Pengertian dan Jenis Objek Studi Geografi

Pengertian dan Jenis Objek Studi Geografi

Objek studi geografi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu objek material dan objek formal.

1. Objek Material

Objek material geografi adalah sasaran atau isi kajian geografi. Objek material yang umum dan luas adalah geosfer (lapisan bumi), Berikut ini objek material geografi:

a.    Litosfer (lapisan keras), merupakan lapisan luar dari bumi kita. Lapisan ini disebut kerak bumi dalam ilmu geologi.
b.    Atmosfer (lapisan udara), adalah lapisan atmosfer bawah yang dikenal sebagai troposfer.
c.    Hidrosfer (lapisan air), baik yang berupa lautan, danau, sungai, dan air tanah.
d.    Biosfer (lapisan tempat hidup), yang terdiri atas hewan, tumbuhan, dan manusia sebagai suatu komunitas bukan sebagai individu.
e.    Pedosfer (lapisan tanah), merupakan lapisan batuan yang telah mengalami pelapukan, baik pelapukan fisik, organik, maupun kimia.

Jadi, secara nyata objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terdapat dan terjadi di muka bumi, seperti aspek batuan, tanah, gempa bumi, cuaca, iklim, gunung api, udara, air, serta flora dan fauna yang terkait dengan kehidupan manusia.

2. Objek Formal

Objek formal adalah sudut pandang dan cara berpikir terhadap suatu gejala di muka bumi, baik yang sifatnya fisik maupun sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial). Dalam geografi selalu ditanyakan mengenai di mana gejala itu terjadi, dan mengapa gejala itu terjadi di tempat tersebut. Di sini, ilmu geografi diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan sebagai berikut.

a.    Apa (what), berkaitan dengan struktur, pola, fungsi, dan proses gejala atau kejadian di permukaan bumi.
b.    Di mana (where), berkaitan dengan tempat atau letak suatu objek geografi di permukaan bumi.
c.    Berapa (how much/many), berkaitan dengan hal-hal yang menyatakan ukuran (jarak, luas, isi, dan waktu) suatu objek geografi dalam bentuk angka-angka.
d.   Mengapa (why), berkaitan dengan rangkaian waktu dan tempat, latar belakang atau interaksi, dan interdependensi suatu gejala, peristiwa, dan motivasi manusia.
e.   Bagaimana (how), berkaitan dengan penjabaran suatu pola, fungsi, dan proses gejala dan peristiwa.
f.    Kapan (when), berkaitan dengan waktu kejadian yang berlangsung, baik waktu yang lampau, sekarang, maupun yang akan datang.
g.   Siapa (who), berkaitan dengan subjek atau pelaku dari suatu kejadian atau pelaku dari suatu kejadian atau peristiwa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top