Pengertian Teknik Dasar Cara Bermain Bulu Tangkis

Pengertian Teknik Dasar Cara Bermain Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan permainan bola kecil dengan raket dan kok yang dipukul melalui net yang direntangkan di tengah lapangan. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang (tunggal) maupun empat orang (ganda). Peraturan permainan bulu tangkis ditetapkan oleh IBF (International Badminton Federation). Induk organisasi bulu tangkis Indonesia adalah PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia).

Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dibantu oleh empat hakim garis. Apabila bola keluar garis, isyarat yang ditunjukkan hakim garis adalah merentangkan kedua tangannya ke samping. Sebelum permainan dimulai, diadakan undian (toss) terlebih dahulu untuk menempatkan atau melakukan servis terlebih dahulu bagi regu yang memenangkan undian/toss.

1. Alat dan Fasilitas Permainan Bulu Tangkis

Alat dan fasilitas yang dipergunakan dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut

a.    Kok (Shuttlecock)
Kok harus mempunyai 16 lembar bulu yang ditancapkan pada dasar kok atau gabus yang dilapisi kain atau kulit, berat kok berkisar antara 73-85 grains (4,74-5,00 gram).

b.    Raket
Raket harus berukuran panjang tidak boleh lebih dari 68 cm dan kepala raket mempunyai panjang tidak lebih dari 23 cm. Permukaan raket yang dipasang senar berukuran tidak boieh dari panjang 28 cm dan lebar 22 cm.

c.    Jaring (Net)
Jaring atau net terbuat dari tali halus dan berwarna gelap, lubang-lubangnya berjarak 15-20 mm. Panjang net sesual dengan lebar lapangan, yaitu 6,10 m dan 76 cm. Bagian atas pita putih selebar 7,5 m. Tinggi tiang net 155 cm dan bagian tengah net 1,524 m dari permukaan lantal.

2. Teknik Dasar Memukul Kok

Untuk melakukan permainan bulu tangkls dengan baik, harus menguasai teknik permainan bulu tangkis dengan baik. Berikut merupakan teknik-teknik dasar dalam bulu tangkis.

a.    Servis
Pukulan servis, yaltu pukulan sajian bola pertama yang dilakukan pada awal permainan. Servis yang tidak memenuhi peraturan yang beriaku dinyatakan suatu kesalahan (fault) oleh wasit. Jika ada server yang melakukan pukulan servis salah (fault), nilai diberikan kepada pihak lawan dan pindah servis.

b.    Pukulan Lob
Pukulan lob dapat dilakukan dari atas kepala ataupun dari bawah. Menurut caranya, pukulan lob dapat dilakukan dengan forehand dan backhand.

c.    Pukulan Drive
Pukulan drive, yaitu jalannya bola mendatar cepat sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan bola. Pukulan drive biasanya diarahkan ke arah samping kanan atau samping kiri lawan dan pukulan ini lebih banyak digunakan pada permainan ganda.

d.    Pukulan Smash
Pukulan smash, yaitu pukulan yang keras sehingga bola jatuh di daerah lapangan lawan. Ada beberapa macam pukulan smash, yaitu smash penuh, smash potong, around the head smash, dan backhand smash.

e.    Pukulan Dropshot
Pukulan dropshot, yaitu usaha memukul bola yang diarahkan ke area lapangan lawan dekat dengan net. Pukulan ini dilakukan dengan tujuan menempatkan bola secepatnya dan sedekat-dekatnya dengan net pada lapangan lawan.

f.    Pukulan Net
Pukulan net adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di daerah lawan. Perkiraan jatuh kok harus sedekat mungkin dengan net.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top