Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli - Seperti halnya dengan manusia ybng bersifat dirigmis, keidmpbk sosial juga mengalami perkembangan (dinamika) dan perubahan. Pada umumnya, kelompok sosial mengalami perubahan akibat proses informasi karena pengaruh dari luar. Namun, tidak menutup kemungkinan perubahan dalam kelompok sosial terjadi karena pengaruh dari dalam.

1. Pengertian Dinamika Kelompok Sosial

Dinamika kelompok sosial merupakan sebuah konsep yang menggambarkan proses kelompok yang selalu bergerak, berkembang, dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang selalu berubah-ubah. Ada beberapa definisi penting dari para ahli mengenai dinamika kelompok sosial, yaitu sebagai berikut.

a. Menurut Floyd D, dinamika kelompok sosial merupakan analisis hubungan kelompok-kelompok sosial di mana tingkah laku merupakan hasil dari interaksi yang dinamis di antara individu-individu dalam situasi sosial tertentu.

b.  Menurut Boerjono Soekanto, dinamika kelombgk sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam kelompok, baik akibat pengaruh situasi, akibat konflik di dalam kelompok, maupun akibat pengaruh dari luar.

e. Menurut Paul B. Horton, dinamika kelompok sebagai interaksi yang terjadi dalam kelompok sosial. Dalam hal ini, dinamika kelompok (group dynamics) dianggap Sebagai cabang tersendiri dalam sosiologi yang secara khusus mempelajari interaksi yang terjadi di antara anggota-anggota kelompok kecil. Melalui penelitian terhadap sebuah kelompok, hubungan antar anggota diamati dan dicatat. Hasil pengamatan akan menunjukkan gambaran interaksi anggota kelompok, pola kepemimpinan, dan gambaran umum mengenai pola perilaku kelompok tersebut.

Dari beberapa definisi para ahli di atas, dapat diambil: simpulan bahwa dinamika kelompok sosial adalah proses perubahan dan perkembangan akibat adanya interaksi dan interdependensi, baik antaranggota kelompok maupun antara anggota suatu kelompok dengan keiompok lain.

2. Faktor Mempengaruhi Dinamika Kelompok Sosial

Ada beberapa faktor pendorong dinamika kelompok sosial, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam (intern) adalah adanya konflik antar anggota kelompok, adanya perbedaan kepentingan, adanya perbedaan paham.

Adapun penyebab perubahan struktur kelompok sosial dari luar, antara lain perubahan karena situasi, pergantian anggota kelompok, dan perubahan yang terjadi dalam situasi sosial ekonomi.

a. Perubahan karena Situasi

Situasi yang dimaksud adalah keadaan dimana kelompok tersebut hidup. Perubahan situasi dapat pula mengubah struktur kelompok sosial tersebut, misalnya ancaman dari luar. Situasi yang membahayakan dari luar memperkuat rasa persatuan dan mengurangi keinginan-keinginan untuk mementingkan diri sendiri para anggota kelompok sosial.

b. Pergantian Anggota Kelompok

Pergantian anggota-anggota sesuatu kelompok sosial tidak perlu membawa perubahan struktur kelompok tersebut. Meskipun demikian, ada pula kelompok-kelompok sosial yang mengalami kegoncangan-kegoncangan apabila ditinggalkan salah seorang anggotanya. Apalagi kalau anggota yang bersangkutan mempunyai kedudukan penting, misalnya dalam suatu keiuarga.

c. Perubahan dalam Situasi Sosial dan Ekonomi

Dalam keadaan depresi misalnya, suatu keluarga akan bersatu menghadapinya, walaupun anggota keluarga tersebut mempunyai agama ataupun pandangan yang berbeda dengan lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli