5 Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

5 Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat - Setelah sebelumnya kita sudah mengetahui Contoh Teks Eksplanasi, kali ini kita akan menambah contoh paragraf eksposisi, berbeda dengan eksplanasi yang sebelumnya eksposisi adalah karangan yang menerangkan tentang informasi atau pengetahuan, untuk lebih jelasnya anda bisa menganalisa contoh yang sudah kami berikan diatas dan bandingkan dengan contoh paragraf eksposisi berikut ini.

Kebijakan Fiskal
Kebijakan fiskal yaitu kebijakan pemerintah dalam bidang pengeluaran dan pendapatannya dengan tujuan untuk menciptakan kesempatan kerja yang tinggi tanpa inflasi. Pada perekonomian negara berkembang peranan kebijakan fiskal adalah untuk memacu laju pembentukan modal. Kebijakan fiskal termasuk tindakan-tindakan pemerintah yang berhubungan dengan government spending, taxes, public borrowing. Dalam masa inflasi pemerintah harus mengurangi atau menekan pengeluarannya atau melakukan penghematan dalam pembelenjaannya. Pengeluaran-pengeluaran yang tidak begitu penting atau yang bersifat konsuntif harus ditekan, sehingga akan menghambat atau memperkecil jumlah uang beredar dalam masyarakat.

Uang Karatal dan Uang Giral
Uang merupakan alat tukar atau alat jual beli yang digunakan manusia pada zaman modren seperti saat ini, setiap Negara memiliki mata uang yang berbeda-beda setiap mata uang digunakan untuk transaksi di Negaranya masing-masing . karena pada saat ini kita tidak mungkin lagi melakukan sistem barter seperti zaman dahulu, uang terdiri dari dua jenis , uang kartal dan uang giral. Uangf kartal yaitu, uang yang di gunakan untuk membeli/memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu uang kertas dan uang logam, sedangkan uang giral merupakan uang yang digunakan untuk transaksi yang lumayan besar biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau lebih bersifat jangka panjang yaitu surat-surat berharga contoh: cek, kartu kredit, buku tabungan, saham dan lain sebagainya.

Pekerjaan Akuntan
Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.
Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.

Baca Juga : 5 Contoh Paragraf Argumentasi

Perbedaan Kebijakan Moneter dan Fiskal
Dalam menngatur stabilitas uang dan peredarannya dalam masyarakat ada dua kebijakan yaitu kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dibuat dalam lembaga keuangan bank. Kebijakan ini tentang bagaimana menarik uang yang beredar dengan menaikkan tingkat suku bunga serta kebijakan lainnya. Akan tetapi, kebijakan fiskal adalah kebijakan yang mengatur pendapatan dan pengeluaran belanja negara. Apabila uang beredar banyak dalam masyarakat maka pemerintah akan menaikkan pajak.

Perekonomian di Indonesia
Indonesia marupakan salah satu negara berkembang yang memiliki banyak sumber daya alam. Dengan kata lain, Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Tetapi dalam sistem perekonomiannya, Indonesia masih tergolong rendah jika di bandingkan dengan negara luar seperti Malaysia, Singapura, dan negara-negara lainnya. Masih banyak terdapat pengangguran, kemiskinan dan pendidikan yang rendah, yang tentu saja akan berdampak meningkatnya kriminalitas di Indonesia.ini di buktikan dengan meningkatnya pengangguran pada tahun 2010 yang diperkirakan telah mencapai 10% dari tahun lalu dan peningkatan kasus kriminal pada tahun 2010 diperkirakan sebesar 209.673 kasus jika di bandingkan dengan tahun lalu yang hanya sebesar 196.931 kasus.ini semua menyebapkan rendahnya perekonomian di Indonesia [1].

Sekian contoh-contoh dari paragraf eksposisi yang singkat, semoga anda bisa mendapatkan yang sedang anda cari terima kasih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top