Memahami Makna Puisi dan Contohnya

Memahami Makna Puisi dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa mengandung fungsi yang panting. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam dunia sastra. Tidak terkecuali dalam puisi. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang tersusun dan untaian kata yang setiap katanya memiliki kandungan makna yang padat. Puisi berbeda dengan jenis karya sastra lainnya. Puisi terdiri atas larik-larik kata yang tersusun menjadi bait. Namun, tidak semua puisi berbentuk larik dan bait. Ada juga puisi yang bentuknya bebas sesuai imajinasi pengarang. Itulah nilai seni dalam karya puisi. Selain diksinya, keindahan puisi juga dapat dilihat dari tipografinya.

Bahan penulisan puisi dapat berasal dari berbagai hal atau peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Tidak hanya berupa permasalahan ringan semacam masalah cinta, permasalahan yang sedang hangat dibicarakan oleh seluruh kalangan di Indonesia, yaitu kenaikan harga BBM, dapat pula dijadikan bahan penulisan. Seperti yang kita ketahui, kenaikan harga BBM memberi pengaruh cukup besar bagi semua lini kehidupan. Sebagai contoh kecil, harga bahan-bahan pokok mengalami kenaikan setelah harga BBM dinaikkan. Harga bahan-bahan pokok yang mengalami kenaikan, mau tidak mau juga berimbas pada harga barang-barang lainnya. Melaui puisi, penyair (yang dalam hal ini mewakili rakyat kecil) mampu menyuarakan suara hatinya berkenaan dengan kenaikan harga BBM.

Sebagai sarana mengungkapkan pendapat, baik itu setuju ataupun tidak, puisi tidak serta merta menyampaikan sesuatu secara langsung. Apa yang diutarakan dalam puisi hams dipahami melalui pembacaan yang mendalam terlebih dahulu. Hal itu karena makna puisi merupakan makna tersirat, bukan tersurat. Makna tersirat adalah makna yang tersembunyi, Sementara makna tersurat adalah makna yang telah tertulis dalam teks. Berikut ini merupakan contoh puisi yang berisi mengenai kenaikan harga BBM. Bacalah puisi berikut ini dengan penuh penghayatan.

Kenaikan Harga BBM

BBM naik rakyat menjerit
BBM naik harga melambung
Tak naik pun rakyat menjerit
Tak naik pun harga melambung
Apa lagi kalau naik..
Jeritan pasti akan semakin melambung

Kenapa BBM harus naik?
Kenapa kita harus tunduk pada pasar dunia?
Kenapa kita yang kaya sumber daya alam minyak harus patuh pada harga minyak dunia?
Kenapa.. Tanya kenapa pertanyaan ini selalu kembali dipertanyakan?

BBM naik.. harga akan naik
BBM naik... harga diri bangsa akan turun
BBM naik rakyat menjerit
BBM naik harga melambung


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top