Contoh Anyaman dan Jenis-Jenis Anyaman

Contoh Anyaman dan Jenis-Jenis Anyaman

Contoh Ayaman dan Jenis-Jenis Ayaman - Apakan anda belum tahu ayaman?, ayaman adalah adalah rangkaian dari serat dengan tujuan membentuk benda yang kaku sehingga menghasilkan perabot ataupun keranjang, anyaman sering di buat menggunakan tumbuhan dan pada jaman sekarang ini kita juga bisa menggunakan plastik ataupun kertas jika untuk tugas praktek sekolah. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh anyaman dan jenis jenisnya berikut ini.


Contoh Macam-Macam Anyaman

a. Anyaman Mengkuang, terbuat dari daun mengkuang, contoh: tikar, tudung saji, dan lain-lain.
b. Anyaman Pandan, terbuat dari daun pandan duri, contoh: tikar sembahyang, hiasan dinding.
c. Anyaman Buluh, terbuat dari jenis-jenis buluh yang sesuai, contoh: bakul untuk bekas pakaian, nyiru, beg dan lain-lain.
d. Anyaman Rotan, terbuat dari rotan yang telah diproses, contoh: bakul untuk bekas pakaian, tempat buaian anak dan lain-lain.
e. Anyaman Lidi, terbuat dari lidi kelapa, contoh: lekar.
f. Anyaman Ribu-ribu, terbuat dari tanaman paku pakis ribu-ribu, contoh: tempat tembakau, bakul, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Anyaman

Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Anyaman Tiga Dimensi
Anyaman tiga demensi berwujud benda tiga dimensi sebuah produk benda kerajinan. Ayaman ini merupakan pengembangan bentuk dari anyaman tradisional yang memiliki bentuk sederhana tetapi sudah lebih dikembangkan dan ditekankan pada nilai seni dan fungsionalitasnya yang lebih tinggi. Misalnya, tas, kursi, tempat wadah-wadah, dan lampu lampion.

2. Anyaman Datar
Jenis anyaman ini dibuat datar pipih dan lebar. Anyaman datar biasanya digunakan sebagai bilik rumah tradisional, tikar, pembatas ruangan dan barang-barang hias lainnya. Anyaman datar dapat dibentuk dengan berbagai pola dan bentuk. Tentu, pembentukan pola ini membutuhkan ekstra kelihaian tangan dan kecermatan dalam membentuk pola dan alur anyaman.




Lihat Juga : 10 Teknologi Paling Menakjubkan dan Spektakuler Terbaru

3. Macrame
Makrame seni simpul menyimpul bahan hanya dengan keahlian tangan dengan bantuan alat pengait yang fungsi sama dengan jarum. Dalam seni makrame seni simpul menyimpul merupakan teknik utama untuk menciptakan sebuah sambungan dalam sebuah karya kerajinan .Beberapa hasil kerajinan makrame yang menggunakan teknik makrame seperti taplak meja, keset kaki, mantel baju, dan souvenir

Itulah pengertian dan jenis-jenis anyaman beserta contohnya, kami berharap dengan artikel dari kami ini anda bisa menemukan ilmu pengetahuan yang anda butuhkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top