Pengertian Masyarakat Politik dan Ciri-Cirinya

Pengertian Masyarakat Politik dan Ciri-Cirinya

Sosialisasi pengembangan budaya politik dapat mencapai tujuannya jika masyarakat dapat berperan sebagai masyarakat politik. Ciri-ciri masyarakat politik sebagai berikut.

a.    Adanya hubungan timbal balik antaranggota dan bersatu dengan anggota lainnya dalam masyarakat itu.
b.    Adanya faktor pengikat yang dimiliki atau dirasakan bersama oleh anggota masyarakat.
c.    Berstruktur dengan memiliki pola perilaku yang sama.
d.    Adanya kesadaran setiap orang selaku anggota masyarakat/kelompok bahwa dirinya merupakan bagian dari lingkup bersangkutan.

Sosialisasi pengembangan budaya politik dipengaruhi oleh lingkungan sosial, ekonomi, dan kebudayaan di mana individu berada. Sosialisasi politik juga ditentukan oleh pengalaman atau kepribadian. Berikut ini alasan yang melatar belakangi sosialisasi pengembangan budaya politik sangat penting untuk dilakukan.

a.    Sosialisasi politik dapat berfungsi untuk memelihara agar suatu sistem berjalan dengan baik dan positif. Hal Ini akan membuat Individu sadar dan merasa cocok dengan sistem serta kultur (budaya) politik yang ada.
b.    Sosialisasi politik ingin menunjukkan relevansinya dengan sistem politik dan data yang mengenal orientasi anak-anak terhadap kultur politik orang dewasa.

Beberapa alasan yang melatarbelakangi orang tidak mau melibatkan diri dalam politik sebagai berikut.

a.    Orang yang mungkin kurang tertarik dalam politik jika mereka memandang rendah terhadap segala manfaat yang diharapkan dari keterlibatan politik dibandingkan dengan manfaat yang akan diperoleh dari berbagai aktivitas lainnya.
b.    Orang merasa tidak melihat adanya perbedaan yang tegas dengan keadaan sebelumnya sehingga apa yang dilakukan seseorang tersebut tidaklah menjadi persoalan.
c.    Seseorang cenderung kurang terlibat dalam politik jika merasa bahwa tidak ada masalah terhadap hal yang dilakukan karena ia tidak dapat mengubah dengan jelas hasilnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top