Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Berbagai Dampaknya

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya - Dewasa ini sepertinya istilah global warning tak henti-hentinya dikumandangkan diberbagai kesempatan, baik itu di media cetak, di internet dan lain sebagainya. Lantas tahukah Anda, sebenarnya apa yang dimaksud global warning itu?
Pengertian Global Warming, Penyebab dan Berbagai Dampaknya
Nah, buat Anda yang belum tahu, berikut adalah pengertian global warming menurut berbagai versi.

Pengertian Global Warming

Pengertian global warming secara umum ialah pemanasan yang terjadi diseluruh belahan bumi yang mengakibatkan naiknya suhu permukaan bumi yang berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Selain itu terdapat beberapa versi mengenai devinisi global warming. Nah berikut diantaranya.

Pengertian Global Warming Menurut Agen Perlindungan Lingkungan, Amerika Serikat
Menjelaskan bahwa global warming merupakan peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang berlalu maupun yang terjadi saat ini. Kejadian ini dipengaruhi oleh  efek rumah kaca di atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan iklim yang sangat ekstrem.

Pengertian Global Warming Menurut Asosiasi Energi Matahari New, Mexico, Amerika Serikat
Menjelaskan bahwa global warming ialah peningkatan suhu atau temperatur permukaan bumi yang dipengaruhi oleh efek rumah kaca akibat terperangkapnya panas di bumi karena, polusi yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor, asap pabrik-pabrik dan asap kebakaran hutan.

Pengertian Global Warming Menurut Natural Resources Defense Council
Menjelaskan global warming ialah krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar saat ini. Amosfer bumi sangatlah panas sehingga dapat mengancam perubahan iklim akibat terperangkapnya gas karbondioksida dan dapat menimbulkan bencana yang terjadi di permukaan bumi. Natural Resources Defense Council menghimbau seluruh masyarakat di permukaan bumi untuk melawan pemanasan global agar efek buruknya dapat berkurang.

Untuk bencana sendiri sering terjadi di negara tercinta kita ini, anda bisa melihat 5 Contoh Bencana Alam di Indonesia dan Gambarnya yang telah kita bahas di kemudian hari.

Pengertian Global Warming Menurut National Wildlife Federation
Menjelaskan tentang global warming di mana bumi semakin panas, hujan dan banjir terus melanda, badai dan kekering terus menghantui. Semua itu dampak real yang terjadi akibat global warming yang mengubah kehidupan di bumi dan mematikan banyak pepohonan maupun hewan.

Penyebab Global Warming

Faktor-faktor penyebab terjadinya global warming dengan pengertian global warming memili keterkaitan yang tak dapat dipisahkan berikut ini faktor penyebab terjadinya global warming :

1. Model rumah kaca

Salah satu penyebanya global warming dimana model rumah kaca baik di rumah-rumah, gedung-gedung yang menggunakan konsep bangunan kaca yang dapat memantulkan cahaya ke langit dan bukanya menyerap panas dari sinar matahari yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca yang berpengaruh terhadap peningkatan suhu atau temperatur permukaan bumi.
Tenaga panas matahari dapat juga dipergunakan sebagai energi yang baru dan terbarukan sekaligus menurunkan efek rumah kaca.

2. Pemborosan Listrik

Listrik banyak digunakan setiap orang, namun banyak orang belum sadar terhadap penghematan penggunaan listrik, berbagai himbauan telah dilakukan namun banyak yang masih belum bisa melakukanya. Sehingga pemborosan listrik menjadi salah satu faktor terjadinya global warming.

3. Bahan Bakar

Bahan bakar yang digunakan kendaraan bermotor selain mempengaruhi kesehatan juga sebagai faktor pemicu terjadinya global warming akibat polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor, asap indutri dan asap pabrik. Dapat merugikan semua mahluk hidup dipermukaan bumi. Penghematan bahan bakar dengan menggunakan energi baru dan terbarukan yang belum disentuh sama sekali.

4. Hutan Gundul

Banyaknya pembakaran hutan secara ilegal dapat menyebabkan gundulnya hutan akibat tangan-tangan jahil manusia. Pemanasan global meningkat 50% penyebabnya ialah CO2 atau karbondioksida disebabkan adanya kerusakan dan pembakaran hutan dan penyebab terjadinya global warming.
Hutan harus terus dijaga agar ekosistem dunia dapat pulih kembali seirinya banyak penanaman pohon dihutan yang telah gundul dan menghukum para oknum penebang liar dan pembakaran hutan.

Dampak Global Warming

Dampak yang sangat merugikan dirasakan oleh semua makhluk di bumi akibat global warming. Berikut ini dampak-dampak yang ditimbulkan oleh global warming seiring dengan pengertian dan penyebab terjadinya global warming yang telah dibahas sebelumnya. Berikut ini dampak yang ditimbulkan global warming :

- Peningkatan suhu dipermukaan bumi semakin ekstrim
- Permukaan air laut diseluruh dunia mulai meningkat
- Intensitas terjadinya badai dan angin topan meningkat
- Terjadinya kekeringan diseluruh dunia
- Terjadinya bencana kelaparan
- Bermunculannya berbagai penyakit.
- Terjadinya kepunahan species mahluk hidup.

Demikian lah diatas ulasan tentang pengertian global warming, dampak  dan penyebab terjadinya global warming, semoga bisa menambah wawasan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Global Warming, Penyebab dan Berbagai Dampaknya