Sistem Pemerintahan di Negara Inggris

Sistem Pemerintahan di Negara Inggris

Sistem parlementer yang berasal dari Inggris dapat menimbulkan tiga variasi yaitu.

a.    eksekutif lebih tinggi kekuasaannya dari parlemen.
b.    eksekutif seimbang kekuasaannya dengan parlemen.
c.    eksekutif lebih rendah kekuasaannya daripada parlemen.

Kepala negara adalah raja/ratu dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri, yang tadinya merupakan pimpinan partai mayoritas. Perdana menteri memegang kekuasaan eksekutif , dan karena parlemen dikuasai oleh orang partainya, maka jabatannya sukar ditentukan lamanya. PM-lah yang merupakan penghubung raja/ratu dengan kabinet, bila PM mundur sudah barang tentu kabinetnya bubar.

Parlemen Inggris terdiri atas dua kamar, yaitu:
a. House of Commons (diketuai perdana menteri)
b. House of Lords (merupakan warisan)

Saat ini partai-partai yang memperebutkan kekuatan di parlemen adalah Partai Konservatif dan Partai Buruh (yang berasal dari paham liberalisme kemudian berubah menjadi paham sosialisme).

Jika tidak tercapai suatu dasar poiitik yang mendapat dukungan dari fraksi-fraksi di parlemen, maka dibentuklah kabinet ekstra parlementer. Lepas dari sistem parlementer, bukan berarti bahwa orang-orang yang duduk di kabinet itu terdiri atas orang-orang dari luar partai. Bahkan banyak dari i menteri-menteri itu adalah pemimpin-pemimpin partai di parlemen.

Pengertian ekstraparlementer, terletak pada cara pembentukannya, yaitu dalam pembentukan , kabinet itu partai-partai yang ada di parlemen tidak diajak berunding. Akibatnya, partai-partai yang anggotanya juga duduk di kabinet-kabinet tidak mau ikut bertanggung jawab karena orang-orang yang duduk di kabinet itu bukan selaku anggota yang diajukan oleh partainya masing-masing.

Kedudukan parlemen dikatakan kuat karena dilsi oleh orang-orang dari partai yang menang dalam j pemilihan umum, bukankah PM berasal dari kalangan mereka yang memerintah selama kepercayaan masih diberikan padanya. Namun begitu, oposisi dibiarkan subur bertumbuh hingga demokrasi dapat berjalan lancar. Cara seperti ini banyak dicontoh negara-negara lain terutama bekas jajahannya. Cara atau sistem pemerintahan yang memperlihatkan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat (parliament sovereignty) ini membuat Inggris dikenal sebagai induknya parlemen (mother of parliament)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top