Pengertian Opini, Ciri-ciri dan Contohnya

Pengertian Opini, Ciri-ciri dan Contohnya

Pengertian Opini merupakan suatu perkiraan, pikiran, atau anggapan tentang suatu hal. Opini adalah pendapat seseorang tentang sesuatu yang belum tentu kebenarannya. Informasi disebut opini karena informasi tersebut baru berupa pendapat, pikiran, pandangan, dan pendirian seseorang.

Opini juga disebut pendapat. Opini merupakan persatuan (sintesis) pendapat-pendapat yang sedikit banyak didukung banyak orang baik setuju atau tidak setuju, ikatannya dalam bentuk perasaan/emosi, dapat berubah-ubah, dan timbul melalui diskusi sosial.

Informasi dapat disebut opini apabila mempunyai ciri-ciri: berisi tanggapan terhadap peristiwa yang terjadi, berisi jawaban atas pertanyaan: mengapa, bagaimana, atau lalau apa (so what), bersifat subjektif dan dilengkapi uraian tentang pendapat, saran, atau ramalan tentang sebab dan akibat terjadinya peristiwa, dan menunjukkan peristiwa yang belum atau akan tejadi pada masa yang akan datang (baru berupa rencana).

Perhatikan contoh kalimat opini di bawah ini.


1.    Kerusakan infrastmktur, terutama jalan dijalur Pantura Jawa Tengah akan segera diperbaiki pada pertengahan Maret 2008.
2.    Menurut Endro Suyitno, kerusakan jalan itu bukan hanya akibat kelebihan beban kendaraan yang melintas, tetapi juga ditengarai akibat penumnan permukaan jalan.
3.    Menurut Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, pemilu pemilihan presiden tahun ini diharapkan hanya "satu putaran saja".
4.    Pembukaan kantor KPK di daerah akan memudahkan memonitor pergerakan kasus korupsi
5.    Menurut Prof. Dr. Furqon, Dekan FKIP UNS, pendidikan akan maju apabila budaya membaca sudah menjadi kebutuhan seiumh rakyat Indonesia.

Ciri-ciri kalimat opini, sebagai berikut.


1.    tidak dapat dibuktikan kebenarannya
2.    bersifat subjektif
3.    tidak terdapat narasumber/atas pemikiran sendiri
4.    tidak memiliki data yang akurat


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top