Pengertian Komponen Ekosistem Biotik dan Abiotik

Pengertian Komponen Ekosistem Biotik dan Abiotik

Komponen ekosistem dibedakan menjadi dua macam, yaitu komponen hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik).

1. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen ekosistem yang terdiri atas makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, ataupun makhluk hidup pengurai.

Komponen biotik disusun oleh produsen, konsumen, dan pengurai.

a.    Produsen, yaitu makhluk hidup yang mampu membuat makanan sendiri atau bersifat autotrof, misalnya tumbuhan.
b.    Konsumen, yaitu makhluk hidup yang tidak mampu untuk menyusun makanan sendiri atau bersifat heterotrof. Konsumen disebut juga sebagai pemakai. Konsumen dibedakan menjadi tiga macam, antara lain herbivora, omnivora, dan karnivora.
c. Pengurai atau dekomposer, yaitu makhluk hidup yang bersifat heterotrof yang mampu menguraikan bahan-bahan organikyang berasal dari organisme yang telah mati, contohnya bakteri dan jamur.

2.    Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup, seperti tanah, air, udara, cahaya, dan kelembapan.

3.    Interaksi Antarkomponen Biotik

Di dalam ekosistem, interaksi antarkomponen biotik dapat berupa:

a.    Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan dua jenis makhluk hidup yang masing-masing mendapatkan keuntungan, contohnya kerbau dan burung jalak.
b.    Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan dua jenis makhluk hidup, yang satu mendapatkan keuntungan dan yang lain tidak dirugikan, contohnya ikan hiu dengan ikan remora.
c.    Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan dan yang lain dirugikan, contohnya benalu dengan tanaman inang.
d.    Kompetisi adalah persaingan antara dua atau lebih makhluk hidup untuk mendapatkan sumber daya alam yang sama, contohnya kupu dan lebah saling berebut madu sebagai makanannya.
e.    Predasi adalah hubungan antara pemangsa dengan yang dimangsa, contohnya singa dengan rusa.
f.    Netral adalah hubungan dua atau lebih makhluk hidup yang tidak saling memengaruhi satu sama lain, contohnya lebah dengan dengan sapi di padang rumput.
g.    Antibiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang salah satunya menghambat pertumbuhan makhluk hidup lainnya, contohnya Penicillium notatum menghambat pertumbuhan bakteri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top