Pengertian Teknik Dasar dan Strategi Bola Voli

Pengertian Teknik Dasar dan Strategi Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Pada awalnya, permainan bola voli diberi nama mintonette karena permainannya hampir serupa dengan badminton. Namun, dalam perkembangannya permainan ini berganti, nama menjadi volleyball dan lebih dikenal dengan nama bola voli di Indonesia. Di Indonesia, bola voli berada di bawah organisasi PBVSI, yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Tujuan permainan ini agar setiap regu melewatkan bola secara teratur melalui atas net sampai bola menyentuh lantai di daerah lawan. Permainan bola voli dihitung berdasarkan nilai, yaitu 21 (game point) selama 2 set. Kemenangan akan diraih jika sebuah tim.mampu memenangkan tiga dari lima set permainan. Apabila imbang ditambah satu set penentuan (rubber set). Bola dimainkan dengan telapak tangan terbuka. Pemain dapat memantulkan, melemparkan, atau memukul bola dalam lapangan permainan.

1. Teknik Dasar Bermain Bola Voli

a.    Servis
Servis adalah pukulan bola yang dilakukan agar bola dapat melewati net dan bergerak ke daerah lawan. Servis digunakan untuk mengarahkan dan menjatuhkan bola di area lawan. Servis biasanya dilakukan dengan keras dan kecepatan tinggi. Tujuannya, agar pemain lawan tidak dapat mengendalikan bola dan bola terjatuh setelah tersentuh pemain lawan. Servis yang mengakibatkan bola keluar lapangan tanpa menyentuh pemain lawan disebut ace. Macam-macam servis, yaitu servis atas kepala (overhead service), servis tangan bawah (underhand service), dan servis lompat (jump service).

b.    Passing
Passing dalam permainan bola voli merupakan usaha seorang pemain dengan menggunakan teknik tertentu dalam mengoperkan bola ke teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri baik passing atas atau bawah. Adapun teknik dasar passing dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1)    Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan dengan gerakan maju, mundur dan menyamping ke arah kanan dan kiri. Bola dilambungkan oleh teman terlebih dahulu kemudian dilakukan secara langsung, gerakan dilakukan secara bergantian.
2)    Melakukan passing atas dan bawah melalui net, lakukan secara kelompok dengan formasi berbanjar ke belakang. Bola dilambungkan oleh teman terlebih dahulu kemudian dilakukan secara langsung, gerakan dilakukan secara bergantian.

c.    Smash
Smash adalah memukul bola ke lapangan lawan dari atas jaring dengan pukulan yang keras sehingga pihak lawan sulit untuk mengembalikannya. Adapun latihan teknik dasar smash dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1)    Memantulkan bola ke depan bawah dengan dua tangan dan dilanjutkan dengan satu tangan, gerakan diawali dengan melentingkan pinggang sedikit ke belakang.
2)    Memukul bola ke lantai dengan bola dilambungkan sendiri terlebih dahulu kemudian dilambungkan oleh teman, lakukan secara berpasangan dan bergantian.
3)    Memukul bola melalui atas net dengan bola dipegang teman di depan atas net di mana ketinggian net dapat direndahkan, kemudian memukul bola dengan bola yang dilambungkan oleh teman. Lakukan secara berkelompok dan bergantian.

d.    Membendung (Block)
Membendung merupakan teknik bertahan yang dilakukan di atas net. Membendung bola (block) merupakan suatu sistem yang harus dilakukan secara bersama, supaya penyerangan yang dilakukan dapat mematikan pihak lawan. Blocking yang tepat adalah pada saat bola akan dipukul oleh tangan smasher, kedua belah tangan blocker benar-benar mengurung bola secara rapat sehingga bola tertahan dengan sempurna dan bola akan memantul kembali ke daerah lawan.

2. Aturan Permainan Bola Voli

a.    Bola Voli
Bola standar yang digunakan dalam permainan bola voli terbuat dari kulit, baik kulit asli maupun kulit sintetis. Keliling lingkaran pada bola adalah 65-67 cm, dengan berat 200-280 gram.

b.    Net
Net yang digunakan dalam permainan bola voli memiliki. lebar 1 m dan panjang 9,50 m dan dipasang di tengah lapangan. Tinggi net untuk putra 2,43 m dan untuk putri 2,24 m. Mata jala net berukuran 10 cm2 dan berwarna hitam. Net kemudian diikatkan dengan tali baja yang kuat ke tiang.

c.    Lapangan Bola Voli
Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang. Standar ukuran lapangan bola voli adalah panjang 18 m dan lebar 9 m.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top