Pengertian Bentuk Latihan dan Tes Kelincahan

Pengertian Bentuk Latihan dan Tes Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk mengubah posisi atau bergerak di arena tertentu dalam waktu singkat. Kemampuan bergerak dengan gesit membutuhkan waktu. Oleh karena itu, daya tahan otot juga perlu turut dilatih. Latihan kelincahan (agility) dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Keragaman atau variasi gerakan dapat dilakukan sendiri. Beberapa bentuk latihan kelincahan yang mudah dilakukan sebagai berikut.

1. Lari Zig-Zag

Lari zig-zag adalah latihan mengubah arah gerak tubuh dengan arah berkelok-kelok. Cara melakukannya dengan lari sekencang mungkin dengan lintasan berkelok. Jarak antara titik ± 2 m.

2. Shuttle Run

Shuttle run adalah latihan mengubah arah gerak tubuh dengan cara berlari lurus. Cara melakukannya adalah dengan berlari bolak-balik pada lintasan sepanjang 4-5 meter sebanyak 6-8 kali. Dalam latihan tersebut yang perlu diperhatikan, yaitu kemampuah mengubah arah dengan cepat pada saat bergerak.

3. Berlari dengan Empat Penjuru Arah

Cara melakukannya, saat ada aba-aba pertama lari ke muka (depan) dengan secepat-cepatnya, begitu ada aba-aba kedua lari mundur secepat-cepatnya, selanjutnya begitu aba-aba ketiga lari ke samping kanan secepatnya, pada aba-aba keempat lari ke samping kiri secepatnya dengan masing-masing jaraknya 5 meter, dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top