Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Sebelum membahas budaya politik, alangkah baiknya kita cari arti politik itu sendiri. Istilah (politik) berasal dari kata 'polis' dalam bahasa Yunani yang berarti negara kota. Kata 'polis' memiliki kata-kata turunan, seperti 'polities' yang berarti warga negara dan 'politikos' yang berarti kewarganegaraan. Secara etimologis pengertian politik, yaitu pengetahuan mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (sistem pemerintahan/dasar pemerintahan); segala urusan atau tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain; cara bertindak dalam menghadapi dan menangani suatu masalah.

Adapun pengertian politik menurut para ahli sebagai berikut.

a.    Joyce Mitchel
Politik adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum untuk masyarakat seluruhnya.

b.    Prof. Miriam Budiardjo
Politik adalah bermacam-macam kegiatan yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu. Menurutnya, politik memuat konsep-konsep pokok tentang negara (state), kekuasaan (power), pengambilan keputusan (decision making), kebijaksanaan (policy), dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).

c.    Karl W. Duetch
Politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum.

d. Roger F. Soltau
Ilmu politik mempelajari negara, tujuan negara, dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dirumuskan bahwa politik adalah sebagai kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki kehidupan yang sama dalam ikatan suatu negara. Politik merupakan suatu sistem. Arti sistem adalah gabungan beberapa unsur atau elemen yang saling berhubungan dan fungsional sehingga merupakan kesatuan untuk mencapai tujuan, misalnya sistem tata surya dan sistem organ tubuh. Beberapa batasan/pengertian sistem politik sebagai berikut.

a.    Sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungannya satu sama lain yang menunjukkan dimensi waktu lampau, kini, dan mendatang.

b.    Sistem politik adalah setiap pola hubungan manusia bersifat langgeng yang melibatkan sampai pada tingkat tertentu, pengendalian, pengaturan, pengaruh, kekuasaan, dan otoritas (Robert A. Dahl).

c.    Sistem politik adalah suatu bentuk interaksi yang memengaruhi penggunaan kekuasaan atau ancaman atau pelaksanaan fisik secara sah (Usman Tampubolon).

d.    Sistem politik adalah cara menetapkan nilai-nilai melalui berbagai kebijakan dan penetapan itu bersifat otoriter dan mengikat seluruh masyarakat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top