Prinsip-prinsip Geografi dan Contohnya

Prinsip-prinsip Geografi dan Contohnya

Prinsip-prinsip geografi merupakan dasar untuk menjelaskan, menguraikan, pengkajian, dan analisis berbagai fenomena geografi dalam ruang yang terjadi setiap hah, sehingga ketika kita mengkaji fenomena dalam ruang, maka ke-4 prinsip ini yang selalu menjiwainya. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip geografi.

1.    Prinsip Penyebaran/Spreading Principle
Prinsip penyebaran, yaitu bahwa gejala atau fenomena geografi yang terjadi di geosfer tersebar di permukaan bumi dan persebarannya tidak merata. Gejala geografi yang tersebar ini dapat berupa gejala fisik maupun gejala sosial. Gejala-gejala fisik yang terjadi, misalnya gejala perubahan-perubahan unsur cuaca di atmosfer, gempa bumi di litosfer, dan arus laut di hidrosfer. Dapat pula sebaran gejala sosial yang terjadi karena adanya aktivitas dan interaksi manusia, Contohnya kepadatan penduduk, aktivitas ekonomi, dan pertanian.

2.    Prinsip interelasi (Interrelationship Principle)
Prinsip interelasi, yaitu adanya hubungan saling terkait antara fenomena satu dengan fenomena lain yang terjadi dalam ruang. Fenomena yang saling terkait ini dapat berupa fenomena fisik dan fenomena sosial. Contoh interelasi fenomena fisik dengan fenomena fisik adalah gempa yang terjadi di dasar laut akan berinterelasi terjadinya tsunami. Contoh interelasi fenomena fisik dengan fenomena sosial adalah banjir akan mengakibatkan aktivitas penduduk menjadi terganggu.

3.    Prinsip Deskripsi (Descriptive Principle)
Fenomena yang saling terkait yang terjadi di dalam ruang ini perlu dideskripsikan atau dijelaskan. Untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dapat dideskripsikan dengan tabel, gambar, peta, grafik, diagram, dan bagan. Contoh persebaran penduduk dapat dideskripsikan dengan menggunakan peta.

4.    Prinsip Korologi (Chorologlcal Principle)
Prinsip korologi, yaitu pengkajian gejala atau fenomena geografi secara menyeluruh. Lebih jelasnya bahwa berdasarkan analisis terhadap fenomena yang terjadi di geosfer , dengan dasar tiga prinsip utama, yaitu persebaran, interelasi, dan deskripsi maka suatu wilayah mempunyai karakteristik kesatuan gejala geografi, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top