Cara dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Cara dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Pada bagian-bagian sebelumnya, Anda sudah mempelajari mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan teks eksposisi. Pada dasamya, teks eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca agar pengetahuan mereka bertambah. Mendapati kenyataan tersebut, tidak tertarikkah Anda membuat teks eksposisi? Dengan membuat teks ekposisi, berarti Anda telah memberikan informasi pada banyak orang. Informasi yang Anda berikan dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan orang lain.

Kegiatan menulis merupakan suatu proses yang tidak sebentar. Untuk menghasilkan suatu tulisan yang bermutu, Anda memerlukan beberapa kali latihan menulis. Tulisan yang bermutu tidak dihasilkan secara instan. Begitu pula dalam pembuatan teks eksposisi. Anda harus berlatih menulis secara rutin agar menghasilkan suatu tulisan yang bagus. Periu diketahui bahwa menulis membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik. Menulis merupakan salah satu bentuk komunikasi tidak langsung. Untuk berkomunikasi, seseorang membutuhkan bahasa. Itu sebabnya, pengetahuan berbahasa Indonesia yang baik sangat dibutuhkan dalam pembuatan teks eksposisi.

Selain kemampuan berbahasa yang baik, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar dapat membuat teks eksposisi yang baik. Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.

1.    Menentukan topik yang akan disajikan
Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita lebih terfokus pada tema tersebut sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut.
a.    Data faktual, yaitu kondisi yang benar-benar terjadi, ada, dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya.
b.    Suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta.
c.    Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.

2.    Menentukan tujuan eksposisi
Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

3.    Memilih data yang sesuai dengan tema
Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

4.    Membuat kerangka karangan
Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.

5.    Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan
Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

6.    Membuat simpulan
Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top