Pengertian dan Contoh Teks Prosedur Kompleks

Pengertian dan Contoh Teks Prosedur Kompleks

Tubuh yang sehat dapat diupayakan melalui beragam cara. Bukan hanya dengan rajin berolahrga, namun pola hidup yang sehat juga sangat berpengaruh. Pola hidup sehat seringkali dikaitkan dengan pola makan yang sehat. Padahal, pola hidup sehat tidak hanya berhubungan dengan pola makan sehat saja. Pola hidup sehat mencakup keseluruhan, termasuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

Kesehatan berhubungan erat dengan kebersihan. Itu artinya, untuk memastikan tubuh sehat, Anda juga harus menjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan makanan dan pakaian. Namun, juga kebersihan badan, yang meliputi ujung rambut hingga ujung kaki. Semua bagian tubuh tersebut harus dijaga kebersihannya untuk memastikan tubuh Anda sehat. Kebersihan dan kesehatan tubuh dapat dijaga melalui berbagai cara. Cara-cara tersebut harus dilakukan sesuai langkah-langkah yang tepat. Pelaksanaan yang tidak sesuai dengan pedoman tentu saja akan membahayakan keselamatan.

Umumnya, kegiatan atau alat yang membutuhkan pedoman dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan. Biasanya, setiap langkah sudah dibuat per poin, antara langkah pertama sampai langkah terakhir. Itu artinya, untuk melakukan langkah kedua, Anda harus melakukan langkah pertama terlebih dahulu. Anda tidak bisa melakukan langkah ketiga tanpa melakukan langkah pertama dan kedua terlebih dahulu. Langkah-langkah tersebut tidak dapat diubah atau dibalik susunannya. Apabila susunannya dibalik, hal tersebut akan mengacaukan pedoman pelaksanaannya. Bukan hanya itu, pelaksanaan yang tidak sesuai urutan juga membahayakan keselamatan. Bahkan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kematian. Itu sebabnya, diperlukan kehati-hatian dan kecermatan saat membaca petunjuk pelaksanaan semacam itu.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai urutannya termasuk dalam teks prosedur. Prosedur merupakan langkah demi langkah yang tersusun secara pasti dalam melakukan suatu kegiatan. Teks prosedur ada yang tersusun secara sederhana, namun ada pula yang tersusun dengan urutan yang sangat banyak. Prosedur yang disusun dengan urutan sangat banyak disebut prosedur kompleks. Prosedur kompleks adalah langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Terdapat banyak kegiatan di sekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika Anda tidak mengikuti prosedur itu, tujuan yang diharapkan tidak tercapai dan Anda dapat dikatakan sebagai orang yang tidak mengetahui aturan. Teks prosedur kompleks bertujuan memberikan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu melalui tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang urut.

Untuk memahami lebih jelas mengenai contoh teks prosedur kompleks, bacalah langkah-langkah membersihkan telinga berikut!


Langkah-Langkah Membersihkan Telinga

Dalam satu minggu, berapa kali Anda membersihkan telinga? Telinga yang kotor bukan hanya sarang penyakit. Namun, telinga yang kotor juga membuat tidak nyaman. Bahkan, pendengaran akan sangat terganggu apabila telinga kotor. Itu sebabnya, telinga harus rajin dibersihkan agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tahukah Anda bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

Saluran telinga dikenal sangat rapuh dan lembut sehingga mudah terluka ketika dibersihkan. Sembarangan mengorek-ngorek telinga berisiko besar menimbulkan infeksi. Sebelum memulai membersihkan telinga, Anda membutuhkan beberapa perlengkapan sederhana, seperti baby oil, alat suntik tanpa jarum, kapas bersih, dan handuk bersih. Setelah mempersiapkan beberapa peralatan tersebut, lakukan langkah-langkah membersihkan telinga berikut.

Teteskan 3-4 tetes baby oil ke dalam telinga sebelum tidur dengan menggunakan alat suntik tanpa jarum. Anda dapat membelinya di apotek. Untuk menuangkan baby oil, miringkan kepala Anda dengan telinga menghadap ke atas, ke arah langit-langit. Buka sedikit daun telinga Anda agar minyak dapat masuk ke saluran telinga dengan mudah.

Teteskan baby oil pada sepotong kapas. Lalu, gunakan itu untuk menyumpat telinga bagian luar. Tujuannya agar minyak yang telah dimasukkan ke dalam telinga tidak mengotori pakaian atau bantal ketika keluar.

1.    Biarkan baby oil tetap di telinga Anda selama 15 menit. Lamanya waktu membersihkan tergantung pada ada atau tidaknya sumbatan di telinga. Jika Anda mengalami sumbatan kotoran di telinga, maka butuh waktu agak lama untuk melunakkan kotoran tersebut. Waktu 15 menit adalah waktu yang cukup untuk standar pembersihan telinga.

2.    Lepaskan bola kapas dari telinga dan buang, kemudian isi jarum suntik dengan air hangat. Ini akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang lengket di kanal telinga.

3.    Keluarkan air dari telinga dengan memutar kepala ke arah berlawanan. Taruh handuk bersih tepat di bawah telinga untuk menampung sisa air. Ulangi kelima langkah ini pada telinga yang lain.

4.    Hal yang penting untuk diperhatikan saat sedang membersihkan telinga adalah jangan sembarangan membersihkan telinga dengan mengorek-ngoreknya hingga ke bagian dalam. Hindari pula penggunaan cotton bud yang sering memicu infeksi telinga. Kebersihan telinga memang harus dijaga, tetapi dengan cara yang benar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top