Macam-Macam Demokrasi Secara Lengkap

Macam-Macam Demokrasi Secara Lengkap

Pembagian demokrasi, dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang sebagai berikut.

a. Berdasarkan Cara Penyalurannya

Berdasarkan cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dapat dibedakan sebagai berikut.
1)    Demokrasi langsung adalah rakyat secara langsung dapat membicarakan dan menentukan suatu urusan politik kenegaraan.
2)    Demokrasi perwakilan adalah aspirasi rakyat disalurkan melalui wakil-wakilnya yang duduk di lembaga perwakilan rakyat (Parlemen).
3)    Demokrasi sistem parlemen adalah rakyat memilih wakil-wakilnya yang duduk di Parlemen. Akan tetapi, dalam melaksanakan tugasnya, Parlemen dikontrol oleh rakyat melalui sistem referendum. Sistem,ini dilaksanakan di Swiss.

b. Berdasarkan Paham/lsme

Berdasarkan perkembangan paham atau Isme, demokrasi dapat dibedakan sebagai berikut.
1)    Demokrasi klasik adalah demokrasi yang menitikberatkan pada pengertian politik kekuasaan atau politik pemerintahan negara.
2)    Demokrasi paham modern adalah demokrasi yang tidak hanya mencakup bidang politik saja, melainkan juga bidang ekonomi, sosial, budaya, dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

c. Berdasarkan Prinsip Ideologi

Berdasarkan prinsip Ideologi, demokrasi dapat dibedakan sebagai berikut.
1)    Demokrasi konstitusional adalah demokrasi yang didasarkan pada kebebasan Individu. Ciri khas pemerintahan demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahannya terbatas, pemerintah tidak diperkenankan banyak campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.
2)    Demokrasi rakyat adalah bentuk khusus demokrasi yang memenuhi fungsi dan diktator proletar. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan tanpa kelas sosial dan tanpa kepemilikan pribadi.

d. Berdasarkan Asas Titik Perhatian

Berdasarkan asas titik perhatian, demokrasi dapat dibedakan menjadi berikut.
1)    Demokrasi formal adalah suatu sistem politik demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi kesenjangan dalam bidang ekonomi.
2)    Demokrasi material adalah menitikberatkan pada upaya-upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan bidang politik kuran diperhatikan.
3)    Demokrasi gabungan adalah sistem politik demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

f. Berdasarkan Paham Ideologi

Berdasarkan paham Ideologi yang dianut maka demokrasi dapat dibedakan sebagai berikut.
1)    Demokrasi liberal adalah menitikberatkan pada Ideologi liberal yang cenderung pada kebebasan Individu atau perseorangan. Dalam demokrasi liberal, kebebasan hak-hak politik rakyat terjamin, tetapi pemerataan bidang ekonomi kurang diperhatikan.
2)    Demokrasi rakyat adalah demokrasi yang cenderung kepada kepentingan umum (negara) sehingga kepentingan politik rakyat juga sering diabaikan.
3)    Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Demokrasi Pancasila dijiwai dan diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila.

Selain penggolongan demokrasi di atas, corak atau model demokrasi sebagai berikut:
a. Demokrasi Liberal
Dalam demokrasi ini, pemerintah dibatasi oleh undang-undang dan pemilihan umum yang bebas diselenggarakan dalam waktu yang tetap.
b. Demokrasi Terpimpin
Dalam demokrasi ini, terdapat keyakinan para pemimpin bahwa semua tindakan mereka dipercaya oleh rakyat, tetapi menolak persaingan dalam pemilihan umum untuk menduduki kekuasaan.
c. Demokrasi Sosial
Demokrasi sosial adalah sistem demokrasi yang menaruh kepeduliannya kepada keadilan sosial dan egalitarianisme (paham persamaan) bagi persyaratan untuk memperoleh kepercayaan politik.
d. Demokrasi Partisipasi
Demokrasi partisipasi menekankan hubungan timbal balik penguasa atau pemimpin dengan yang dipimpin.
e. Demokrasi Konstitusional
Demokrasi konstitusional ialah demokrasi yang menekankan pada proteksi khusus bagi kelompok-kelompok budaya dan menekankan kerja sama yang erat di antara elite yang mewakili budaya umum.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top