Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Langkah-langkah yang harus dipakai untuk melakukan penelitian sebagai berikut.

a.    Menetapkan dan Membatasi Objek atau Pokok Persoalan
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian adalah menetapkan objek atau pokok persoalan. Hal ini dimaksudkan untuk memberi isi dan arah kegiatan penyelenggaraan kegiatan penelitian, serta menerapkan metodologi tertentu yang paling cocok atau pokok persoalan dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan kesalahan penafsiran atau interpretasi atas objek atau persoalan yang diteliti.

b.    Mengajukan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap suatu masalah. Oleh karena itu, hipotesis dapat dipakai sebagai pegangan dalam menentukan arah penelitian.

c.    Mengumpulkan Data dan Informasi
Pengumpulan data dan informasi dalam suatu penelitian merupakan suatu kegiatan lapangan untuk mendukung pokok persoalan dan hipotesis yang diajukan. Dalam melakukan penelitian terhadap suatu objek tertentu, tidak semua data perlu dikumpulkan, akan tetapi data yang dibutuhkan sudah diformulasikan dan diprogramkan terlebih dahulu sehingga dapat dikumpulkan suatu data secara efisien dan efektif.

d.    Mengolah Data dan Menguji Hipotesis
Mengolah data berarti mengidentifikasi, menyeleksi, mengatur, dan menafsirkan data yang benar-benar bermanfaat bagi suatu penelitian. Pengolahan data juga erat kaitannya dengan pengujian hipotesis. Dari data yang telah diolah, peneliti dapat menguji sehingga bisa berkesimpulan, bahwa suatu hipotesis dapat diterima atau ditolak.

e.    Mengambil Kesimpulan
Setelah data diolah dan diuji, langkah selanjutnya adalah menarik suatu kesimpulan. Kesimpulan dapat bersifat umum dan dapat pula bersifat khusus (spesifik).

f.    Melaporkan Hasil
Melaporkan hasil merupakan produk hasil suatu penelitian. Para peneliti wajib membuat suatu laporan apabila penelitian sudah selesai dilakukan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top