5 Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

5 Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Contoh Paragraf Argumentasi - Apa itu paragraf argumentasi?, jawabannya adalah sebuah paragraf yang mengemukakan pendapat di sertai alasan beserta contoh dan bukti-buktinya yang biasa di sebut dengan sebab akibat. Jika anda belum mengerti atau paham tentang seperti apa contoh dari paragraf argumentasi maka anda bisa melihat kumpulan contoh argumentasi yang akan kami infokan untuk anda berikut ini, simak baik-baik.

Dampak Inflasi Terhadap Perekonomian
Inflasi merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembangunan selalu dikeluarkan pembiayaan yang besar untuk membangun industri dan proyek pembangunan lainnya. Akibatnya tidak dapat dicapai keseimbangan antara jumlah persediaan barang dengan jumlah uang yang beredar. Inflasi yang tidak terkendali akan membawa dampak yang negatif, seperti kurangnya hasrat untuk berinvestasi, banyaknya usaha yang spekulasi terhadap barang-barang kebutuhan masyarakat, mengurangi tabungan, dan memacetkan usaha. Oleh karena itu pemerintah perlu mengambil kebijakan agar efek negatif inflasi bisa dihindari, seperti melakukan kebijakan moneter, fiskal, dan non moneter. Dan kebijakan-kebijakan tersebut harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dalam masa inflasi juga hendaknya pemerintah bisa menekan pengeluarannya atau melakukan penghematan dan menaikkan pajak.

Pendapat Sejumlah Kaum tentang Globalisasi
Ada banyak orang mengatakan bahwa globalisasi itu telah merusak sistem ekonomi Indonesia. Globalisasi kini tengah menghantar Sistem Ekonomi Pancasila yang dimiliki Indonesia ke Sistem Ekonomi Kapitalisme. Ada juga mengatakan banhwa globalisasi membuat jaringan kerja dan media penyaluran sistem ekonomi menjadi luas.Tentu saja ini sangat bermanfaat pada besarnya peluang Indonesia untuk ikut serta dalam sistem ekonomi Internasional. Tapi pada dasarnya baik atau buruk globalisasi itu yang pasti itu semua tergantung pada bagaimana batasan dan aturan mengenai globalisasi itu sendiri.

Korupsi
Korupsi sudah menjadi soal besar dan serius bagi bangsa kita. Dapat di simak dari berita yang disiarkan suratkabar Republika (17 Desember 2002), yang menyatakan bahwa kalangan DPR sedang menggalang dukungan untuk pembentukan Pansus yang menyelidiki dugaan penyelewengan penggunaan dana Korpri senilai Rp900 miliar selama 10 tahun di bawah kepemimpinan Ketua Umum Korpri Feisal Tamin. Korupsi juga terjadi di badan-badan yang seharusnya mengurusi kesejahteraan rakyat, antara lain di Jamsostek. BUMN juga sudah lama menjadi sarang para maling yang berdasi dan berkrah (leher kemeja) putih.

Pengaruh Perdagangan Bebas
Perdagangan bebas merupakan penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor maupun impor.Perdagangan bebas tidak mempunyai hambatan perdagangan antar individu-individu perusahaan-perusahaan berada dinegara yang berbeda.Perdagangan bebas dapat menimbulkan tingkat pengangguran yang tinggi,banyak pengusaha- pengusaha kecil maupun yang besar tersingkir akibat kalah saing dengan perusahaan asing. Misalnya Produk Indonesia terancam bangkrut akibat perdagangan bebas dengan Cina. Sekarang saja, ketika produk Cina masih dikenakan bea masuk lima persen, harga barang dari negara Tirai Bambu itu masih lebih murah dibanding produk dalam negeri.Jadi perdagangan bebas itu dapat menciptakan hambatan-hambatan baru karena dapat merugikan perusahaan-perusahaan kecil maupun yang besar yang ada di dalam negeri.
 Baca Juga : Contoh Hak Asasi Pribadi Beserta Pasalnya
Tingkat Kemiskinan
Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, dan banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997 [1].

Demikianlah contoh paragraf argumentasi berbagai macam kondisi termasuk tentang ekonomi, kemiskinan, perdagangan, korupsi, dan juga globalisasi yang sengaja kami rangkum untuk anda, diharapkan dengan adanya kumpulan contoh paragraf argumentasi dari kami bisa membantu anda dalam menemukan apa yang sedang anda cari.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top