Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang artinya bumi dan graphien yang artinya pencitraan. Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. Beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli geografi sebagai berikut.

1. Eratosthenes (276-196SM)
Geografi adalah ilmu yang menggambarkan atau melukiskan tentang bumi. Bumi yang dimaksud adalah bumi dan penghuninya. Oleh karena itu, studi geografi berarti mempelajari gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan. Gejala-gejala tersebut meliputi aspek fisik (alam) dan aspek sosial, dengan memerhatikan interaksi, interelasi, dan integrasi keruangannya.
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

2. N. Daldjoeni
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan tentang kegiatan manusia di dalam ruang. Unsur-unsur ruang sebagai berikut.

a.    Spatial atau tata ruang, yaitu persebaran gejala alami dan manusiawi di permukaan bumi.
b.    Ecology atau milleau, yaitu adaptasi manusia dengan lingkungan fisik dan biologisnya.
c.    Region, yaitu wilayah tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografinya.

3. R. Bintarto (1977)
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan. penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Di sini dijelaskan bahwa geografi tidak hanya mempelajari alam (bumi) beserta gejala-gejalanya, tetapi juga mempelajari manusia beserta semua kebudayaan - yang dihasilkannya.

4. Yeates (1963)Geografi adalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.

5. Pertemuan Ilmiah Tahunan IGI (Ikatan Geografi Indonesia) Ke XVI di Kalimantan Selatan (2013)
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pada intinya ilmu geografi terpusat pada gejala geosfer dalam kajtan hubungan persebaran dan interaksi keruangan. Apabila kita perhatikan, terdapat suatu kesan bahwa definisi geografi selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan tingkat keluasan ilmu geografi saat definisi itu dikemukakan. Namun, jika dicermati lebih jauh terdapat suatu kesamaan sudut pandang dari para, ahli tersebut. Mereka memandang permukaan bumi sebagai lingkungan yang memengaruhi kehidupan manusia, di mana manusia mempunyai pilihan untuk membangun atau merusaknya.

Persamaan pandang yang lain adalah adanya suatu perhatian dari definisi geografi yang menelaah tentang persebaran manusia dalam ruang dan keterkaitan manusia dengan lingkungannya. Jelaslah di sini bahwa kajian ilmu geografi yang paling utama adalah menelaah bumi dalam konteks hubungannya dengan kehidupan manusia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top