Pengertian Tujuan dan Sasaran Usaha

Pengertian Tujuan dan Sasaran Usaha

Ketika seorang wirausaha mendirikan suatu usaha tentunya mempunyai tujuan dengan didirikannya usaha tersebut. Selain mempunyai tujuan, juga telah menetapkan sasaran yang akan dibidik dan usaha yang didirikannya. Dengan demikian, akan jelas terlihat arah usaha tersebut akan dijalankan. Suatu usaha yang baik sejak didirikan sebaiknya mempunyai visi, misi, tujuan, serta sasaran usaha.

a. Visi
Visi merupakan imajinasi seseorang tentang usahanya di masa yang akan datang. Visi membahas tentang:

1)    wawasan yang menjadi tolok ukur arah pertumbuhan usaha,
2)    bentuk usaha di masa mendatang,
3)    cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi/perusahaan, dan
4)    arah dan strategi bisnis yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha.

b. Misi
Misi adalah usaha, pemikiran, dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi. Misi selalu mengandung hai-hal sebagai berikut.

1)    Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi/usaha.
2)    Tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.
3)    Alasan mengapa bisnis harus berkembang.
4)    Cara mewujudkan impian.

c. Tujuan
Tujuan adalah penjabaran visi dan misi, dan merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi/perusahaan. Tujuan usaha berupa target yang bersifat kuantitatif dan merupakan pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Dalam merumuskan tujuan harus bersikap SMART, yaitu specific, measurable, action-oriented, realistic, dan timely, atau spesifik/khusus, bisa diukur, memiliki orientasi pada tindakan, realistis, serta ada jelas penentuan waktu.

d. Sasaran
Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan, yaitu apa yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran usaha harus spesifik, terukur, jelas kriterianya, memiliki indikator yang rinci sehingga bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Untuk memudahkan merumuskan sasaran usaha yang tepat, sebaiknya wirausaha sebagai pemilik perusahaan memilih hal-hal sebagai berikut.

1 kemampuan menghasilkan laba,
2 kedudukan pasar,
3 sumber daya manusia,
4 pengembangan usaha,
5 sumber daya keuangan,
6 sarana kerja, dan
7 tanggung jawab sosial.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top