Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Perkembangannya

Pengertian Internet, Sejarah, dan Perkembangannya Saat Ini - Hidup di jaman modern dan serba cepat sekarang ini nampaknya kebanyakan orang tidak bisa terlepas dari internet. Peranannya di kehidupan sudah meliputi hampir semua lini, mulai untuk berkomunikasi, untuk bekerja dan belajar, besosialisasi, dan banyak lagi lainnya. Boleh dikatakan saat ini internet telah menjadi salah satu keperluan pokok masyarakat dunia.
Pengertian Internet, Sejarah, dan Perkembangannya Saat Ini
Nah, untuk memahami lebih jauh lagi seputar internet alangkah baiknya jika kita mamahami seperti apa sejarahnya dan seperti apa perkembangannya saat ini.

Pengertian Internet

Sebelum lebih jauh mengupas tentang sejarahnya, alangkah baiknya kita cari tahu apa definisi atau pengertian internet. Kata Internet berasal dari kata interconnection networking, yaitu merupakan sebuah sistem dari seluruh jaringan komputer yang terhubung satu sama lain. Ini merupakan sebuah sistem global yang terhubung dengan menggunakan sebuah standar yang sering disebut TPC/IP atau standar internet protocol suite. Yang dapat melayani pengguna yang jumlahnya jutaan atau milyaran dari seluruh dunia. Rangkaian atau jaringan besar inilah yang kemudian disebut dengan internet, dimana cara untuk menghubungkannya pada setiap rangkaian adalah menggunakan kaedah yang dinamakan internetworking.

Sedangkan pengertian internet lain secara umum ialah suatu jaringan komunikasi secara global yang terbuka dan dapat menghubungkan seluruh jaringan komputer dari seluruh dunia yang jumlahnya bisa milyaran dari berbagai jenis dan tipe dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon dan satelit atau yang lainnya. Untuk informasi lebih mendalam silahkan baca Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, Sejarah, dan Macamnya.

Sejarah Internet

Tidak lengkap rasanya memahami apa itu pengertian internet tanpa mengetahui sejarah terbentuknya. Pada awalnya, internet adalah sebuh jaringan komputer yang dibentuk dengan tujuan awalnya sebagai keperluan militer saja. Jaringan komputer ini merupakan sebuah proyek milik Departemen Pertahanan AS tahun 1969, yang dinamakan ARPANET.

ARPANET adalah kepanjangan dari Advanced Researched Project Agency Network. Jaringan ini mendemonstrasikan bagaimana sebuah hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat berkomunikasi jarak jauh menggunakan saluran telepon, jika anda ingin mengetahui tentang komputer lebih jauh lagi silahkan lihat Pengertian Komputer, Sejarah Dan Komponen Di Dalamnya. Pada tahun pembuatannya, ARPANET dapat menghubungkan sebanyak 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, Santa Barbara,Universuty of California dan University of Utah. Tiga tahun kemudian yaitu pada 1972, ARPANET dikenalkan kepada publik dan dikembangkan ke seluruh wilayah.

Selanjutnya ARPANET dibagi menjadi dua karena mengalami kesulitan, yaitu MILNET yang diperuntukan bagi keperluan militer dan APRANET yang diperuntukan bagi sipil atau non-militer. Seiring berjalannya waktu masyarakat lebih mengenalnya sebagai DARPA dan hingga kini menjadi internet. Dengan terciptanya internet kini perubahan yang sangat nyata terlihat pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak hanya itu internet kini melahirkan sebuah dunia baru dengan corak, pola dan karakteristik tersendiri bila dibandingkan dengan dunia nyata.

Fungsi dari Internet

Dengan perubahan yang dibawa sejak diciptakannya pertama kali, internet yang juga telah dikembangkan sedemikian rupa kini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Terlepas dari cara masing-masing orang dalam memanfaatkan kecanggihan internet dan tujuan berselancar di dalamnya, interet memiliki banyak fungsi dalam kehidupan yang disadari atau tidak, antara lain:

- Sebagai media untuk berkomunikasi
- Sebagai media untuk mengakses berbagai informasi
- Sebagai media untuk berbagi berbagai sumber daya, informasi dan data
- Sebagai media pemberitaan
- Dan lain sebagainya

Manfaat Internet

Setelah mengetahui fungsi internet bagi kehidupan, manfaatnya pun tak bisa terlepas bagi keseharian kita, apa sajakah itu?

Komunikasi menjadi lebih cepat

Perkembangan komunikasi dengan internet juga tidak lepas dari perkembangan teknologi itu sendiri. kombinasi teknologi komunikasi dan internet menjadikan orang dapat terhubung dengan orang lain kapanpun, dimanapun. Penyapaian informasi pun menjadi lebih cepat bahkan bisa hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Menjadikan banyak orang kini tidak lagi terkendala dengan jarak.

Dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Dengan adanya internet, belajar untuk menempuh pendidikan tidak lagi sesulit jaman dulu. Sekarang mereka hanya perlu memasukin mesin pencari dan mengetikan kata kunci atau hal apa yang hendak dicari disana. Tak sampat berdetik-detik, informasi yang dicari akan langsung muncul dengan berbagai pilihan. Selain untuk mereka yang sedang menempuh pendidikan, bagi orang yang penasaran akan hal tertentu dan tidak tahu harus bertanya pada siapa, ia pun bisa langsung mencarinya di internet. Hampir semua yang dibutuhkan dan yang ingin diketahui sudah ada di sana.

Memudahkan jual beli dan berbisnis

Yang juga sedang berkembang saat ini ialah melalui internet kita bisa melakukan sebuah transaksi jual beli, atau yang lebih akrab disebut online shop. Karena perkembangan tersebut maka pebisnis-pebisnis pun gencar menyediakan produk apa saja yang sekiranya diminati dan menjadi kebutuhan konsumen baik berupa produk maupun jasa. Bahkan dalam hal transportasi pun bisa diakses melalui internet lewat sebuah jasa transportasi yang sudah memiliki sistem online. Bisnis online ini masih terus berkembang karena penjual dan pembelinya yang bisa dari mana saja tanpa ada batasan wilayah. Selain itu prospeknya yang lebih luas daripada pasar online menjadikan orang banyak yang berhijrah meng-online-kan usahanya.

Dapat memberikan hiburan

Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, internet pun menyediakan hiburan yang dapat diakses kapanpun dimanapun. Mulai dari game, video, audio, semua tersedia bagi pengguna yang mencari hiburan.

Perkembangan Internet

Bagi yang bukan orang IT atau tidak paham mengenai IT mungkin bertanya-tanya apa makna huruf-huruf seperti HTTPS,HTTP atau IP yang pastinya sering ditemui ketika berselancar di internet. Itu merupakan protokol-protokol internet. Saat ini internet dijaga dan dikelola oleh sebuah perjanjian multilateral dan juga protokol untuk menampilkan perpindahan data. Protokol tersebut dibentuk berdasarkan perbincangan IETF atau Internet Engineering Task force. Dokumen yang dikeluarkan badan tersebut yaitu Request For Comment (RFT) oleh Badan Arsitektur Internet dijadikan sebagai sebuah Standar internet. Protokol yang biasanya digunakan selain 3 diatas, antara lain UDP, SMPTP,IMAP, LDAP, DNS,FTP, SSL, TCP,dll

Demikianlah di atas ulasan mendetai terkait pengertian internet yang dewasa ini melekat dalam kehidupan kita. Semoga dengan mengetahuinya dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita serta membuat kita bisa lebih bijak lagi dalam memanfaatkannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat dan Perkembangannya