Pengertian Aspek-Aspek Geografi

Pengertian Aspek-Aspek Geografi

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki pemikiran khas, bahkan cenderung berbeda dengan ilmu lainnya. Hal ini dikarenakan ilmu geografi lebih menekankan pada gejala-gejala fisik dan sosial yang kemudian dihubungkan dengan adanya interaksi dan ketergantungan.

Geografi merupakan ilmu yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding ilmu lainnya. Berbagai gejala baik fisik maupun sosial dipelajari dalam ilmu geografi. Secara garis besar, dalam menelaah dan mengkaji geografi dapat diklasifikasikan menjadi geografi fisik dan geografi manusia.

1. Geografi Fisik

Geografi fisik adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik dari permukaan bumi. Selain itu, geografi fisik juga mengkaji gejala-gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia. Geografi fisik dapat dijadikan pelengkap dalam mempelajari geografi manusia sehingga keduanya tidak dipisahkan. Aspek fisik geografi sebagai berikut.

a.    Aspek biotik, meliputi karakter fisik dari manusia, hewan, dan tumbuhan.
b.    Aspek abiotik, meliputi tanah, air, dan atmosfer (termasuk iklim dan cuaca).
c.    Aspek topologi, meliputi hal-hal yang berkaitan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka bumi, luas area, dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.

2.    Geografi Manusia

Geografi manusia adalah cabang dari ilmu geografi yang mempelajari semua aspek gejala di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai objek utamanya. Geografi manusia mencoba mendeskripsikan dan menjelaskan pola-pola ketampakan manusia dan kegiatannya serta meneliti hubungan antara manusia dengan lingkungannya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top