5 Contoh Esai Singkat yang Baik dan Benar

5 Contoh Esai Singkat yang Baik dan Benar

Contoh Esai Singkat yang Baik dan Benar - Dalam postingan kali ini kami hanya akan memberikan contoh esai singkat saja, bagi anda yang ingin mengetahui Pengertian dan Cara Menulis Esai silahkan kunjungi tautan biru tersebut. Namun jika anda hanya ingin mencari contoh esainya saja maka anda bisa langsung melihat contoh yang akan kami berikan di bawah ini. Kami memberikan kumpulan contoh esai di antara lain tentang esai pendidikan, esai budaya, esai kesehatan, esai sastra dan lingkungan hidup. Maka langsung saja simak contohnya berikut ini.

Contoh Esai Pendidikan

Pendidikan Berkarakter
Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan yang lain adalah adanya program wajib belajar sembilan tahun. Namun, apakah waktu sembilan tahun itu cukup bagi seorang pelajar untuk berhenti begitu saja, mengembangkan Salatiga sebagai kota yang tergolong maju? Kini, banyak lowongan kerja di perusahaan yang membutuhkan lulusan minimal D3 dan S1. Sedangkan, wajib belajar sembilan tahun hanya sampai SMP, lalu mau jadi apa generasi muda mendatang, jika generasinya hanya tamatan SMP?

Sebagai pelajar di Salatiga, seharusnya kita lebih bisa mengembangkan daya pikir kita agar lebih mengedepankan pendidikan daripada persoalan yang tidak penting dan mungkin dapat menimbulkan masalah bagi kita. Jangan sampai dekadansi moral menimpa anak bangsa di Salatiga karena dampaknya sangat berpangaruh pada semangat belajar mereka dan cenderung siswa akan mulai melakukan hal-hal yang bersifat kriminal. Tentunya, hal itu dapat mencemari nama baik Kota Salatiga sebagai kota pelajar.

Saya sebagai pelajar yang menginginkan Salatiga menjadi kota yang maju dan ingin menciptakan suasana damai di kota ini.Salah satunya dengan memajukan kebudayaannya, dengan mengikuti pelatihan seni di sanggar seni. Itu telah membuktikan bahwa saya sebagai pelajar di Kota Salatiga mempunyai bakat yang harus dikembangkan serta diabdikan.


Selain hal-hal tersebut, kita juga bisa menyalurkan bakat serta kemampuan sehingga kita mendapatkan juara dalam berbagai event lomba di tingkat provinsi atau bahkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan begitu, nama Salatiga juga bisa harum di kalangan publik.


Tidak hanya pelajar saja, para pemuda dapat memanfaatkan sampah-sampah berserakan yang tidak berguna lagi untuk di daur ulang. Meskipun kelihatannya jijik namun, proses tersebut dapat membuahkan hasil bagi para mahasiswa. Dengan kondisi yang ada sekarang, kita harus jadikan diri kita bersahabat dengan lingkungan jika kita ingin lingkungan juga bersahabat dengan kita.

Generasi yang kreatif dan inovatif diperlukan untuk membangun Salatiga. Salatiga ke depan adalah menjadi tanggung jawab generasi muda, maka kobarkan terus semangat belajar kalau kita saat ini sebagai pelajar atau mahasiswa. Dengan adanya tekad dan semangat yang tinggi maka Salatiga akan menjadi kota yang diperhitungkan tidak hanya di tingkat lokal, namun di tingkat nasional, bahkan tingkat internasional. Mari secara bersama-sama kita bangun Salatiga dengan potensi masing-masing agar akselerasi di bidang pembangunan di berbagai bidang kehidupan dapat segera terealisasi. Kita berharap semua komponen bangga terhadap kota tercinta ini. Bentuk kebanggan ini bisa diwujudkan dengan berbagai apresiasi positif melalui profesi masing-masing [1].

Contoh Esai Budaya

Modernisasi dalam Pelestarian Budaya
Pelestarian budaya hendaknya melibatkan generasi muda. Ini penting karena generasi mudalah yang akan menjadi penerus dan pemegang warisan budaya di masa depan. Untuk merealisasikan misi ini hendaknya kegiatan pelestarian budaya dilakukan melalui langkah-langkah yang modern. Hal ini agar lebih menarik minar generasi muda yang hidup di masa modern seperti sekarang.

Pada zaman modern seperti ini, pelestarian kebudayaan bisa melalui program radio, televisi, film, internet, dan media cetak. Jika kebudayaan disajikan dalam bentuk-bentuk seperti ini, generasi muda pasti akan tertarik karena kebudayaan bagi mereka tidak kuno dan ketinggalan zaman. Senang sekali karena langkah-langkah seperti inilah yang sudah mulai dilakukan.

Ambil saja contoh program televisi word of wayang yang disiarkan kompas tv yang semakin mendekatkan wayang terhadap generasi muda karena disajikan dengan cara modern. Kasus lain adalah lagu pop Bali. Secara tidak sadar, melalui lagu pop Bali, bahasa Bali telah dilestarikan dan generasi muda ikut mencintai bahasa Bali.

Contoh Esai Sastra

Mari Mencintai Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional. Bahasa ini wajib dikuasai seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Bahkan tidak hanya dikuasai, namun juga harus dipraktekkan dengan baik dan benar, salah satunya digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Ini penting karena fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai alat pemersatu bangsa karena kita telah tahu bahwa bangsa kita ini terdiri atas bermacam-macam suku, adat, dan bahasa.

Bahasa Indonesia memiliki suatu peranan penting dalam kehidupan rakyat Indonesia karena bahasa Indonesia adalah bahasa nasional. Bahasa Indonesia digunakan dalam berkomunikasi ke luar dengan masyarakat lain di daerah lain di Indonesia. Namun tetap dengan catatan, bahasa daerah masing-masing yang dimiliki wajib dilestarikan keberadaanya.

Di dalam masyarakat perkotaan besar, tentu bahasa wajib adalah menggunakan bahasa Indonesia, lalu bagaimana dengan masyarakat di pedesaan? Pasti mereka masih menggunakan bahasa daerah untu berkomunikasi dan sebagian dari mereka terkadang masih belum bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Dalam hal ini melestarikan bahasa daerah adalah sangat perlu, namun tidak bisa dipungkiri penggunaan bahasa Indonesia tentu penting juga sebagai sesuatu kesadaran berbangsa satu, yakni bangsa Indonesia dan untuk keperluan bergaul ke dunia luar.

Apalagi pada zaman modern seperti ini, yang mengharuskan kita cakap dalam berkomunikasi demi mengembangkan taraf hidup, kecakapan penggunaan bahasa Indonesia wajib kita milik. Contoh kecil, ketika kita melamar suatu pekerjaan di kota atau ke luar kota, pastilah kita dituntut menguasai bahasa Indonesia. Walaupun bukan bahasa Indonesia yang baik dan benar, minimal bahasa Indonesia untuk berkomunikasi [2,3].

Contoh Esai Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh
Kesehatan tubuh sangat -penting bagi kelangsungan rutinitas sehari-hari. Untuk itu daya tahan tubuh sangat diperlukan. Terutama agar tidak terserang berbagai penyakit, termasuk demam berdarah yang saat ini banyak menyerang masyarakat.

Setiap orang pasti mendambakan agar tubuhnya senantiasa sehat, fit dan terhindar dari serangan penyakit. Seperti kebanyakan orang berpendapat, lebih balk menjaga daripada mengobati. Meskipun memiliki rutinitas yang menggunung namun tetap saja kesehatan harus dijaga agar kesibukan rutinitas sehari-hari tidak terganggu oleh penyakit.

Untuk memiliki tubuh yang sehat, tidak bisa langsung instan. Yang terpenting adalah pola makan yang
sehat dan jangan lupa berolahraga. Selain makan yang teratur, makan makanan yang sehat dan berolahraga, jika perlu Anda dapat mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dan tentunya Anda harus menentukan suplemen yang bagus untuk tubuh Anda.

Bagimana Agar Tubuh Tetap Fit:
1. Makan yang teratur agar metabolisme tubuh pun teratur.
2. Perhatikan gizi makanan. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna dan mengandung unsur-unsur (karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan lainnya) yang dibutuhkan oleh tubuh.
3. Istirahat yang cukup. Karena kurang istirahat dapat mengakibatkan penurunan terhadap daya tahan tubuh.
4. Olahraga yang teratur. Tidak perlu berolahraga terlalu berat dan berlebihan, asalkan dilakukan secara teratur.
5. Untuk penderita demam berdarah pilihlah suplemen makanan yang sesuai dengan kebutuhan penderita demam berdarah. Daun jambu biji serta elektrolit yang dapat membantu peningkatan trombosit tubuh, juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya.

Penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan kita dikarenakan harga yang sangat mahal untuk sebuah kata bernama "SEHAT" . Seperti kata pepatah "LEBIH BAIK MENJAGA DARIPADA MENGOBATI" tampaknya mengacu kepada sebuah prinsip hidup bahwa sesuatu yang dijaga akan lebih berarti daripada memperbaiki kerusakan yang ada [4].

Contoh Esai Lingkungan Hidup

Pentingnya Air Bersih Bagi Kesehatan
Masalah air bersih merupakan hal yang paling fatal bagi kehidupan kita. Dimana setiap hari kita membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya. Dengan air yang bersih tentunya membuat kita terhindar dari penyakit. Kalau kita tahu, saat ini masalah air bersih merupakan barang yang langka di negeri tercinta kita ini, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, air bersih merupakan barang yang mahal dan sering diperjualbelikan. Tidak seperti halnya beberapa puluh tahun yang lalu, saat itu air bersih mudah diperoleh dan selalu berlimpah mengalir di setiap sudut tanah negeri kita ini, karena pada waktu itu belum banyak terjadi polusi air dan udara. Dari rasa dan warnanya pun saat ini berbeda tidak sealami dulu dikarenakan oleh polusi tersebut.

Penyebab terjadinya pencemaran lingkungan sebagian besar disebabkan oleh tangan manusia. Pencemaran air dan tanah adalah pencemaran yang terjadi di perairan seperti sungai, kali, danau, laut, air tanah, dan sebagainya. Sedangkan pencemaran tanah adalah pencemaran yang terjadi di darat baik di kota maupun di desa.

Alam memiliki kemampuan untuk mengembalikan kondisi air yang telah tercemar dengan proses pemurnian atau purifikasi alami dengan jalan pemurnian tanah, pasir, bebatuan dan mikro organisme yang ada di alam sekitar kita.

Jumlah pencemaran yang sangat masal oleh manusia membuat alam tidak mampu mengembalikan kondisi ke seperti semula. Alam menjadi kehilangan kemampuan untuk memurnikan pencemaran yang terjadi. Sampah dan zat seperti plastik, DDT, deterjen dan sebagainya yang tidak ramah lingkungan akan semakin memperparah kondisi pengrusakan alam yang kian hari kian bertambah parah.

Ada beberapa yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan di Air dan di Tanah antara lain :
1. Terjadinya erosi dan curah hujan yang tinggi.
2. Banyaknya sampah buangan manusia dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk.
3. Menyebarnya zat kimia dari lokasi rumah penduduk, pertanian, industri, dan sebagainya.

Sampah dan air limbah mengandung berbagai macam unsur seperti gas-gas terlarut, zat-zat padat terlarut, minyak dan lemak serta mikroorganisme. Mikroorganisme yang terkandung dalam sampah dan air limbah dapat berupa organisme pengurai dan penyebab penyakit. Penanganan sampah dan air limbah yang kurang baik seperti: pengaliran air limbah ke dalam saluran terbuka, atau dinding dan dasar saluran yang rusak karena kurang terpelihara.

Pembuangan kotoran dan sampah kedalam saluran yang menyebabkan penyumbatan dan timbulnya genangan akan mempercepat berkembangbiaknya mikroorganisme atau kuman-kuman penyebab penyakit, serangga dan mamalia penyebar penyakit seperti lalat dan tikus.

Maka yang harus kita lakukan dalam menanggulangi pencemaran air dan tanah serta terhindar dari berbagai penyakit adalah pola hidup bersih dan sehat. Hidup bersih dan sehat dapat diartikan sebagai hidup di lingkungan yang memiliki standar kebersihan dan kesehatan serta menjalankan pola/perilaku hidup bersih dan sehat. Lingkungan yang sehat dapat memberikan efek terhadap kualitas kesehatan. Kesehatan seseorang akan menjadi baik jika lingkungan yang ada di sekitarnya juga baik. Begitu juga sebaliknya, kesehatan seseorang akan menjadi buruk jika lingkungan yang ada di sekitarnya kurang baik. Dalam penerapan hidup bersih dan sehat dapat dimulai dengan mewujudkan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat memiliki ciri-ciri tempat tinggal (rumah) dan lingkungan sekitar rumah yang sehat [5].

Itulah kumpulan esai singkat yang sudah kami berikan semoga bisa membantu anda dalam mencari esai dengan tema yang sedang anda cari, terima kasih.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top