Pengertian Sumber Peluang Usaha

Pengertian Sumber Peluang Usaha

Sumber peluang usaha dapat muncul dari diri sendiri, lingkungan, gagasan orang lain, informasi yang diperoleh, perubahan dalam pemerintahan, maupun dari konsumen.

1.    Peluang dari Diri Sendiri

Peluang yang berasal dari diri sendiri bisa disebabkan hobi, keahlian, pengetahuan, dan latar belakang dari pendidikan yang telah diperolehnya. Peluang yang bersumber dari dalam diri sendiri adalah peluang yang paling potensial dan sangat besar rasio kesuksesannya. Adapun alasannya sebagai berikut.

a.    Usaha membutuhkan proses yang panjang, bahkan bisa seumur hidup sehingga membuat Anda bahagia dan sukses.
b.    Usaha membutuhkan konsistensi dan komitmen yang tinggi, sehingga kunci kesuksesannya adalah Anda mencintai pekerjaan atau usaha tersebut.
c.    Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari kesuksesan menakhlukkan kegagalan demi kegagalan hingga semuanya bisa terwujud.

2.    Peluang dari Lingkungan

Peluang dan inspirasi usaha yang timbul dari lingkungan antara lain bisnis orang tuanya; lingkungan rumah, yaitu tetangga, teman sekolah, dan teman di rumah; kebiasaan yang dilihat ketika pergi atau berangkat sekolah; saat berkunjung ke berbagai tempat.

3.    Peluang dari Gagasan Orang Lain

Kadang kala ide gagasan dari orang lain dapat menjadi peluang usaha. Misalnya, sesama ibu-ibu yang menunggu putranya sekolah saling bercerita, kemudian salah satu dari mereka menyeletuk seandainya saja sekolah mengadakan sarana antarjemput bagi siswa-siswi yang membutuhkan dia tidak usah menunggu anaknya di sekolah. Hal ini merupakan peluang usaha bagi yang orang lain yang mendengar, karena bisa memberdayakan mobil pribadinya untuk sarana antarjemput anak sekolah.

4.    Peluang dari Informasi yang Diperoleh

Informasi bisa menjadi sebuah peluang usaha pada orang yang mampu menghubungkan antara pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Misalnya, harga kain batik Solo sangat mahal di Banjarmasin. Seseorang yang mengetahui di mana dia bisa membeli batik Solo dengan murah, membeli batik di Solo, kemudian menjualnya di Banjarmasin. Hal semacam ini merupakan contoh informasi yang menjadi peluang usaha.

5.    Peluang dari Perubahan yang Terjadi

Perubahan lingkungan, kondisi negara, atau kondisi dunia dapat menyebabkan timbulnya peluang usaha. Misalnya, harga kedelai import naik, maka kesempatan bagi petani dalam negeri untuk mena'nam kedelai sebagai pengganti suplai kedelai dari luar negeri.

6.    Peluang dari Konsumen

Suara-suara dari konsumen bisa menjadi peluang usaha yang baru. Suara-suara konsumen tersebut misalnya:
a.    keluhan-keluhan konsumen,
b.    saran-sarari dari konsumen,
c.    permintaan khusus dari konsumen atau calon konsumen,
d.    angan-angan yang diinglnkan konsumen tentang produk atau jasa tertentu, dan
e.    harapan dari konsumen tentang produk atau jasa Anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top