Sistem Peredaran Darah pada Hewan Lengkap

Sistem Peredaran Darah pada Hewan Lengkap

1. Peredarah Darah pada Hewan Bersel Satu
Pada hewan bersel satu tidak memiliki alat khusus. Semua aktivitas tubuh dilakukan oleh sel itu sendiri. Oksigen diedarkan keseluruh permukaan tubuh itu sendiri secara difusi.

2. Peredaran Darah pada Serangga
Serangga memiliki jantung pembuluh, sistem peredaran darah terbuka. Darah hanya mengedarkan sari-sari makanan karena darah tidak mengandung hemoglobin sehingga tidak dapat mengikat oksigen dan darah tidak berwarna merah. Oksigen diedarkan ke seluruh tubuh melalui sistem trakea.

3. Peredaran Darah pada Cacing Tanah
Cacing tanah memiliki alat peredaran darah yang terdiri dari pembuluh darah punggung, pembuluh darah perut dan lima pasang lengkung aorta yang berfungsi sebagai jantung. Sistem peredaran darah cacing tanah tertutup. Oksigen diserap melalui permukaan tubuh masuk dalam kapiler darah melalui pembuluh punggung diangkut menuju lengkung aorta.

4. Peredaran Darah pada Ikan
Ikan memiliki jantung yang terdiri dari dua ruangan, yaitu serambi dan bilik. Sistem peredaran darah ikan terbuka tunggal. Berikut skema peredaran darah pada ikan.

Bilik —>conus arteriosus —>aorta ventral —> insang—> aorta dorsal —> seluruh tubuh —> vena cava —> sinus venosus —> serambi —> bilik.

5.    Peredaran Darah pada Amfibi
Katak memiliki jantung yang terbagi menjadi tiga ruang, yaitu 2 serambi (serambi kanan dan serambi kiri) dan 1 bilik. Sistem peredaran darah pada katak merupakan peredaran darah tertutup ganda. Skema peredaran dara pada katak tercantum sebagai berikut.

Serambi kanan —> bilik —> arteri pulmonalis —> paru-paru —> vena pulmonalis serambi kiri —> bilik —> aorta —> seluruh tubuh —> vena —> serambi kanan.

6.    Peredaran Darah pada Reptil
Kelompok reptil memiliki jantung yang terbagi menjadi empat ruang yang belum sempurna, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Pada reptil yang hidup di air, seperti buaya jantung terdapat celah foramen pannizae yang berfungsi menjaga tekanan jantung dan menyediakan oksigen selama berada di dalam air. Sistem peredaran darah pada reptil merupakan peredaran darah tertutup ganda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top