamnya berisi sistem berupa software yang dapat di operasikan untuk mengolah data, membuat karya serta mencari informasi dengan terkoneksi sistem internet untuk pembehasan lebih dalam silahkan baca Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Perkembangannya. Berikut ini penjelasan yang lebih mendetail mengenai pengertian komputer dan komponen di dalamnya.

Pengertian Komputer

Banyak sekali pakar teknologi yang mendefinisikan tentang pengertian komputer. Dapat di lihat pula pada kamus ensiklopedi Wikipedia bahwa pengertian komputer ialah ‘alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah di tetapkan atau dirumuskan’.

Sedangkan menurut ahli komputer, mendefinisikan komputer dalam bahasa Yunani yang mempunyai arti computare ialah menghitung sehingga definisi komputer secara bahasa adalah suatu alat yang berguna untuk melakukan pernghitungan aritmatika.

Selain itu, ada juga ahli komputer yang memberikan pendapatnya mengenai pengertian komputer yaitu oleh Sanderes. Menurut Sanderes, komputer adalah suatu sisterm elektronik dengan kemampuan memanipulasi suatu data dengan sangat cepat dan benar serta mempunyai desain dan pengaturan secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data yang dimasukan atau input, memproses lalu menghasilkan keluar atau output dibawah pengawasan sistem operasi yang dapat mengawasi langkah sistem suatu program.

Dari berbagai pendapat tersebut diatas dapat di simpulkan bahwa pengertian komputer ialah suatu alat atau piranti elektronik yang berfungsi untuk meyimpan, mengolah, dan menghasilkan suatu data dengan sistem yang bekerja didalamnya.

Sejarah Komputer

Penemuan komputer memang sudah sejak lama, dan terus dikembangkan dari waktu ke waktu sehingga akan lebih sempurna untuk membantu pekerjaan manusia. Terdapat lima generasi mengenai sejarah komputer yaitu terangkum sebagai brikut:

1. Generasi pertama

Generasi pertama di mulai ketika perang dunia ke dua yang terjadi pada tahun 1941. Pada saat itu seorang insinyur Jerman bernama Kondrad Zuse berhasil merakit sebuah komputer dengan nama Z3 yang dapat digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Dari tahun ke tahun penemuan tersebut semakin berkembang dan pada akhirnya Inggris mampu menemukan komputer yang mampu memecah kode rahasia Jerman bernama Colossus tahun 1943.

Inti dari penggunaan komputer pada generasi pertama yaitu untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Ciri yang menonjol dari komputer era ini yaitu bahasa mesin yang digunakan bervariasi dan tidak sama serta menggunakan tabung vacum yang berukuran sangat besar dan menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2. Generasi kedua

Generasi kedua ini terjadi pada tahun 1956, pada generasi ini komputer mulai menggunakan transistor yang berukuran kecil serta penemuan memori magnetik sehingga komputer menjadi lebih kecil. Kelebihan lain dari komputer pada generasi ini yaitu lebih hemat energi, sertatelah menggunakan printer, disket, memori serta sistem operasi dan program.  Penggunaan komputer pada tahun 1956 banyak digunakan pada bidang informasi keuangan.

3. Generasi ketiga

Pada generasi ketiga ini sekitar tahun 1958, pada saat itu telah ditemukan IC atau circuit breaker oleh seorang insinyrur Texas yang bernama Jack Kilby. Pada IC ini terdapat tiga kombinasi komponen yang terbuat dari pasir kuarsa dan terus berkembang dengan penemuan para ilmuan yang menggabungkan chip dengan IC tersebut sehingga bentuk komputer semakin kecil, hemat energi dan lebih cepat.

4. Generasi keempat

Pada generasi keempat ini telah dikembangkan LSI atau Large Scale Integration pda tahun 1980. Pada sistem ini dikembangkan sebuah chip tunggal yang terbuat dari berbagai komponen dengan tujuna membuat komputer semakin kecil, lebih efisien, murah dan hemat energi.

Selain itu pada generasi keempat ini juga ditemukan CPU yaitu chip intel 4004. Penemuan lain yaitu komputer yang lebih bervariasi seperti laptop, netbook, dekstop, palmtop dan lain sebagainya.

5. Generasi kelima

Pada generasi yang kelima penemuan lebih dipusatkan pada pengembangan kecerdasan buatan sehingga komputer dapat dengan canggih berpikir sendiri serta mampu berkomunikasi dengan manusia dan memiliki pemahaman tentang lingkungan sekitar menurut pengalaman. Pada tahap ini masih merupakan tahap pengembangan yang akan terus dilakukuan penelitian dan uji coba untuk menghasilkan penemuan komputer yang lebih pintar.

Jenis Komputer

Para pakar ahli komputer membagi jenis komputer menjadi dua kategori yang berbeda yaitu sebagai berikut:

1. Komputer server

Komputer server yaitu komputer yang bermanfaat sebagai pengontrol aliran data yang akan masuk serta keluar dari komputer lain dalam jaringan yang ada. Komputer ini memiliki peranan yang sangat penting sehingga harus kuat lebih lama serta memiliki kapasitas yang lebih besar dari komputer lain.

2. Komputer PC

Komputer PC adalah jenis komputer yang mempunyai manfaat dalam segala bidang. Komputer ini akan fleksibel dapat digunakan dalam bidang apapun berdasarkan kehendak si pengguna. Kekurangan dari komputer ini yaitu memiliki kapasitas yang lebih sedikit jika dibanding dengan komputer server namun tetap dapat digunakan secara optimal berdasar kemampuan pengguna atau brainware.

Komponen Komputer

Komputer memiliki tiga komponen utama yang berkaitan satu sama lain sehingga tidak dapat dipisahkan. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hardware

Hardware atau perangkat keras yaitu benda atau komponen komputer yang keras dapat kita rasakan dan kita lihat. Hardware ini terbagi menjadi :

- Input output device
- Perangkat penyimpanan
- Screen monitor
- Casing unit
- CPU

2. Software

Software yaitu perangkat lunak atau merupakan program yang terdapat pada komputer untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan kehendak dan kebutuhan pengguna. Software ini dibagi menjadi :

- Sistem operasi
- Program utility
- Aplikasi
- Program paket
- Bahasa pada pemrograman

Pada sistem pemograman biasanya dibagi menjadi tiga bagian poko yaitu low level language, midle level language, serta high level language.

3. Brainware

Brainware atau user adalah personel yang mempunyai andil dan terlibat secara langsung dalam pemakaian komputer seperti sistem analisis, pemrogram atau programmer, operator, user dan lain sebagainya. Pada perusahaan besar yang menggunakan sistem komputer maka akan ada bagian khusus yang menangani sistem komputer tersebut yang disebut dengan EDP atau electronic data processing.

Itulah informasi mengenai pengertian komputer, sejarah, dan komponen di dalamnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya