Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Geografi

Pengertian Ruang Lingkup Ilmu Geografi

1. Ruang Lingkup

Ruang lingkup ilmu geografi secara umum adalah sama luasnya dengan objek studi yang menjadi kajian dari ilmu geografi, yaitu meliputi semua gejala geosfer, baik gejala alam maupun gejala sosial, serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Ruang lingkup studi ilmu geografi sebagai berikut.

a.    Kajian terhadap wilayah (region).
b.    Interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik yang merupakan salah satu bagian dari keanekaragaman wilayah.
c.    Persebaran dan kaitan antara penduduk (manusia) dengan aspek-aspek keruangan dan usaha manusia untuk memanfaatkannya.

Kenyataan yang ada sekarang ini, ketiga ruang lingkup ilmu geografi tersebut telah terintegrasi pada suatu analisis wilayah (region). Hal ini disebabkan analisis suatu wilayah pada hakikatnya adalah kajian yang komprehensif dan terpadu antara unsur-unsur yang ada di wilayah tersebut, seperti unsur lokasi, fisik, sosial juga interaksi dan interrelasi antarunsur.

2. Ilmu Penunjang Geografi

Sebagai ilmu pengetahuan yang memiliki cakupan sangat luas, ilmu pengetahuan geografi memerlukan ilmu-ilmu penunjang sebagai berikut.

a. Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya (termasuk perkombangan kehidupannya) dan proses alamiah yang membuat perkembangan hmgga seperti sekarang.

b. Geomorfologi adalah studi tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dengan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

c. Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer, udara, cuaca, suhu, angin, awan, curah hujan, dan radiasi malahari.

d. Klimatologi adalah studi tentang kondisi rata-rata cuaca.

e. Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari air di permukaan dan di bawah permukaan bumi, termasuk sungai, danau, mata air, dan rawa-rawa.

f. Oceanografi adalah ilmu yang mempelajari lautan serta gerakannya, pasang, arus, kedalaman, temperatur, kadar garam, dan nilai ekonomisnya. Di samping itu, juga mempelajari geologi dasar laut, balas-batas laut, tumbuhan dan binatang laut, serta hubungan antara laut dan atmosfer.

g. Biologi adaiah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.

h. Ekologi adalah cabang dari ilmu biologi yang mempelajari hubungan antar organisme serta organisme dengan lingkungan.

i. Botani adalah ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan sesuai dengan wilayah pertumbuhannya dan bagaimana persebarannya.

j. Zoologi adalah ilmu yang mempelajari dunia binatang.

k. Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mengumpulkan, menyelidiki catatan-catatan dan data statistik penduduk untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan, kelahiran, kematian perpindahan, dan persebaran penduduk.

i. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang hubungan manusia, yaitu antara seorang dengan seorang, perorangan dengan golongan, dan golongan dengan golongan.

m. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan kebudayaannya.

n. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.

o. Astronomi adaiah ilmu yang mempelajari tentang antariksa, proses-proses pembentukannya, dan benda-benda antariksa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top