Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Di dalam kehidupan manusia yang selalu berinteraksi lldak lepas dan tidak luput dan adanya sesuatu yang benar dan sesuatu yang salah. Sebagai contoh adanya seorang anak yang selalu hormat kepada orang tuanya, ada yang rajin, suka menolong, toleran, dan sikap-sikap terpuji lainnya. Contoh I di atas adalah sesuatu yang dianggap balk atau berharga oleh seseorang atau masyarakat. Setiap memiliki sesuatu yang dianggap baik tersebut yang dipertahankan dan dijadikan pedoman hidupnya.

Untuk memperjelas pengertian tentang nilai berikut beberapa pengertian nilai menurut para ahli. 

a.    Jack Fraenkel
Nilai adalah suatu ide (gagasan) atau konsep tentang apa yang diptkir penting oleh seseorang di dalam hidupnya.
Nilai sebagai asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benar dan apa yang penting.

c.    Kluckhoorn
Nilai adalah suatu konsepsi yang eksplisit khas dari perorang'an atau karakteristik dari sekelompok orang mengenai sesuatu yang didambakan, yang berpengaruh pada pemilihan pola, sarana, dan tujuan dari tindakan. Nilai bukanlah keinginan, tetapi apa yang diinginkan. Artinya, nilai itu bukan hanya diharapkan tetapi diusahakan sebagai sesuatu yang pantas dan benar bagi din sendiri dan orang lain. Dengan demikian, nilai merupakan ukuran-ukuran yang dipakai untuk mengatasi kemauan pada saat dan situasi tertentu.

d.    Robert MZ Lawang
Nilai dengan perilaku sosial, yaitu gambaran mengenai apa yang diinginkan, yang pantas, yang berharga, yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai.

Dari beberapa pengertian nilai di atas dapat kita simpulkan bahwa nilai pada dasamya merupakan pandangan atau keyakinan seseorang bahwa sesuatu itu berharga, berguna, pantas, atau patut untuk dilakukan. Sebagai contoh jika seorang atau masyarakat menganggap bahwa sesuatu itu bemilai misalnya menolong orang lain, maka berarti menolong orang lain itu berharga, berguna, dan pantas dilakukan.

Untuk batasan nilai secara umum adalah sesuatu yang bertiarga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bemilai berarti sesuatu itu bertiarga atau berguna bagi kehidupan manusia.

Nilai yang dalam bahasa Inggris disebut value dapat diartikan sebagai karya, taksiran atau penghargaan. Namun dalam masyarakat ternyata hal biasa yang sudah menyatu dalam kehidupan, bahkan selalu terkait dengan tingkah laku manusia dengan nilai-nilai manusia dapat hidup bersama dalam masyarakat, secara baik atau wajar, demikian pula manusia yang telah memerhatikan nilai-nilai itu akan memperoleh hambatan dalam hidupnya.

Masyarakat sering kali beranggapan bahwa bergantung pada orang lain adalah tidak benar. Masyarakat tipe ini menilai tinggi manusia yang berdiri sendiri dan bisa mencapai tujuannya dengan sedikit mungkin meminta bantuan kepada orang lain. Hal ini menyebabkan orang menjadi bersifat individualis.

Berdasarkan kenyataan menunjukkan, bahwa orang dapat mengembangkan ide sendiri di luar lingkup sistem nilai masyarakat. Nilai individual ini sangat berpengaruh dalam tingkah laku dan tindakannya. Sehingga dapat menyimpang dari norma-norma serta melanggar nilai- nilai yang terkandung dalam sistem nilai sosial.

Wujud nilai dalam kehidupan ini merupakan sesuatu yang berharga, sebab dapat membedakan yang benar dan yang salah, yang indah dan yang tidak indah, yang baik dan yang buruk. Reaksi dalam masyarakat berupa penghargaan, hukuman, pujian, dan sebagainya. Sumber dari nilai-nilai tersebut adalah hal-hal yang berhubungan dalam masyarakat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top