Pengertian Jaringan Tumbuhan

Pengertian Jaringan Tumbuhan

Jaringan adalah kumpulan sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa.

1. Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan yang terdiri dari sel-sel yang aktif membelah. Jaringan meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. Jaringan meristem apikal menghasilkan pertumbuhan memanjang pada batang dan akar, pertumbuhan ini disebut pertumbuhan primer.
Jaringan meristem yang terdapat pada ruas-ruas batang dan kambium pada batang tumbuhan dikotil dan Gymnospermae disebut meristem lateral. Jaringan meristem lateral menyebabkan bertambahnya ukuran diameter batang, pertumbuhan ini disebut pertumbuhan sekunder.

2. Jaringan Dewasa

Jaringan dewasa adalah jaringan yang terbentuk dari deferensiasi dan spesialisasi jaringan meristem. Jaringan dewasa sudah tidak memiliki sifat meristem lagi.

a. Jaringan Epidermis
Jaringan epidermis merupakan jaringan yang tersusun rapat, tanpa rongga antarsel, dan umumnya terdiri dari satu lapis sel. Jaringan epidermis terdapat di seluruh permukaan tubuh tumbuhan, berfungsi sebagai pelindung jaringan-jaringan yang ada di bawahnya. Jaringan epidermis mengalami modifikasi membentuk stomata, lentisel, rambut akar, dan trikoma.

1)    Stomata (mulut daun) merupakan tempat keluar masuknya gas oksigen dan karbon dioksida pada daun.
2)    Lentisel (mulut batang) merupakan tempat keluar masuknya gas oksigen dan karbon dioksida pada batang.
3)    Rambut atau bulu akar, berfungsi memperluas bidang penyerapan air dan mineral di dalam tanah.
4)    Trikoma (rambut-rambut), berfungsi melindungi adanya gangguan dari luar.

b. Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim merupakan jaringan yang tersusun terdiri dari sel-sel yang telah dewasa tapi masih dapat melakukan pembelahan. Jaringan parenkim mempunyai fungsi antara lain;

1)    sebagai penyimpan cadangan makanan,
2)    tempat fotosintesis, penutupan luka, regenerasi, dan
3)    penyusun utama berbagai alat tubuh atau organ tumbuhan.

Berdasarkan fungsinya jaringan parenkim dibedakan menjadi berikut.

1)    Parenkim asimilasi, yaitu parenkim yang berfungsi untuk fotosintsesis atau asimilasi karena mengandung klorofil. Parenkim asimilasi disebut juga kolenkim. Di daun, sel-sel parenkim ini membentuk jaringan tiang atau parenkim palisade dan jaringan bunga karang atau parenkim spons. Jaringan tiang disusun oleh sel-sel yang bentuknya memanjang dan banyak mengandung klorofil, sedangkan jaringan spons merupakan sel-sel parenkim yang letaknya berada di bawah lapisan jaringan parenkim palisade.
2)    Parenkim penyimpan cadangan makanan dan hasil fotosintesis.
3)    Parenkim penyimpan air.
4)    Parenkim penyimpan udara atau arenkim.

c.    Jaringan Pengangkut
Jaringan pengangkut pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu xilem dan floem.

1)    Xilem atau pembuluh kayu merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk megangkut air dan zat-zat yang terlarut di dalamnya dari akar menuju daun.
2)    Floem atau pembuluh tapis merupakan jaringan pengangkut yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

d.    Jaringan Penguat
Jaringan penguat merupakan jaringan yang berfungsi untuk mendukung kokohnya struktur bagian tumbuhan. Jaringan penguat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kolenkim dan skelerenkim.

1)    Kolenkim adalah jaringan penguat disusun oleh sel-sel yang masih hidup dengan dinding sel yang tipis dan mengalami penebalan pada sudut-sudut selnya. Jaringan ini berfungsi sebagai penguat pada tumbuhan muda terdapat pada organ akar, batang, daun, bunga, dan buah.
2)    Sklerenkim adalah jaringan penguat yang sel-sel penyusunnya mengalami penebalan di seluruh bagian sel. Sel-sel penyusun sklerenkim berupa sel yang mati dengan dinding sel dari zat lignin terdapat pada tumbuhan yang sudah berkayu. Jaringan ini berfungsi menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top