5 Contoh Paragraf Deduktif Singkat Terbaru

5 Contoh Paragraf Deduktif Singkat Terbaru

Contoh Paragraf Deduktif Singkat Terbaru - Kami sekali lagi akan memberikan sebuah contoh paragraf deduktif yang tentunya sobat sudah sering mendengarnya bukan?, setelah sebelumnya kami juga sudah membagikan 5 Contoh Paragraf Analogi yang bisa sobat lihat.

Untuk sedikit pengertian paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas [1]. Untuk mempermudah dalam memahami sebuah paragraf deduktif kita bisa melihat contohnya yang akan kami berikan berikut ini.

Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan

Kebersihan itu dinilai sangat penting untuk kesehatan. Dan sebab itu kita harus selalu menjaga kebersihan baik itu dari makanan yang sering kita makan, kebersihan pakaian yang selalu kita gunakan maupun lingkungan tempat tinggal kita. Banyak sekali orang yang sudah terserang penyakit disebabkan kurang menjaga kebersihan.

Contoh paragraf deduktif tentang liburan

Berlibur di pulau bali sangatlah menyenagkan. Di sana kita akan melihat pemandangan-pemandangan yang sangat indah dan terkenal seperti tanah lot, pantai sanur, pantai lovina, tanjung benoa dan patung GWK. Tak hanya tempat wisatanya yang indah, Bali juga memiliki kebudayaan yan unik seperti tari barong, kecak dan masih banyak lagi. Kita juga bisa melakukan kunjungan ke desa-desa yang masih sangat traditional. Di sana kita akan disambut oleh kehangatan penduduk loal yang sangat ramah [1].

Contoh paragraf deduktif tentang pendidikan

Kualitas pendidikan tentu sangat penting bagi generasi muda. Generasi mudalah yang akan memimpin negeri ini ke depan. Bila generasi muda tidak mendapatkan kulitas pendidikan yang memadai maka kita akan tertinggal drai bengsa bangasa lain. Di sinilah pentingnya, manfaat pendidikan yaitu untuk meningkatkan kulaitas generasi muda sehingga mereka akan mampu untuk menhadapi persaingan global dunia.

Contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

Sampah adalah sisa-sisa barang atau benda yang sudah tak terpakai yang akhirnya dibuang. Sampah di negara kita begitu berlimpah sehingga timbul masalah dalam pembuangannya. Dulu pernah ada kota yang menghadapi persoalan mengenai sampah sampai-sampai di tiap sudut kota ditemukan sampah yang berserakan dan menggunung yang membuat kita terkejut dengan banyaknya sampah yang ada. Sehingga kota tersebut sempat dijuluki kota sampah. Hal itu terjadi akibat terbatasnya tempat untuk pembuangan sampah dan tidak adanya alternatif lain untuk memanfaatkan sampah yang ada. Sampah yang bertumpuk menimbulkan bau tak sedap dan penyakit menular yang berbahaya bagi manusia. Sedangkan di lain tempat banyak orang yang membuang sampah sembarangan ke selokan atau sungai yang akhirnya menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir [2].

Contoh paragraf deduktif tentang teknologi

Setiap computer pasti memiliki system operasi, yang paling terbaru adalah windows 7 yang baru baru ini dirilis oleh Microsoft, windows 7 ini perkembangan dari system operasi sebelumnya yaitu windows vista. Sebelum windows vista keluar telah ada windows XP yang designnya lebih sederhana dibandingkan windows 7 atau windows vista karena grafis dari windows XP sendiri tidak begitu mencolok dan kerja dari processor tidak terlalu tinggi, kemudian ada pula system operasi linux yang mempunyai distro distro yang menarik seperti ubuntu, redhat, blank on, dan masih banyak yang lainnya [3].

Sekian lima buah contoh paragraf deduktif singkat yang telah kami bagikan semoga bisa membuat kita sedikit mengerti atau bahkan paham mengenai seperti apa paragraf deduktif. Dalam bahasa indonesia memang banyak sekali macam-macam paragraf yang perlu kita pelajari salah satunya yaitu yang baru saja kita bahas di atas, semoga informasi dari kami bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top