Pengertian dan Manfaat Rekayasa Genetika

Pengertian dan Manfaat Rekayasa Genetika

Rekayasa genetika merupakan teknik memanipulasi gen suatu organisme untuk memperoleh produk baru. Rekayasa genetika dapat juga diartikan suatu proses manipulasi DNA (materi genetika) dengan melakukan pengubahan melalui berbagai cara, salah satunya dengan penyisipan. Manfaat rekayasa genetika, antara lain:.

1.    Rekombinasi DNA adalah menambahkan atau penyisipan gen (potongan DNA)dari suatu sel organisme ke DNA sel organisme lain. Rekombinasi DNA digunakan untuk pembuatan hormon insulin dan pembuatan vaksin hepatitis.

2.    Teknologi hibridoma dikenal dengan fusi sel, yaitu peleburan atau fusi dua sel yang berbeda menjadi kesatuan tunggal yang mengandung gen-gen dari kedua sel asli. Hibridoma dimanfaatkan untuk memperoleh antibodi, misalnya antibodi monoklonal.

3.    Transfer inti disebut juga kloning adalah proses pemindahan inti sel tubuh ke dalam sel telur yang inti selnya sudah dihilangkan, sehingga sel telur membelah diri dan menjadi embrio yang akhirnya menghasilkan individu baru yang sama (identik) dengan induknya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top