5 Contoh Paragraf Analogi Sederhana Singkat Terbaru

5 Contoh Paragraf Analogi Sederhana Singkat Terbaru

5 Contoh Paragraf Analogi Sederhana Singkat Terbaru - Halo sobat semua, benyak sekali jenis-jenis paragraf yang ada dalam pelajaran bahasa indonesia, salah satu paragraf yang pupuler adalah paragraf argumentasi dan di dalam paragraf argumentasi sendiri di bagi menjadi tiga jenis yaitu salah satunya adalah paragraf argumentasi analogi yang akan kita bahas ini.

Untuk pengertian paragraf analogi sendiri adalah (Pola Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya)[1]. Setelah kita mengetahui pengertian dari paragraf analogi maka kita juga harus melihat contoh dari paragraf analogi itu sendiri yang mana bisa sobat lihat di bawah ini.

Contoh paragraf analogi tentang pendidikan

Seseorang yang menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung. Sewaktu mendaki, ada saja rintangan seperti jalan yang membuat seseorang terjatuh. Adapula semak belukar yang sukar dilalui. Dapatkah seseorang melaluinya?. Begitu pula menuntut ilmu, seseorang akan mengalami rintangan seperti kesulitan ekonomi, kesulitan memahami pelajaran, dan sebagainya. Apakah seseorang sanggup melaluinya?. Jadi menuntut ilmu sama halnya dengan mendaki gunung untuk mencapai puncaknya [1].

Contoh paragraf analogi tentang moral

Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik maka akan seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Jadi membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulis kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat [2].

Contoh paragraf analogi tentang lingkungan

Perubahan alam semesta yang mengembang dapat dijelaskan dan disimpulkan dari apa yang terjadi pada balon karet yang dikembungkan. Sebelumnya, balon karet itu diwarnai. Ketika dikembungkan, warna pada balon karet itu ikut mengembang. Semakin besar balon itu mengembang, semakin pudar warnanya. Warna itu memudar karena warna makin berkurang dan mengembang. Cahaya bintang-bintang di angkasa juga semakin berkurang intensitasnya. Para ahli menyimpulkan bahwa bintang-bintang itu makin menjauh dari kita dan alam semesta pun mengembang [3].

Contoh paragraf analogi tentang cinta

Cinta ibarat kanker  darah yang ketika patah hati kadang  dapat menyebabkan suatu hal bodoh (kematian) , cinta dapat dialami pria dan wanita, dan trauma jatuh cinta  karena patah hati bisa terjadi berbulan-bulan , bahkan bertahun-tahun. Kanker darah (leukemia) merupakan penyakit yang dapat mematikan, menyerang siapa saja tak pandang buluh, terjadi selama berbulan-bulan juga bisa bertahun-tahun. Jadi, kanker darah dapat diibaratkan cinta yang ketika terjangkit dapat mematikan , dapat menyerang pria dan wanita , dan  terjadi berkisar antara bulanan bahkan tahunan [4].

Contoh paragraf analogi tentang kesehatan

Ternyata monyet merawat anaknya mirip dengan cara menusia merawat anaknya. Mereka juga menyusui anaknya dan tentunya mereka juga selalu menggendong anaknya penuh belas kasih. Induk monyet juga sangat mengjaga anaknya dari marabahaya sama seperti ibu kita yang juga selalu menjaga kita [5].

Nah itulah lima buah contoh paragraf analogi yang bisa sobat jadikan referensi untuk tugas yang sedang sobat kerjakan, kami sebelumnya juga memberikan 15 Contoh Ungkapan dan Artinya Serta Kalimatnya Terbaru, yang bisa anda lihat, sekian dari kami semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top