Sistem Pemerintahan di Negara Prancis

Sistem Pemerintahan di Negara Prancis

Kebesaran negara dimulai dari Revolusl Prancis tahun 1789 ketika rakyat menjebol penjara Bastille yang merupakan lambang monarki absolut Louis XVI. Kemudlan setelah peristiwa demonstrasi massal tanggal 14 Juli 1789 itu, tanggal 5 Agustus 1789. Majelis Nasional negara tersebut bersidang mengambil keputusan penting antara lain menghapuskan hak-hak Istlmewa kaum bangsawan. Selanjutnya diakui hak-hak manusia dan warga, ini terkenal dengan istilah 'Declaration des droits de I’homme et du citoyen' (Pernyataan hak-hak manusia dan warga negara).

Prancis berkembang dari Republik Pertama sampai dengan Republik Kelima, yaitu sebagai berikut.

a.    Republik Pertama
Mulai dari tahap-tahap dewan konstitusi nasional, dewan legislatif, konvensi nasional, dan masa direktorat tersebut di muka sampai dengan kemunculan Napoleon.

b.    Republik Kedua
Munculnya turunan Napoleon membentuk dinasti.

c.    Republik Ketiga
Melewati masa 99 Kabinet kemudian masuk rezim Vichy, Marsekal Petain sebagai presiden.

d.    Republik Keempat
Dengan banyak partai melewati 28 kabinet.

e. Republik Kelima
Sejak 1958 ditandai dengan kemunculan Jenderal Charles de Gaulle (sempat menjadi PM pada Republik Keempat).

Jadi, berlainan dengan Amerika Serikat yang merupakan republik serikat, maka Prancis merupakan republik kesatuan. Dengan memperkuat kedudukan eksekutif (presiden) Prancis tetap menjaga agar partai-partai poiitik tradisional pun tetap hidup dan kuat.

Kedudukan presiden dapat dikatakan kuat karena, walaupun dewan menteri memiliki perdana menteri (PM), tetapi presidenlah yang mengangkat perdana menteri tersebut, dan presidenlah yang mengetuai sidang kabinet (sidang menteri-menteri). Memang dalam hal ini di Prancis parlemen juga kuat karena dapat menjatuhkan perdana menteri (mosi tidak percaya) tetapi tidak dapat menjatuhkan presiden, bahkan sebaliknya presiden dapat membubarkan Assembiee Nationaie. Presiden merupakan pelindung (protectoi) konstitusi dan pelerai (arbitei) dalam tiap persoalan yang timbul di antara lembaga- j lembaga pemerintahan. Badan legislatif (parlemen) terdiri atas dua kamar (bicameral), yaitu Senat dan Assembiee Nationaie.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top