Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Kata administrasi berasal dari bahasa Latin (Yunani), yaitu ad dan ministrare, artinya melayani. membantu, atau memenuhi. Kata administrasi menurut bahasa Belanda adalah administrate, sedangkan dalam bahasa Inggris administration.

Berikut ini pengertian administrasi menurut beberapa ahli.

1. Menurut John M. Pfiffner, administrasi adalah sebagai pengorganisasian dan penjurusan sumber-sumber manusia dan bahan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.
2. William H. Newman berpendapat bahwa administrasi adalah pedoman, kepemimpinan, dan pengawasan dari usaha-usaha satu kelompok orang ke arah suatu tujuan bersama.
3. Menurut Prof. Dr. S. Prajudi Atmosudirjo, S.H., administrasi adalah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah usaha kenegaraan atau swasta, usaha sipil atau militer, usaha besar atau kecil.
4. Dr. Sondang P. Siagian, M.P.A. mengemukakan pendapatnya, bahwa administrasi adalah sebagai keseluruhan proses kerja sama, antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu, untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Maksud dan tujuan diadakannya administrasi agar seorang wirausahawan dapat:

1.    memonitoring kegiatan administrasi perusahaannya,
2.    mengevaluasi kegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaannya,
3.    menyusun program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasiannya, dan
4.    mengamankan kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaannya.

Adapun kegunaan administrasi bagi para wirausahawan adalah sebagai alat manajemen, alat penilaian, dan alat bukti tentang pertanggung jawaban dalam menjalankan kegiatan usahanya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top